Cara Pindah Faskes Tk1 BPJS (Syarat dan prosedur)

Berobat menggunakan BPJS Kesehatan memiliki prosedur tersendiri, BPJS Kesehatan memberlakukan sistem Berjenjang, ketika peserta ingin melakukan pengobatan, maka harus dimulai dari Faskes Tingkat 1, poliklinik atau puskesmas sesuai dengan data faskes tk1 yang tertera di kartu BPJS peserta yang bersangkutan, jika hasil pemeriksaan mengharuskan pasien harus di rujuk ke rumah sakit maka pasien bisa memilih rumah sakit umum terdekat yang sudah melakukan kerja sama dengan BPJS, seandainya di rumah sakit pasien masih tidak bisa ditangani, maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit provinsi nasional jakarta.

Silahkan baca: Prosedur Berobat dengan BPJS

Faskes tk 1 yang tertera di kartu BPJS biasanya adalah pilihan dari peserta sendiri pada saat membuat kartu BPJS, pasien biasanya akan memilih faskes tk 1 baik itu puskesmas maupun poliklinik yang dekat dengan tempat tinggal, fasilitas kesehatan yang buka 24 jam atau fasilitas kesehatan yang memiliki fasilitas yang cukup memadai.

Cara Pindah Faskes 1 Dan Kelas BPJS Kesehatan


Sayangnya Faskes tk1 tidak berlaku untuk seluruh wilayah indonesia, kecuali untuk pasien gawat darurat, umumnya faskes tk1 hanya berlaku untuk satu wilayah saja, biasanya hanya berlaku untuk rayon/wilayah tempat peserta melakukan pendaftaran BPJS, sehingga jika peserta pindah domisili maka faskes tingkat 1 juga harus ikut berubah agar peserta BPJS bisa mengunakan kartu BPJS ketika melakukan pengobatan.


Alasan Peserta Pindah Faskes Tk1

Ada beberapa alasan yang mengharuskan Peserta BPJS mengganti Faskes tingkat I, diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Pindah domisili di daerah yang berbeda dengan wilayah faskes tk1.
b. Karena kesalahan input.
c. Pasien ingin memilih faskes yang dianggap lebih dekat dengan tempat tinggal, lebih lengkap dan tersedia fasilitas kesehatan penunjang, walaupun masih dalam satu wilayah peserta bisa pindah faskes.

d. alasan-alasan lainnya.

Syarat dan Prosedur Pindah Faskes tk1 BPJS

Ada peraturan yang harus diikuti oleh peserta BPJS ketika ingin melakukan pindah faskes, perserta baru bisa pindah faskes jika sudah 3 bulan terdaftar menjadi peserta BPJS. sedangkan prosedur untuk pindah faskes adalah sebagai berikut:

a. Tidak bisa dilakukan secara online, untuk pindah faskes peserta harus datang langsung ke kantor BPJS tempat melakukan pendaftaran pertama kali.

b. Membawa kartu BPJS Kesehatan

c. Mengisi formulir perubahan faskes yang bisa diminta di kantor BPJS setempat.


Peraturan BPJS memberikan syarat kepada peserta yang ingin pindah faskes yaitu harus sudah terdaftar menjadi peserta BPJS minimal 3 bulan, alasanya karena BPJS membutuhkan data tetap selama periode tertentu untuk tujuan memudahkan perencanaan guna perbaikan program, melihat statistik jumlah pasien dalam satu faskes dan informasi lainnya yang sangat dibutuhkan guna evaluasi perbaikan program. sehingga peserta tidak diberikan kebebasan ketika ingin melakukan perpindahan faskes tingkat 1.


loading...

16 comments:

  1. Apa memungkinkan bagi lembaga, institusi, atau Dinas Kesehatan untuk memindahkan faskes tk 1 peserta BPJS ke faskes tk 1 lain tanpa melibatkan/sepengetahuan peserta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika itu ketentuan dari lembaga institusi, sosialisi menurut saya harus tetap dilakukan, peserta mau tidak mau harus ikut ketentuan

      Delete
  2. kalau sudah melakukan permintaan pindah faskes,namun kartu bpjs belum dikirim jg dari perusahaan. apakah kartu bpjs kesehatan pertama bisa digunakan dlu utk berobat??

    ReplyDelete
  3. saya pindah domisili ke depok jabar tapi saya tidak pondah ktp.. ktp saya masih jakarta utara apakah saya dan keluarga bisa pindah faskes ke depok

    ReplyDelete
  4. Saya mau mutasi faskes karyawan yg mau pindah klinik, begitu di pilih klinik yg di tuju bisa, tapi ketika mau mau disimpan gagal terus kenapa ya, biasanya begitu di simpan kalau berhasil kita kirim dulu ( send ) baru tunggu konfirmasi, klau OK nanti baru bisa di cetak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satunya bisa terjadi karena kesibukan jaringan, banyak yang akses aplikasi, bisa di coba di waktu-waktu yang lain

      Delete
  5. Saya mau tanya untuk faskes tingkat 1 apakah bisa berobat selain tempat atau fasilitas kesehatan yg sudah tertera di kartu peserta dikarnakan kesalahan saat memilih faskes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perubahan faskes bisa dilakukan setelah 3 bulan, jika diluar kota bisa dengan membawa surat pengantar dari BPJS, jika masih dalam satu kota kemungkinan akan ada penolakan dan akan diarahkan ke faskes yang sesuai dengan yang tercatat di kartu

      Delete
  6. Saya mau tanya. Saat ini saya memakai ASKES. dan sudah 2 tahun pindah domisili dan telah menikah. yg saya tanyakan adalah :
    1. bagaimana prosedur memilih faskes tk 1 sesuai domisili?
    2. apakah suami saya bisa dimasukkan ke dalam tanggungan ASKES saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. bisa datang ke kantor bpjs dengan membawa surat keterangan domisili dari rt.rw setempat dan juga mengisi berkas perubahan kepesertaan.

      2. askes, peserta, pasangan dan 3 orang anak yang belum berusaia 21 tahun

      Delete
  7. Sy dftr dan cetak kartu scr OL, bs/tdk pindah faskes 1 by OL jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pindah faskes baru bisa dilakukan setelah minimal 3 bulan setelah menjadi peserta atau 3 bulan dari pindah faskes sebelumnya, saat ini belum bisa dilakukan secara online

      Delete
  8. Mba, jika saya pindah faskes 1 ke faskes lain, bisa langsung digunakan saat itu juga ke klinik baru nya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung digunakan jika perubahan sudah selesai dilakukan

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!