Cara Bayar Iuran BPJS Via ATM (BNI, BRI atau Mandiri)

Cara Bayar Iuran BPJS Via ATM (Bank BNI, BRI atau Mandiri) - Salah satu syarat menjadi peserta BPJS Non Peserta Bantuan Iuan (PBI) dari pemerintah adalah kepemilikian sebuah rekening bank dan dianjurkan rekening yang harus dimiliki adalah rekening Bank BNI, BRI atau rekening Bank Mandiri, kepemilikan rekening tersebut diperlukan untuk mempermudah membayar iuran bulanan peserta BPJS yang bersangkutan melalui ATM bank-bank tersebut.

BPJS sudah bekerjasama dengan bank-bank tersebut dan di setiap ATM BANK yang bersangkutan sudah menyediakan fasilitas berupa menu khusus yang dapat digunakan peserta BPJS untuk membayar iuan BPJS bulanan mereka, cara membayar iuran BPJS via ATM terbilang sangat baru dan berbeda sekali dengan transfer antar rekening,  sehingga untuk beberapa orang terutama yang baru menjadi peserta BPJS akan sedikit kesulitan ketika mereka melakukan pembayaran BPJS via ATM.

Cara membayar iuran bpjs melalui atam bank bni,bri dan mandiri
 Membayar iuran bpjs melalui ATM Bank

Membayar iuran BPJS melalui ATM ternyata tidak sama dengan Transfer

Dulu saya pribadi ketika pertama kali membayar iuran BPJS di salah satu bank di atas, juga pernah mengalami kesulitan karena saya anggap sistemnya hanya melalui transfer BANK saja, ternyata setelah dicoba beberapa kali gagal, akhirnya saya diberi petunjuk oleh satpam setempat yang kebetulan sering  mendapati peserta BPJS gagal melakukan transaksi pembayaran melalui ATM bank. setelah diberi arahan oleh satpam saya baru tau ternyata sistemnya bukan transfer melainkan melalui menu khusus pembayaran BPJS yang tersedia di ATM tersebut.

Langkah-langkah Cara Bayar Iuran BPJS Via ATM Bank (BN, BRI atau Mandiri)

BPJS memberlankukan tenggat waktu pembayaran iuran, iuran BPJS harus sudah dibayar paling lambat tangal 10 bulan yang bersangkutan, jika pembayaran dilakukan setelah tanggal 10 maka biasanya akan terkena tambahan denda sebesar 2% dari total iuran yang harus dibayar tiap bulannya. Oleh karena itu sebaiknya bayarlah iuran BPJS sebelum tanggal 10 bulan yang bersangkutan agar terhindar dari keterlambatan dan denda.

Adapun untuk melakukan pembayaran BPJS via BNK langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

A. Proses Membayar Iuran BPJS di ATM Bank Mandiri

 1. Pastikan bahwa rekening Bank berisi saldo yang mencukupi untuk bayar iuran BPJS.

2. Masukan kartu ATM anda, pilih bahasa dan masukan PIN ATM anda

3. Pada menu yang muncul pilih menu Bayar/Beli kemudian pilih menu lainnya.

4. kemudian pilih menu BPJS, kemudian pilih jenis kepesertaan BPJS, BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan

5. Pilih Individu jika jenis kepesertaan BPJS anda adalah BPJS Mandiri, atau pilih Badan Usaha jika anda yang ingin membayarkan iuran BPJS ketenagakerjaan perusahaan

6. Masukan  kode 89888 (5 digit kode bank mandiri untuk transaksi pembayaran BPJS) kemudian lanjutkan dengan 11 digit virtual account yang terdapat pada kartu BPJS.

No Peserta BPJS

Misal untuk kartu diatas, yang harus anda masukan adalah 8988801260979209

7. Masukan jumlah bulan pembayaran iuran, tekan 1 jika ingin membayar 1 bulan atau tekan 2 jika ingin membayar iuran sekaligus untuk 2 bulan dan seterusnya. kemudian tekan Benar

8. Konfirmasi pembayaran, tekan 1 kemudian tekan Ya, untuk menyelesaikan transaksi pemayaran anda.

9. Mesin ATM akan mencetak slip bukti pembayaran iuran BPJS anda, ambil dan simpan slip tersebut jangan sampai hilgna untuk antisifasi sebagai bukti pembayaran.

B. Proses Membayar Iuran BPJS di ATM Bank BNI

Langkah-langkah untuk membayar iuran BPJS di ATM Bank BNI hampir sama dengan langkah-langkah melakukan pembayaran di ATM Bank Mandiri, sebagai berikut:

1. Pastikan bahwa rekening Bank berisi saldo yang mencukupi untuk bayar iuran BPJS.

2. Masukan kartu ATM anda, pilih bahasa dan masukan PIN ATM anda

3. Pada menu yang muncul pilih menu Lain >Pembayaran kemudian pilih menu berikutnya >berikutnya.

4. Kemudian pilih menu JKN / BPJS Kesehatan

5. Kemudian  Masukan  kode depan dengan 88888 (5 digit kode bank BNI untuk transaksi pembayaran BPJS) kemudian lanjutkan dengan 11 digit virtual account yang terdapat pada kartu BPJS anda.

11 digit virtual account BPJS anda dapat dilihat seperti gambar dibawah ini:

No Peserta BPJS

 Misal untuk kartu diatas, yang harus anda masukan adalah 8988801260979209

6. Masukan jumlah bulan pembayaran, jika ingin membayar 1 bulan saja maka silahkan masukan 1, jika ingin membayar untuk 2 bulan masukan angka 2 begitu juga untuk jumlah lainnya. kemudian tekan tombol Ya untuk ke tahap selanjutnya.

7.  Ditampilan berikutnya anda akan diminta untuk memilih jenis rekening anda, Giro tabungan atau kartu kredit, pilih salah satu sesuai dengan jenis rekening bank anda.

Sampai tahap diatas proses pembayaran BPJS melalui bank BNI sudah berhasil anda lakukan, Mesin atm akan mencetak bukti pembayaran BPJS anda, silahkan simpan slip transfer tersebut sebagai bukti jangan sampai hilang, barangkali di saat-saat tertentu akan bermanfaat.

C. Proses Membayara Iuran BPJS di Bank BRI

 1. Pastikan bahwa rekening Bank berisi saldo yang mencukupi untuk bayar iuran BPJS.

2. Masukan kartu ATM BRI anda, pilih bahasa indonesia dan masukan PIN ATM anda

3. Pilih Menu Transaksi Lainnya (letaknya di pojok kanan paling bawah)

3. Pada Tampilan berikutnya pilih Menu Pembayaran  kemudian pilih menu lainnya.

4. Kemudian pilih menu BPJS, kemudian pilih jenis kepesertaan BPJS, BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan


6. Masukan  kode 88888 (5 digit kode bank BRI untuk transaksi pembayaran BPJS) diikuti dengan 11 digit virtual account yang terdapat pada kartu BPJS.

Virtual account BPJS dapat anda lihat di kartu BPJS anda, lihat 11 digit terakhir, seperti ilustrasi gambar di bawah ini:

No Peserta BPJS

Misal untuk kartu di atas, yang harus dimasukan adalah 8888801260979209 kemudian tekan tombol benar

7. Pada tampilan berikutnya, akan muncul informasi peserta BPJS yang meliputi nama peserta, jumlah tagihan bulan ini, pastikan bahwa data tersebut adalah data anda, kemudian tekan tombol Ya untuk melanjutkan.

8. Masukan jumlah iuran yang dibayarkan sesuai dengan kelas peserta BPJS.
Besarnya iuran tiap kelas BPJS dapat dilihat disini

9. Pada tampilan berikutnya akan muncul informasi konfirmasi pembayaran BPJS, tipe BPJS, nama peserta, jumlah tagihan dan jumlah pembayaran, pastikan bahwa data tersebut benar, kemudian tekan Ya untuk melakukan pembayaran.

Sampai tahap diatas itu artinya anda sudah berhasil melakukan pembayaran iuran BPJS di bank BRI, mesin atm biasanya akan mencetak bukti pembayaran, simpan slip pembayaran tersebut sebagai bukti.

Kenapa Saya selalu gagal membayar Iuran BPJS via ATM?

Dalam satu waktu bisa terjadi banyak sekali peserta BPJS di seluruh indonesia yang bersamaan dengan anda membayar iuran BPJS di ATM, ini kadang menyebabkan proses pembayaran menjadi lambat dan harus menunggu mesin ATM memproses pembayaran anda, lebih kecewa lagi terkadang proses pembayaran gagal, jika terjadi seperti itu lebih dari 2 kali, anda bisa mencari ATM yang lain, karena bisa jadi penyebabnya adalah jaringan ATM yang bersangkutan sedang bermasalah.

Disarankan untuk membayar BPJS di awal-awal tanggal mudah bulan yang bersangkutan sebelum tanggal 10, agar proses pembayaran bisa lebih cepat diproses oleh mesin ATM,karena pada umumnya banyak peserta BPJS yang membayar iuran di tanggal 8-10 bulan yang bersangkutan, sehingga jika anda mengambil tanggal tersebut untuk melakukan pembayaran bisa jadi mesin ATM kerepotan untuk memproses data sehingga tidak jarang mengalami error dan pembayaran iuran BPJS yang anda lakukan akhirnya gagal.

Itulah beberapa informasi mengenai Cara Bayar Iuran BPJS Via Bank (BN, BRI atau Mandiri), semoga bermanfaat untuk anda.
loading...

7 comments:

  1. Sy tidak bisa bayar bpjs ke atm BRI soalnya tampilannya beda dr yg sblm nya knp ya? Tolong bimbingan nya. Soalnya menu bpks nya sdh tdk ada,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bapak minta petunjuka ke satpam yang bersangkutan, atau bisa bayar di teler bank

      Delete
  2. Apabila sudah menunggak selama beberapa bulan bagaimana cara melunasinya?
    Apa bisa bayar via atm ato teler bank juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibayar sesuai tagihan saja mbak, via atm, teller, dan minimarketpun sama, akan muncul total tagihan yang harus dibayar, tinggal bayar sesuai total tagihan saja

      Delete
    2. Denda saat ini sudah dihapus, kemungkinan besar jika terlambat hanya akan membayar tunggakan saja, bisa dibayar via atm sama halnya seperti membayar iuran bulanan, cuma beda nominal saja. silahkan bayarkan sesuai dengan nominal yang diminta

      Delete
  3. Saya sudah melakukan pembayaran atm utk pendaftaran tapi belum bisa mencetak e-id,, tolong solusinya

    ReplyDelete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!