Mengenal Apa itu Asuransi, manfaat dan jenisnya?

Apa itu asuransi, apa manfaatnya dan bagaimana jenisnya? - Asuransi, istilah kata tersebut pasti sering kita dengar, dan sudah tidak asing lagi di beberapa kalangan masyarakat menengah keatas, namun untuk sebagian orang barangkali ketika mendengar kata asuransi mungkin saja asing ditelinga mereka, atau mungkin mereka sering dengar mengenai kata asuransi namun kurang memahami apa maksudnya.

Asuransi sebenenarnya suatu bentuk manajemen resiko (teknik pengelolaan yang berkaitan dengan resiko) yang dapat memberikan konpensasi berupa finansial terhadap segala hal yang tidak terduga, seperti misalnya, kematian, kerugian, kesehatan, kehilangan dan hal-hal tidak terduga lainnya, sehingga jika hal-hal tersebut diatas terjadi pada diri anda maka anda akan mendapatkan keringanan-keringanan atau konpensasi tergantung dari asuransi tersebut.

Mengenal apa itu asuransi


Menurut wikipedia Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

Didalam asuransi dikenal juga istilah-istilah yang harus anda pahami, beberapa istilah tersebut antara lain, premi, polis, tertangguh,penangguh, claim dan lainnya, untuk memahami istilah tersebut anda bisa baca artikel berikut:
Mengenal istilah-istilah penting dalam asuransi

 

Manfaat Asuransi?

Memang banyak sekali orang dengan alasan tertentu lebih memilih untuk memiliki asuransi, alasan utamanya adalah perusahaan asuransi dapat mengurangi beban mereka ketika hal-hal tidak terduga terjadi pada mereka, mereka rela untuk membayar premi iuran asuransi walahpun kejadian-kejadian tersebut belum tentu terjadi, tetapi jaminan asuransi yang membuat setiap individu rela untuk memiliki asuransi.

Ketika terjadi kerugian pada peserta asuransi maka perusahaan asuransi harus bertanggung jawab terhadap kerugian tersebut biasanya ada ganti rugi secara finansial terhadap peserta asuranai berdasarkan kesepakatan tertentu, misalnya pesera asuransi ikut kepeseraan asuransi kendaraan, ketika kendaraan tersebut dicuri atau terjadi kerusakan dengan kendaraan yang diasuransikan maka perusahaan asuransi akan menanggung kerugian tersebut sesai kesepakatan. sedangkan siperserta asuransi, memiliki kewajiban harus membayar premi (iuran bulanan terhadap perusahaan asuransi dengan besaran tertentu)

Untuk saat ini banyak sekali perusahan-perusahaan asuransi yang bisa anda coba, anda bisa memilih jenis asuransi, misal asuransi kesehatan, yang dapatkan meringankan beban pengeluaran anda ketika anda sakit, asuransi kehilangan dapat memberikan keringan kepada anda karena bisa diganti oleh perusahaan asuransi dan asuransi-asuransi lainnya.

Mengenal Jenis jenis asuransi

Pada dasarnya asuransi dikategorikan menjadi 3 kelompok besar yaitu asuransi kehilangan, asuransi kerugian dan asuransi jiwa, berdasarkan kategori tersebut perusahaan asuransi membuat kebijakan pengelompokan asuransi lebih khusus dan spesifik sesuai dengan resiko yang akan mereka dapatkan, Bentuk yang paling umum dari kebijakan jenis-jenis asuransi yaitu :

1. Asuransi kesehatan

Asuransi ini dapat dimiliki oleh setiap individu untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain, asuransi kesehatan adalah sebuah priduk asuransi yang fokus menanggung hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan seseorang, misalnya peserta asuransi yang tekena penyakit, kecelakaan, sakit dan harus dirawat, maka biaya perawatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi berdasarkan kesepakatan.

2. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan adalah sebuah produk asuransi yang biasanya akan menanggung segala hal yang berkaitan dengan resiko yang terjadi pada kendaraan sipeserta asuransi, misalnya kendaraan tertanggung menabrak kendaraan orang lain, jika sudah memiliki asuransi kendaraan pihak perusahaan asuransi berkewajiban membayar kerugian tersebut.

Kasus lainnya adalah ketika kehilangan kendaraan atau kerusakan, maka biaya-biaya kerugian akan diganti oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati antara kedua belah pihak.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi ini boleh dibilang paling populer untuk saat ini, produk asuransi ini adalah sebuah solusi yang cukup baik untuk menjamin pendidikan, misalnya orang tua yang mengasuransikan pendidikan anak, biaya premi yang harus dibayar oleh peserta asuransi biasanya disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang akan ditempuh oleh sianak.

4. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang akan memberikan keuntungan finansial kepada pihak ke 3 atau orang atau pihak yang ditunjuk oleh sipeserta asuransi setelah kematiannya (ahli waris). dan pembayaran hanya dapat dilakukan ketika si tertanggung meninggal dunia. namun ada juga beberapa perusahaan asuransi yang memiliki kebijakan dana bisa diclaim meskipun si tertanggung belum meninggal dunia.

Sebagai contoh seorang bapak membeli asuransi jiwa untuk keluarga terutama untuk anak dan istrinya agar setelah kematiannya anak dan istirnya tetap medapatkan jaminan hidup yang lebih baik, jika sipeserta sebagai tertanggu meningal dunia maka pihak asuransi harus memberikan konpensasi kepada ahli waris sesuai kesepakatan tertentu.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis-jenis perusahaan asuransi yang bisa anda coba. namun 4 diatas adalah yang paling populer untuk saat ini.

demikian artikel tentang  Mengenal Apa itu Asuransi, manfaat dan jenisnya?, semoga bermanfaat.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!