Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat

Dibeberapa negara asuransi adalah salah satu yang sangat populer untuk diikuti, begitu juga diindonesia, untuk saat ini sepertinya pelan tapi pasti masyarakat indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya asuransi, apapun asuransinya karena memang sudah benar-benar terbukti pada akhirnya asuransi bisa cukup membantu permasalahan dalam kehidupannya.

Cara memilih asuransi kesehatan
Banyaknya masyarakat indonesia yang sadar dan melek asuransi mengakibatkan pertumbuhan perusahaan asuransi semakin menjamur dimana-mana, dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi, tentu makin membuat calon konsumen harus makin jeli membeli asuransi. manfaat, brand, klaim dan premi patut jadi pertimbangan yang harus dicari dengan detail dan teliti sehingga asuransi yang dipilih memang benar-benar cocok.

Tips Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan Yang paling Ideal

Khusus untuk Asuransi kesehatan ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan ketika memilih asuransi kesehatan, sehingga ada mampu mengevaluasi dan menentukan asuransi kesehatan terbaik untuk anda dan keluar anda. ini beberapa tips untuk anda ketika anda memutuskan untuk ikut kepesertaan asuransi kesehatan:

a. Pilih Asuransi dengan Sistem Cashless

Cashless memungkinkan penggantian claim hanya dengan menggunakah kartu khusus sehingga anda tidak tidak akan disibukan dengan berbagai prosedur yang cukup rumit, dengan menunjukan kartu cashless peserta pada umumnya tidak akan dibebani dengan dana talangan yang harus anda klaim.

Cashless memang berbeda dengan sistem reimbursment, di sistem reimbursement, ketika peserta sakit maka perseta diwajibkan membayar dulu dana talangan ke rumah sakit setempat, dikemudian hari baru peserta bisa melakukan claim dengan prosedur tertentu sekaligus harus membawa bukti-bukti tagihan yang terkait jika diperlukan.

Jika dibandingkan dengan sistem cashless, sistem reimbursment memang dinilai kurang praktis, jika memang di perusahaan yang anda ikuti kebetulan menggunakan sistem reimbursment anda setidaknya harus memahami prosedur klaimnya dengan baik agar tidak menyulitkan anda dikemudian hari, namun jika menyediakan sistem cashless anda lebih baik memilih sistem cashless.

b. Diterima semua Rumah Sakit

Pastikan bahwa asuransi yang anda ikuti dapat diklaim oleh semua rumah sakit, anda bisa menanyakan kepihak asuransi mengenai daftar rumah sakit yang sudah dapat menerima asuransi tersebut. anda bisa memilih asuransi yang klaimnya dapat diterima di rumah sakit terdekat dengan rumah anda, dan ini penting untuk memperhatikan bahwa klaim dapat diterima di beberapa rumah sakit, untuk antisifasi jika satu rumah sakit tidak bisa merawat anda anda bisa memilih rumah sakit yang lain yang masih ada dalam daftar klaim asuransi anda.

c. Pilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Jika anda kebetulan sudah berkeluarga anda bisa memilih asuransi kesehatan keluarga, asuransi kesehatan keluarga akan lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi perorangan, salah satunya dapat menghemat biaya premi yang harus anda bayarkan.

Asuransi keluarga pada umumnya akan membuat satu akad atau polis asuransi yang dapat digunakan untuk lebih dari satu orang kepesertaan yang masih memiliki ikatan keluarga. sementara jika perorangan maka masing-masing peserta akan mendapatkan polis tentu saja akan menambah premi yang harus dibayarkan.

d. Perhatikan Prosedur Penggantian Klaim

Pada umumnya ada dua jenis penggantian klaim yang sering digunakan didalam asuransi kesehatan, yaitu:

-Cash Plan atau santunan harian rawat inap, jika menggunakan cara ini premi cukup murah namun jumlah klaim yang dikeluarkan tidak dipengaruhi dengan berapa hari pasien dirawat, berapapun  jumlah tagihan dari rumah sakit maka penggantian asuransi jumlahnya tetap, sistem ini tentu bisa beresiko jika kebetulan tagihan dari rumah sakit lebih besar dari ketetapan biaya pada akhirnya pasien atau peserta asuransi harus menambahkan dari koceknya sendiri.

- Pergantian disesuaikan dengan besarnya tagihan dari rumah sakit. pada umunya pihak asuransi akan menetapkan plafond batasan untuk setiap tindakan rumah sakit, dan pada umumnya sistem ini akan membayar tidak akan kurang dari tagihan sehingga anda tidak akan kena resiko harus menombok dari kocek anda sendiri.

Anda bisa pelajari keuntungan dan kerugiannya dan dua-duanya bisa anda pertimbangkan ketika memilih asuransi kesehatan.

d. Persyaratan Rawat Inap

Anda harus memperhatikan persyaratan rawat inap yang ditawarkan oleh pihak asuransi, referensi detail anda bisa melihat akad atau polis atau perjanjian tertulis, silahkan pelajari dengan seksama, untuk informasi lebih detail anda bisa langsung bertanya ke agennya langsung.

Pada umumnya jika peserta asuransi sakit dan harus dirawat inap, pihak asuransi akan mengganti biayanya namun biasanya ada beberapa syarat yang harus ditempuh, silahkan anda jeli dan perhatikan syarat-syaratnya karena kemungkinan besar satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya pasti memiliki syarat berbeda satu sama lain.

- Rawat inap harus di rumah sakit, anda harus memastikan dan bertanya apa yang dimaksud dengan rumah sakit, apakah termasuk klinik dan semacamnya, jika memang rumah sakit maka pastikan anda dirawat dirumah sakit jika anda kebetulan sakit, agar klaim anda diganti, karena jika bukan maka kemungkinan besar klaim tidak akan diganti, oleh karena itu pastikan secara seksama dengan pihak asuransi.

- Lamanya rawat inap, anda harus jeli berapa lama harus dirawat agar klaim bisa diganti oleh asuransi kesehatan, biasanya pihak asuransi akan melakukan kerja sama dengan rumah sakit yang bersangkutan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak, anda harus memperhatikan ini karena terkadang ada syarat tertentu mengenai lama dirawat baru bisa klaim ke asuransi kesehatan.

Jika anda memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan apa yang harus anda lakukan adalah mempelajari segala hal yang berkaitan dengan istilah asuransi, asuransi memang sangat komplek dengan syarat dan ketentuannya, apapun perusahaan asuransi yang akan anda ikuti yang terpenting anda sudah memahami syarat-syaratnya terlbih dahulu. pelajarilah sebelum membeli agar tidak kecewa dikemudian hari dan bisa memuaskan anda dan keluarga anda.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!