Cara Daftar BPJS Secara Online (Ketentuan, syarat dan prosedur)

Cara Daftar BPJS Online (Ketentuan syarat dan prosedur) - Untuk memudahkan pelayanan pendaftaran BPJS kini situs resmi BPJS kesehatan menyediakan sebuah layanan khusus pendaftaran online yang bisa diakses dan digunakan oleh warga negara indonesia yang belum terdaftar sebagai anggota BPJS. Pendaftaran online ini disediakan untuk mempermudah pendaftaran sehingga bisa dilakukan dengan cepat.

Awalnya pendaftaran BPJS hanya tersedia secara offline, sehingga setiap masyarakat yang ingin membuat kartu BPJS mau tidak mau harus melakukan pendaftaran dengan datang langsung ke kantor bpjs di kota setempat, kendala yang sering ditemukan ketika melakukan pendaftaran bpjs offline adalah, panjangnya antrian sehingga mau tidak mau calon peserta BPJS harus menghabiskan waktu sampai berjam-jam di kantor BPJS untuk menunggu giliran daftar.

cara daftar bpjs secara online


Ini tentu kurang efektif, oleh karena itu pemerintah menyediakan layanan lain berupa pendaftaran secara online yang bisa diakses dimanapun. sehingga dengan adanya layanan pendaftaran online ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat setiap warga negara indonesia untuk menjadi anggota BPJS dan mendapatkan kartu BPJS tanpa harus datang ke kantor BPJS setempat.

Ketentuan Pendaftaran BPJS Secara Online

Siapapun anda bisa menggunakan layanan pendaftaran online dengan memperhatikan ketentuan sebagai berikut:

Harap diperhatikan, berdasarkan informasi dari situs resmi BPJS kesehatan tentang pendaftaran online menyatakan bahwa pendaftaran Online baru bisa dilakukan jika anggota keluarga yang tercatat di kartu keluarga semuanya belum ada yang menjadi anggota BPJS, dalam artian setiap anggota keluarga yang tercantum di Kartu keluarga (KK) semuanya belum menjadi peserta BPJS.

Namun jika ada salah satu saja anggota keluarga yang tercantum di KK sudah menjadi peserta BPJS, maka pendaftaran online tidak bisa dilakukan, pendaftaran tetap harus datang langsung ke kantor BPJS setempat dengan membawa syarat-syarat yang diperlukan.

Cara Daftar BPJS Kesehatan secara Online

Jika kebetulan anda dan seluruh keluarga anda belum menjadi anggota bpjs maka anda bisa menggunakan pendaftaran secara online tanpa harus datang ke kantor BPJS.

Syarat Daftar BPJS secara Online

Berikut syarat yang harus anda persiapkan untuk melakukan pendaftaran BPJS secara online:
a.  Siapkan kartu Keluarga (KK)
Semua anggota keluarga yang sudah tercatat di kartu keluarga harus didaftarkan menjadi anggota bpjs tanpa terkecuali.

b. Siapkan KTP setiap anggota keluarga
Ini untuk referensi melengkapi biodata setiap pendaftar yang harus anda masukan di formulir pendaftaran.

c. Siapkan Foto setiap anggota keluarga
Foto harus discan terlebih dahulu (kapasitas maksimal tidak boleh lebih dari 50 kb), siapkan foto berwarna menarik untuk setiap anggota keluarga yang tercantum di KK.

d. No. Rekening bank (BNI, BRI atau Mandiri)
No Rekening bank digunakan untuk membayar iuran BPJS pertama, jika anda kebetulan tidak punya rekening bank anda bisa menggunakan rekening bank saudara atau siapapun yang anda percaya, data rekening (nama bank, pemilik rekening dan no rekening) nanti harus anda masukan di formulir pendaftaran.

e. Komputer yang sudah terhubung dengan baik ke internet
Jangan lupa siapkan komputer yang sudah terhubung ke internet. 

Prosedur langkah-langkah daftar BPJS Kesehatan Secara Online

Setelah syarat diatas anda persiapkan, langkah berikutnya adalah melakukan pendaftaran bpjs secara online, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah #1 - Buka situs resm BPJS kesehatan  (http://www.bpjs-kesehatan.go.id)

Langkah #2 - Buka halaman untuk mendaftar (pilih menu layanan > pendaftaran peserta) atau melalui menu sebelah kiri pilih pendaftaran online atau klik disini

Pendaftaran online BPJS



Langkah #3 - Akan tampil halaman pertama pendaftaran seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Pendaftaran bpjs kesehatan 1

Silahkan centang pilihan "Saya menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan", kemudian tekan tombol "Pendaftaran" untuk ke halaman berikutnya:



Langkah #4 - Pada halaman berikutnya silahkan anda pilih jenis kepesertaan, masukan No. Kartu keluarga dan juga captcha, kemudian tekan tombol "Inquery Kartu Keluarga"


Denan menekan tombol Inquery kartu keluarga sistem akan menampilkan semua anggota keluarga sesuai dengan yang tercamtum di KK, dari mulai NIK, Nama, Tgl. Lahir dan hubungan keluarga.

Semua anggota keluarga yang tercantum di KK harus didaftarkan, kemudian tekan tombol "Proses Selanjutnya" yang terdapat di bawah formulir.

Langkah #5 - Di halaman berikutnya akan ditampilkan formulir yang berisi calon pendaftar secara otomatis dari sistem yang diperoleh dari dukcapil.

Formulir pendaftaran BPJS Online
Silahkan lengkapi data yang diminta, seperti NPWP, No HP, alamat  faskes dan data lainnya, jangan lupa masukan juga data No. Rekening, Nama Bank dan pemegang rekening bank.
Kemudian masukan juga Email yang masih aktif juga nomor handphone anda yang masih aktif.

# Harap Perhatikan !

Ketika memilih Faskes tk1 pilihlah faskes yang paling dekat dengan dengan rumah anda, dan ketika memilih kelas sesuaikan dengan kemampuan finansial anda, karena anda dan juga anggota keluarga yang anda daftarkan akan dibebankan iuran bulanan yang besar kecilnya akan sesuai dengan kelas yang diambil.

Silahkan Baca:
Apa itu Faskes tingkat 1
Fasilitas dan Biaya BPJS Kelas 1,2 dan 3

Pastikan data yang yang diisi sudah benar.

Jika semua data sudah diisi dengan benar kemudian silahkan tekan tombol "Kirim Email" yang terletak di bagian bawah formulir.

Langkah #6 - Sistem BPJS akan mengirim pesan Notifikasi ke email anda yang harus anda konfimasi.

Email notifikasi pendaftaran BPJS

Silahkan Buka Email Anda dan lakukan konfirmasi dengan menekan link aktivasi yang terdapat di pesan Email dari Admin BPJS tersebut.

Isi email notifikasi pendaftaran BPJS kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

isi email notifikasi pendaftaran BPJS Online

Untuk mengaktifkan pendaftaran BPJS anda, silahkan tekan link Aktivasi Pendaftaran seperti terlihat pada gambar diatas.

Dengan mengklik link Aktivasi, anda akan di bawa ke halaman aktivasi situs BPJS, silahkan masukan data yang diminta seperti kode captcha kemudian tekan tombol Aktivasi, maka akan tampil seperti tampilan gambar di bawah ini:

Halaman aktivasi pendaftaran bpjs online


Langkah #7 - Silahkan Download File PDF untuk masing-masing Nama anggota Kelurga kemudian Print, untuk referensi melakukan pembayaran iuran pertama BPJS anda.

cetak virtual account

Kemudian silahkan anda lakukan Pembayaran melalui mesin ATM dari rekening bank yang anda daftarkan di BPJS ke rekening bank yang sudah bekerja sama dengan BPJS (BNI, BRI, Mandiri), sesuai dengan informasi di virtual account yang sudah anda cetak.

Langkah #8 - Setelah pendaftaran dilakukan, kemudian kembali buka email anda, dan klink link aktivasi. untuk melihat status pembayran anda dan untuk mencetak kartu BPJS Anda.

Cetak Kartu BPJS online
Peserta yang sudah membayar, Dokumen cetak e-ID akan tampil dan siap untuk dicetak, sedangkan untuk yang belum membayar kolom Cetak e-ID akan berisi tulisan  (Belum membayar iuran) seperti terlihat pada gambar diatas.

Jika Dokumen cetak e-id sudah muncul silahkan anda download kemudian print kartu BPJS Anda.

Jatuh Tempo Pembayaran Iuran Pertama?

Agar anda bisa mencetak E-ID atau kartu BPJS dari pendaftaran online anda maka anda harus segera melakukan pembayaran iuran pertama anda.

BPJS memberikan kesempatan minimal 14 hari maksimal sampai 30 hari untuk anda sesegera mungkin melakukan pembayaran iuran pertama bpjs anda setelah anda melakukan pendaftaran, anda bisa membayarnya melalui ATM yang sudah ditunjuk oleh BPJS (BNI, BRI atau Mandiri).

Jika pembayaran pertama anda masih belum anda lakukan setelah jatuh tempo diatas, maka akun pendaftaran bpjs anda akan di cancel, dan anda harus melakukan pendaftaran kembali dari awal.

Pembayaran iuran BPJS berikutnya jangan sampai terlambat, setiap bulan sebelum tanggal 10 anda harus sudah membayar iuran bulanan BPJS jika terlambat maka anda bisa terkena denda.

Informasi lengkap tentang hal-hal yang bekaitan dengan iuran bpjs bisa anda baca disini

Antisifasi Error Sistem

Terkadang bisa saja terjadi pendaftaran online tidak berjalan sebagaimana mestinya dan mungkin saja terjadi kesalahan-kesalahan non teknis pada pendaftaran online anda.

Jika terjadi kejadian-kejadian yang tidak diharapkan dengan pendaftaran anda, maka anda harus langsung datang ke kantor BPJS setempat dan laporkan keluhan tentang pendaftaran anda. mereka akan siap membantu dengan senang hati.

Itulah Artikel tentang panduan langkah-lamangh cara daftar BPJS secara online semoga bermanfaat.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!