5 Cara Cerdas Memilih Asuransi Kendaraan terbaik

Asuransi kendaraan adalah asuransi yang dapat menanggung resiko buruk yang bisa saja terjadi pada kendaraan anda. dimana ketika terjadi hal-hal buruk pada kendaraan anda misalnya rusak karena faktor tertentu, pencurian, kecelakaan maka resiko yang terjadi pada kendaraan yang anda miliki akan ditanggung oleh perusahaan asuransi atau lembaga penjamin, oleh karena itu untuk mengantisifasi resiko-resiko buruk yang bisa saja terjadi pada kendaraan yang kita miliki salah satu solusi terbaik adalah membeli polis asuransi kendaraan sehingga resiko yang terjadi pada kendaarann anda akan ditangung oleh perusahaan asuransi.

Saat ini banyak sekali perusahaan perusahaan asuransi kendaraan baik kendaraan bermotor maupun mobil yang menawarkan kerjasama, namun seelum anda memutuskan untuk membeli asuransi, yang harus anda pikirkan dan anda pertimbangkan adalah layanan asuransi yang mereka tawarkan, tentu saja untuk mendapatkan asuransi kendaraan yang cocok caranya adalah membandingkan setiap layanan yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi.

 Tips memilih asuransi kendaraan

Berikut beberapa pertimbangan untuk mendapatkan asuransi yang paling cocok untuk kendaraan anda:

1. Biaya Asuransi


Dalam memilih asuransi kendaraan, siapapun termasuk anda pasti menginginkan sebuah asuransi murah yang memiliki layanan lengkap, syarat klaim asuransi yang mudah dan cepat, serta bengkel rekanan yang terjangkau. Namun, anda perlu tau bahwa besar kecilnya premi asuransi kendaraan secara umum ditentukan oleh beberapa faktor. Pertama adalah jenis jaminan yang dipilih (komprehensif atau kerugian total), jenis kendaraan (roda dua, roda empat atau lebih), harga kendaraan atau pertanggungan yang ingin didapatkan, serta penggunaan kendaraan (pribadi, dinas atau komersial). Perhitungan dilakukan secara proporsional dengan mempertimbangkan 4 faktor tersebut.

Sesuai surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sejak tanggal 1 Maret 2014 tarif premi seluruh asuransi kendaraan wajib dilakukan secara seragam, atau tidak boleh melebihi batas tarif bawah dan tarif atas yang ditentukan. Artinya, mulai saat ini setiap perusahaan asuransi kendaraan bermotor tidak lagi bisa melakukan perang harga premi.

Silahkan anda pertimbangkan untuk memilih biaya asuransi yang terjangkau dan sesuai dengan finansial anda, anda bisa memilih perusahaan asuransi dengan biaya suransi yang tidak mahal namun pelayanan maksimal.

2. Jenis Polis Asuransi

Polis Asuransi adalah suatu perjanjian asuransi atau pertanggungan bersifat konsensual (adanya kesepakatan), harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta antara pihak yang mengadakan perjanjian. Pada akta yang dibuat secara tertulis itu dinamakan “polis”. Jadi, polis adalah tanda bukti perjanjian pertanggungan yang merupakan bukti tertulis.

Salah satu yang harus anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih asuransi kendaraan yang cocok untuk anda adalah memilih polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda dan sesuai dengan yang anda inginkan, cara terbaik tentu saja dengan membandingkan antara polis asuransi yang satu dengan asuransi lainnya dan pilih yang menurut anda cocok.

3. Rekomendasi Dealer

Dealer adalah suatu badan atau perorangan yang bertugas sebagai tangan distribusi dari produsen kepada konsumen. Pada perdagangan umum disebut juga sebagai agen penjualan.

Salah satu cara terbaik sebelum anda memutuskan untuk membeli asuransi kendaraan adalah meminta rekomendasi kepada dialer tempat anda membeli kendaraan, silahkan kunjungi dealer untuk mendapatkan informasi tentang perusahaan asuransi terpercaya, jika anda mendapatkan informasi positif tentang salah satu asuransi yang direkomendasikan mereka berarti asuransi tersebut bisa dipercaya dan bisa anda pertimbangkan untuk anda pilih.

4. Klaim yang mudah dan Cepat

Klaim asuransi adalah Sebuah permintaan resmi kepada perusahaan asuransi, untuk meminta pembayaran berdasarkan ketentuan perjanjian. Klaim Asuransi yang diajukan akan ditinjau oleh perusahaan untuk validitasnya, jika syarat dipenuhi maka biaya klaim akan dibayarkan kepada pihak tertanggung setelah disetujui.

Klaim Asuransi kendaraan pada umumnya  memerlukan beberapa dokumen untuk mengurusnya, bahkan terkadang dokumen kalim yang diperlukan bisa saja lebih banyak daripada dokumen yang digunakan ketika melakukan pendaftaran, syarat klaim antara perusahaan asuransi yang satu dengan asuransi lainnya bisa saja berbeda. yang harus anda pikirkan sebelum memilih perusahaan asuransi adalah membandingkan syarat klaim yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi dan pilihlah perusahaan asuransi yang memang anda anggap memiliki syarat yang mudah dan cepat.

5. Cek Keluhan dan Testimoni pelanggan

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kendaraan salah satu yang bisa menjadi pertimbangan anda adalah selalu mengamati testimoni dan keluhan dari para pelanggan perusahaan asuransi tersebut, anda bisa membandingkan rasio pengaduan dengan melihat perbandingan antara keluhan dan solusi yang telah diselesaikan, jika rasio perbandingan keluhan lebih besar dari pada penyelesaian itu memberikan gambaran bahwa asuransi tersebut kurang bisa diandalkan.

Lihat juga testimoni dari para pelanggan, jika banyak pelanggan merasa puas dengan pelayanan perusahaan asuransi tersebut itu wajib kita pertimbangkan untuk kita pilih.

Di era informasi saat ini perusahaan asuransi setidaknya harus memiliki sebuah situs yang dapat digunakan bukan hanya untuk media informasi dan juga pemasaran produk yang mereka tawarkan, tetapi juga membuka setiap keluhan pelanggan dan juga memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk memberian testimoni positif maupun negatif perusahaan tersebut, jika anda menemukan perusahaan asuransi seperti itu itu artinya profesionalisme serta kredibilitas asuransi tersebut sangat baik dan bertanggung jawab.

Perusahaan asuransi yang kurang terbuka dan terkesan menutup-nutupi kelemaahannya patut dipertanyaakan dan jangan sampai anda pilih.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!