Tips Memilih Web Hosting Yang Cocok untuk Situs Anda

Untuk membuat alamat situs dengan domain pribadi dibutuhkan web hosting yaitu lokasi penyipanan (komputer server) dimana file-file yang menyusun halaman situs atau website anda disimpan dan dikelola sehingga bisa diakses melalui internet.

Sebenarnya untuk Tips Memilih Web Hosting Yang Cocok  bisa kita sediakan sendiri ataupun bisa kita sewa dari penyedia layanan hosting, jika kita bermaksud membuat situs untuk pengguna dalam jumlah yang banyak anda bisa pertimbangkan untuk menyajikan server hosting secara pribadi namun tentu saja membutuhkan biaya yang luarbiasa besarnya ditambah setidaknya anda memiliki tanggung jawab untuk mengelola atau maintenance server secara mandiri baik itu oleh anda sendiri ataupun meminta bantuan orang lain yang memang benar-benar memiiki kemampuan di bidangnya, tentu ini cocok sekali untuk anda yang memang benar-benar memiliki modal besar dan skala situs atau website yang anda akan kelola memililiki skala sangat besar.

Namun jika anda hanya mengelala situs kecil, dan terbentur modal salah satu kesempatan yang anda bisa gunakan untuk mempublish situs atau website anda adalah dengan menyewa penyedia file hosting yang anda anggap cocok.

tips memilih web hosting indonesia yang cocok untuk anda


Banyak sekali penyedia file hosting dengan berbagai fasilitas baik di indonesia maupun di luar negeri, namun sebelum anda memutuskan untuk memilih salah satu file hosting, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan agar web anda bisa memiliki performa yang baik dalam jangka panjang, karena jika sembarangan bukan hanya menghamburkan biaya melainkan akan merugikan untuk blog anda.

Tidak sedikit para webmaster atau para pemilik situs yang merasa kecewa karena kurangnya pelayanan dari penyedia webhosting yang mereka gunakan, sehingga situsnya banyak down, koneksi terganggu yang mengakibatkan peringkat situs atau websitenya merosot, jika dibiarkan tentu saja sangat merugikan untuk situs anda.

melalui artikel ini saya ingin berbagi tips untuk memilih Webhosting terbaik untuk anda sebelum anda memutuskan untuk menyewa file hosting untuk halaman situs atau website anda.

Tips Memilih Webhosting Local yang cocok untuk situs Anda

Sebelum anda memutuskan membeli atau menyewa file hosting untuk website anda ada baiknya anda melakukan analisa terlebih dahulu agar anda tidak kecewa dikemudian hari, berikut beberapa tips untuk anda yang bisa anda gunakan sebagai pertimbangan anda ketika anda akan menyewa web hosting untuk halaman website anda

1. Mencari Penyedia Web hosting untuk dibandingkan

Jika anda kebetulan belum menentukan atau belum memiliki daftar webhosting yang akan anda gunakan anda bisa melakukan pencarian di internet mengenai webhosting yang tersedia di indonesia, silahkan lakukan pencarian menggunakan mesin pencari google untuk menemukan beberapa file hosting yang banyak tersedia di internet.

2. Cari Tau informasi detail mengenai Webhosting yang akan anda gunakan

Jika kebetulan anda sudah memiliki daftar webhosting yang akan anda gunakan, disarankan sebelum memutuskan untuk memilih salah satu sebaiknya anda ketahui informasi detail mengenai setiap webhosting tersebut, anda bisa mencari informasi mengenai beberapa hal dibawah ini:

a. Fasilitas yang ditawarkan,
Silahkan anda cari tau mengenai fasilitas yang ditawarkan untuks setiap webhosting.

b. Harga, 
Silahkan bandingkan harga dengan kapasitas penyimpanan dan juga fasilitas yang ditawarkan

c. Kecepatan
Jangan lupa perhitungkan juga kecepatan, berapa kecepatan yang ditawarkan, dan limit bandwith atau batasan pengunjung, jangan sampai ketika pengunjung situs yang anda targetkan sudan tercapai, webstie anda bermasalah. down atau tidak bisa diakses. dengan mengetahui limit bandwith anda bisa antisifasi ketika pengunjung anda membludak.

d. Layanan Purna Sewa,
Perhitungkan juga mengenai layanan purna sewa, seperti pelayanan customer service, kemudahan untuk migrasi kelevel webhosting dengan fasilitas yang lebih tinggi, seperti apa prosedurnya sebaiknya anda cari tau, anda bisa mengunjungi situs penyedia hosting yang besangkutan, jika terdapat layanan customer servis jangan sungkan-sungkan untuk bertanya secara online.

c. Kemudahan migrasi
Cari tau juga jika kemudian hari migrasi atau pindah lokasi web hosting apakah bisa dilakukan dengan mudah atau tidak, cara tau juga prosedurnya seperti apa, jangan sampai anda kecewa ketika suatu waktu anda pindah lokasi web hosting anda mengalami kesulitan karena kurangnya pelayanan dari webhosting yang anda gunakan saat ini.

3. Cari tau kelemahan dan kelebihan setiap webhosting kemudian bandingkan

yang berikutnya yang harus anda pertimbangkan adalah, mencari tau kelebihan dan kekurangan setiap webhositng untuk anda bandingkan.

untuk mndapatkan informasi kelebihan webhosting yang bersangkutan anda bisa masuk ke situs penyedia layanan webhosting dan silahkan anda cari tau biasanya situs web hosting menyediakan informasi tersebut.

Sedangkan untuk mengetahui kelemahannya anda harus mencari testimoni dari pihak-pihak yang sudah menggunakan layanan webhosting tersebut. anda bisa melakukan pencarian di google mengenai kekurangan webhosting yang bersangkutan, banyak sekali tersedia.

Silahkan anda bandingkan dan anda putuskan mana yang lebih baik.

4. Meminta Rkomendasi teman

Jangan lupa untuk meminta rekomendasi teman, barangkali anda memiliki teman yang sudah menggunakan layanan webhosting tersebut anda bisa tanya tanya segala hal yang berkaitan dengan webhosting yang bersangkutan.

Atau anda juga bisa bergabung dengan forum-forum online silahkan ajukan pertanyaan mengenai kelebihan dan kelemanahan webhosting yang akan anda gunakan.

5. Perhitungkan Harga

Jika anda memiliki banyak kandidat webhosting yang akan digunakan jangan lupa untuk memperhitungkan harga, bijaklah dalam menentukan web hosting yang anda pilih, utamakan kualitas dan harga, lebih baik mengambil harga yang sedikit mahal namun kualitas dan fasilitas sangat memuaskan, karena ini akan erat sekali dengan waktu jangka panjang untuk tumbuh kembang domain yang anda gunakan.

Demikian tentang Tips Memilih Web Hosting Yang Cocok untuk Situs Anda, semoga bermanfaat.
loading...

4 comments:

  1. Terima kasih atas referensinya. saya kebetulan lagi mempersiapkan blog untuk dijadikan custom domain, jadi lebih baik tidak buru-buru dan baca dulu segala hal yang berkaitan dengan web hosting, mudah-mudahan mendapatkan web hosting yang handal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama- sama gan, memang salah satu yang harus kita perhatikan adalh web hosting, jangan sampai webhosing yang kita beli memiliki banyak kekurangan baik itu dari pelayanan maupun kualitasnya.

      Delete
  2. terima kasih informasinya menarik, saat ini sih yg sy butuhkan untuk server windows dan sy perhatiin jg jarang di Indonesia. makanya sy cari yg bener2 bagus sy seacrhing baru dapet 1 yg bener2 fokus di windows hosting www.jaringanhosting.com

    ReplyDelete
  3. No 1 triknya ajib gan, bener kata agan cari perbandingan provider hosting.
    Jadi ga hanya terpacu di 1 tempat saja.

    Btw kalau mau coba sewa hosting boleh cek - cek tempat kita juga hehe di https://www.hostingan.id/

    ReplyDelete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!