Panduan Lengkap Daftar BPJS Kesehatan Terbaru

BPJS kesehatan merupakan program yang digalakan oleh pemerintah untuk meringankan beban warga negara indonesia dalam mengatasi dan menanggulangi segala hal berkaitan dengan kesehatan. Sistem yang digunakan oleh BPJS adalah sistem Subsidi silang, setiap perserta bjps wajib membayar premi atau biaya iuran bulanan yang besarnya disesuaikan dengan kelas yang diambil.

Untuk mendaftar bpjs sebenarnya sangat mudah sekali karena saat ini tahun 2015, kantor bpjs sudah tersebar hampir di seluruh kota yang ada di indonesia.

jika anda kebetulan baru dan berniat ingin bergabung menjadi peserta bpjs anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Bisa juga anda baca di sini:  cara pendaftaran bpjs offline dan online terbaru

Pahami Peraturan Dasar Kepesertaan BPJS

Untuk Saat ini kepesertaan BPJS memang sedikit berbeda dengan pertarutan sebelumnya, saat ini jika satu anggota keluarga ingin menjadi peserta BPJS  maka seluruh anggota keluarga yang ada pada keluarga tersebut (ayah, ibu, suami, istri, anak, cucu yang menjadi bagian dari keluarga tersebut) wajib didaftarkan. pihak BPJS akan melihat kartu keluarga yang dimiliki oleh keluarga tersebut, siapa saja nama yang tertera di kartu keluarga maka semuanya wajib harus ikut didaftarkan menjadi peserta BPJS.

Persyaratan Daftar BPJS Kesehatan

Untuk warga negara indonesia yang berniat melakukan pendaftaran bpjs kesehatan  maka wajib menyiapkan dan membawa syarat-syarat sebagai berikut:

1. Fotocopy Kartu Keluarga terbaru
Usahakan untuk menyediakan fotocopy kartu keluarga terbaru, semua anggota keluarga yang tercatat di kartu keluarga harus didaftarkan menjadi peserta BPJS.

2. Fotocopy KTP
Untuk anggota yang sudah memiliki ktp maka wajib membawa fotocopy ktp 1 lembar, jangan khawatir meskipun ktp anda kebetulan domisilinya bukan di kota yang bersangkutan, anda masih bisa menggunakannya karena untuk saat ini cakupan BPSJ adalah nasional.

3. Kepemilikan rekening bank
Sebagai salah satu syarat pendaftaran, petugas BPJS akan meminta bentuk kepemilikan sebuah rekening bank, jika anda kebetulan tidak memiliki rekening bank, anda bisa menggunakan rekening bank saudara, adik, atau siapapun, Rekening tersebut sebagai salah satu yang akan anda gunakan untuk membayar premi bpjs anda.

Rekening Bank yang harus anda sertakan adalah rekening dari bank yang  sudah bekerja sama dengan pihak BPJS, diantaranya adalah:
  • Bank mandiri,
  • Bank BRI
  • Bank BNI 
Setidaknya Anda harus bisa menunjukan kepemilikan salah satu rekening bank diatas, jika rekening bank kebetulan bukan milik anda, anda harus menyertakan no. rekening, Nama pemilik dan juga nama bank yang akan anda gunakan tersebut.

4. Pas Foto 3x4 berwarna 1 buah
Pas foto berwarna 3x4 sebanyak 1 lembar untuk setiap anggota keluarga, kecuali untuk peserta yang masih balita.

Tentukan  Golongan Kelas Rawat Inap dan Faskes Tk. I yang Akan Anda Ambil

Ketika melakukan pendaftaran menjadi peserta BPJS anda akan diminta untuk menentukan golongan kelas rawat inap dan juga Faskes Tk I (Fasilitas kesehatan tingkat I).

Silahkan baca:

anda bisa mendiskusikan terlebih dahulu dengan keluarga anda atau petugas BPJS secara langsung di lokasi pendaftaran, mana yang kira-kira baik untuk anda.

Penjelasannya adalah sebagai beikut:

1. Golongan Kelas Rawat Inap BPJS Yang Bisa Anda pilih

Ketika melakukan pendaftaran anda akan diminta untuk memilih kelas rawat inap BPJS, kelas yang anda pilih akan menentukan besarnya premi atau iuran bulanan BPJS yang harus anda bayar setiap bulannya.

Sebaiknya anda sesuaikan dengan kemampuan anda, karena anda akan dibebani setiap bulannya dengan membayar premi atau iuran bpjs yang besarnya sesuai dengan kelas yang anda pilih.

Berikut kelas rawat inap BPJS dan juga biaya premi yang harus dibayar setiap bulannya:


  • Kelas I, biaya premi perbulan Rp. 60.000
  • Kelas II, biaya premi perbulan Rp. 45.000
  • Kelas III, biaya premi perbulan Rp. 2. 6000


Kelas yang anda ambil akan menentukan fasilitas rawat inap yang akan anda dapatkan ketika anda mengalami sakit dan kebetulan harus dirawat inap di rumah sakit, semakin baik kelas yang anda ambil maka anda akan mendapatkan fasilitas yang baik pula sesuai dengan rumah sakit dimana anda riwarat.

2. Faskes Tk. I Yang Harus Anda Pilih?

Apa itu Faskes TkI ( Faskes tingkat satu) adalah, fasilitas kesehatan (rumah sakit, polikelinik dll) yang pertama kali harus anda kunjungi jika anda ingin memeriksa kesehatan anda karena sakit dan ingin menggunakan BPJS.

Ketika melakukan pendaftaran BPJS anda akan diminta untuk menentukan faskes tingkat pertama (Faskes tk 1) ini, faskes pada umumnya berupa (poliklinik atau rumah sakit yang terdapat dikota anda yang sudah bergabung sebagai peseta BPJS).

Sebaiknya ketika menentukan faskes tk1 ini anda harus mempertimbangkan jarak dari rumah anda dengan tempat fasilitas kesehatan tersebut berada, disarankan memilih faskes yang dekat dengan rumah anda.

Data Faskes Tk I ini nanti akan disertakan di kartu BPJS Anda.

Ketika Anda sakit dan anda ingin menggunakan kartu BPJS, maka anda harus menuju Lokasi faskes tk I (rumah sakit atau poliklinik) sesuai dengan yang tertera di Data Faskes pada kartu BPJS Anda.

Jika Penyakit anda kebetulan tidak bisa ditangani di fasilitas kesehatan tingkat 1 tersebut, maka anda bisa minta rujukan dari faskes tk 1 tersebut, untuk saat ini hampir setiap rumah sakit baik dalam satu kota maupun antar kota hampir semuanya sudah mengikuti program bpjs, jadi ketika anda minta rujukan di faskes tk1 bpjs, anda akan diberi pilihan lokasi- fasilitas kesehatan yang dapat menangani penyakit anda, anda bisa mempertimbangkan untuk memilih lokasi yang menurut anda bagus.

Langkah-Langkah Pendaftaran BPJS Secara Offline

Jika anda kebetulan sudah menyiapkan dan memahami point-point diatas, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran.

Langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran BPJS adalah sebagai berikut:

1.  Menuju Kantor BPJS Setempat.

Kantor BPJS untuk saat ini sudah tersebar disetiap kota, untuk melakukan pendaftaran secara langsung anda bisa menuju kantor bpjs setempat dengan membawa persyaratan diatas.

2. Meminta No Antrian, dan Mengisi Formulir Pendaftaran

Jika pendaftaran dikantor bpjs anda memberlakukan no antrian, sebaiknya yang pertama kali yang harus anda lakukan adalah meminta no antrian terlebih dahulu.

Agar pendaftaran dapat selesai pada waktu itu, sebaiknya anda datang pagi-pagi sekali,

Silahkan anda mengambil Formulir pendaftaran BPJS jika sudah tersedia, atau anda bisa memintanya kepada petugas BPJS setempat.

Silahkan anda isi formulir pendaftaran tersebut sesuai dengan data yang diminta.

3. Menuju Petugas Entry Pendaftaran BPJS untuk menerima NO. PIN Pembayaran

Langkah berikutnya adalah menunggu dipanggil sesuai dengan no antrian yang anda iliki, silahkan bawa formulir pendaftaran BPJS yang sudah anda isi, disertai dengan syarat-syarat diatas.


Pada proses ini jika sudah selesai diproses anda akan diberi Nota No PIN unik yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran Premi BPJS. No PIN ini sebaiknya anda simpan baik-baik dan jangan sampai hilang. karena akan digunakan untuk membayar premi setiap bulannya.

Pada tahap ini anda belum menerima kartu BPJS sebelum anda melakukan pembayaran.

4. Lakukan Pembayaran Premi BPJS

Setelah anda mendapatkan PIN pembayaran, silahkan anda lakukan pembayaran BPJS untuk masing-masing keluarga anda yang anda daftarkan.

Untuk melakukan pembayaran anda bisa menuju Bank BPJS setempat (BRI, BNI, Mandiri) sesuai dengan kepemilikan rekening bank yang anda gunakan. atau anda bisa menggunakan agen jasa pembayaran BPJS setempat (Indomart, alfamart dan agen lainnya.)

Ingat ketika melakukan pembayaran anda akan diminta untuk memasukan No PIN Unik, silahkan lakukan pembayaran satu-persatu untuk masing-masing anggota keluarga anda peserta BPJS.

Jika pembayaran sudah anda lakukan, Struk Transaksi pembayaran sebaiknya anda Bawa, sebagai bukti untuk mengambil kartu BPJS.

5. Ambil Kartu BPJS Anda.

Setalah anda melakukan pembayaran BPJS pertam anda, silahkan anda menuju ke kantor BPJS setempat untuk mengambil kartu BPJS, biasanya 1 x 24 jam kartu BPJS sudah selesai, jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran (bukti transfer atau bukti pembayaran lainnya.)

Anda akan diberikan kartu BPJS sesuai dengan nama anggota keluarga perserta BPJS, satu orang akan memiliki satu kartu BPJS.


Demikian artikel tentang Panduan Lengkap Daftar BPJS Kesehatan Terbaru, semoga berhasil dan selamat mencoba.


loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!