-->

Kapan Kartu BPJS bisa digunakan setelah mendaftar?

Ini mungkin menjadi pertanyaan banyak orang, apakah kartu bpjs yang baru dimiliki bisa langsung digunakan?, jika tidak berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai kartu tersebut aktif dan siap untuk digunakan?

Memang ada beberapa perubahan peraturan terkait kepemilikan kartu bpjs setelah mendaftar, peraturan bpjs yang dulu memberlakukan kartu baru langsung bisa digunakan, namun karena banyaknya penyalahgunaan kartu, yaitu banyak sekali yang memanfaatkan layanan BPJS pada saat diperlukan saja, banyak yang langsung menjadi peserta bpjs dadakan pada saat pasien sakit dan merasa memerlukan bantuan keringanan pembiayaan dari bpjs.

Parahnya lagi setelah kepentingan mereka terpenuhi mereka mangkir dari kewajiban iuran bulanan yang mestinya harus selalu mereka bayar, sehingga setelah pasien dilayani dirumah sakit dan mendapatkan tanggungan dari bpjs, mereka lepas begitu saja tidak membayar iuran bpjs dan seolah-olah menghentikan kewajiban iuran bulanan bpjs mereka.

masa aktif kartu bpjs setelah mendaftar


tentu ini diantisifasi oleh pemerintah sehingga untuk saat ini dikeluarkannya peraturan baru tentang masa aktif kartu setelah membayar.

Kartu BPJS Baru bisa digunakan 14 hari setelah mendaftar

Aturan baru  ini dijelaskan pada peraturan Nomor 1 Tahun 2015 BPJS Kesehatan tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pembayaran Iuran Bagi Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Bukan Pekerja.

Kebijakan tersebut sudah berlaku mulai 1 Juni 2015. sekaligus memberikan petunjuk mengenai masa aktif karu bpjs setelah pendaftaran, dengan adanya aturan tersebut maka setiap peserta baru yang sudah mendapatkan karu bpjs harus menunggu paling cepat 14 hari setelah registrasi untuk dapat menggunakan layanan bpjs tersebut.

Seperti apa prosedurnya?

Prosedur dari mulai calon peserta melakukan daftar sampai mendapatkan kartu bpjs dan kartu bpjs aktif serta bisa digunakan adalah sebagai berikut:

a. peserta harus melakukan pendaftaran baik menggunakan layanan pendaftaran BPJS online maupun dengan mendaftar bpjs secara langsung ke kantor bpjs setempat dengan membawa persyaratan pendaftaran bpjs.

b. Peserta akan dilayani dan data akan diinput, peserta akan mendapatkan no. virtual account, no referensi untuk membayar iuran pertama.

c. Iuran pertama setelah melakukan pendaftaran dan mendapatkan No. Virtual Account harus segera dibayar sebelum 14 hari jika tidak maka pendaftaran akan di cancel dan harus mendaftar lagi dari awal, 

Pembayaran iuran pertama setelah menerima no virtual account bisa dilakukan di ATM bank yang ditunjuk oleh BPJS (bank BNI, BRI, mandiri) atau di (alfamart, indomart dan kantor pos).

Kartu bisa langsung diambil setelah melakukan pembayaran, tapi kartu tidak akan langsung aktif jika belum 14 hari dihitung sejak saat peserta mendapatkan no virtual account (setelah selesai mendaftar).


BPJS memberlakukan itu dikarenakan ingin mendidik masyarakat agar segera melakukan pendaftaran BPJS dan tidak harus menunggu sakit terlebih dahulu,

Aturan ini dapat meminimalisir peserta bpjs dadakan yang hanya memanfaatkan layanan bpjs ketika diperlukan saja.

Bagaimana cara memastikan bahwa kartu sudah aktif?

Setelah anda mendapatkan kartu bpjs dan anda sudah menunggu selama 14 hari, tentu saja anda harus bisa memastikan bahwa kartu bpjs anda sudah diaktifkan dan sudah bisa anda gunakan untuk berobat.

Ada banyak cara untuk mengecek kartu bpjs anda apakah sudah diaktifkan atau masih belum aktif.

Anda bisa datang langsung ke kantor bpjs setempat dan menanyakan langsung atau anda bisa mengeceknya melalui layanan bpjs online.

BPJS menyediakan layanan khusus yang bis anda gunakan untuk mengecek status kartu anda,

langkah-langkah cek aktif/tidaknya kartu bpjs anda melalui layanan sms gateway adalah sebagai berikut:

NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
Contoh       : NOKA 0001260979209
Kirim ke      : 087775500400

Dengan format sms diatas maka anda akan mendapatkan informasi biodata BPJS untuk peserta yang bersangkutan beserta status kepesrtaan, diantaranya, no bpjs, faskes tk1, status, golongan dan informasi bpjs lainnya.

Menjadi anggota BPJS adalah wajib bagi seluruh warga negara indonesia, oleh karena itu anda sebaiknya sejak dini melakukan pendaftaran menjadi peserta BPJS, tanpa harus menunggu sakit. ketika anda memerlukannya anda tinggal menggunakannya.

Jika anda merasa berat dan tidak mampu membayar terkait dengan kemampuan finansial anda, anda tentu bisa menjadi peserta BPJS PBI (Penerima bantuan Iuran), sehingga iuran bulanan sepenuhnya akan dibiayai oleh negara.
loading...

19 Responses to "Kapan Kartu BPJS bisa digunakan setelah mendaftar?"

  1. Misal saya daftar hari ini akhir agustus nah iuran pertama saya nnt kan dibayar 14h+ jd di september ,nah itu brti masuk iuran bulan sept ya apa masuk agustus jd nnt september bayarnya dobel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adanya peraturan baru pembayaran iuran pertama adalah setelah 14+

      Jika ibu mendaftar akhir agustus maka pembayaran iuran pertama adalah di bulan september itu adalah untuk pembayaran untuk agustus, kemudian selanjutnya untuk pembayaran bpjs bulan september nanti dibayar di bulan oktober paling lambat sampai tanggal 10 bulan yang bersangkutan, begitu seterusnya.

      Jadi di bulan september ibu hanya 1 kali membayar untuk bulan agustus karena ibu mendaftar di bulan agustus, sedangkan untuk bulan september di bayar di bulan berikutnya

      Delete
    2. Oh ya tambahan, jika pendaftaran di awal bulan misal awal bulan agustus, dan iuran pertama masih di bulan agustus maka iuran itu untuk bulan agustus, dan iuran berikutnya di bulan september itu untuk bulan september, oleh karena itu sebaiknya pendaftaran harus diperhitungkan, daftarlah setidaknya pembayaran iuran pertama tidak sampai harus dibayar di akhir bulan karena akan sangat dekat sekali dengan pembayaran di bulan kedua berikutnya.

      Delete
  2. Perhitungan kartu aktif setelah 14 hari di kalender atau 14 hari kerja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bukti pembayaran pertana saya hilang, bagainana cara ny agar sy bisa mendapatkan kartu bpjs?

      Delete
    2. Jika iuran pertama sudah dibayarkan, berarti kepesertaan sudah aktif, silahkan bayar iuran kedua dan bawa bukti pembayaran untuk mengambil kartu.

      Atau bisa langsung data ke kantor bpjs untuk mengambil kartu, bawa kk dan ktp silahkan utarakan permasalahannya,pihak bpjs akan memeriksanya.

      Delete
  3. Saya daftar akhir agustus mau bayar 13september kok gk bisa...
    Data tidak dtemukan atau belum waktu bayar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam umumnya pembayaran dilakukan setelah 14 hari sejak mendaftar, sebaiknya coba tunggu, beberapa hari lagi lalu coba bayarkan, semoga bisa.

      Delete
  4. saya kemarin mendaftar bpjs baru dan mendapat sms tentang no. VA untuk membayar pada tanggal 27 okt 2017 sampai 12 nov 2017. saya berencana membayar lewat atm .apakah memang harus menunggu waktu yg ditentukan atau kah bisa sblm waktu tsb. mohon pencerahannya.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus menunggu waktu yang telah ditentukan, karena biasanya bpjs sedang mengolah data peserta yang bersangkutan.

      Biasanya jika dibayarkan sebelum jadwal yang telah ditentukan statusnya tidak dikenal

      Delete
  5. Akhir juli saya bkin bpjs ..tgl 14 -18 pembayaran. Saya sudah bayar tapi blm dpt kartunya.. Gimana yaa?? Ktnya skrng krm via pos. Apa benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar BPJS Bia care center 1500400 kartu kis / bpjs akan dikirim via pos, jika tidak kunjung datang bisa diambil ke kantor bpjs dengan membawa bukti pembayaran iuran pertama.

      Delete
  6. Saya daftar bpjs thn 2015 lalu, tapi dalam 1 kk saya hanya mengaktifkan satu saja karna darurat. Sekarang saya ingin mengaktifkan yg lainnya dengan VA akun yg dulu apakah masih bisa. Atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mendaftarkan anggota keluarga lainnya dalam 1 KK, banap/ibu bisa datang ke kantor BPJS dengan membawa persyaratan:
      -FC KK terbaru
      -FC KTP masing-masing anggota keluarga
      -Photo 3x4 kecuali balita
      -Mengisi formulir pendaftaran untuk masing-masing anggota keluarga
      -Memiliki rekening bank (FC buku tabungan) BNI/BRI atau Mandiri jika ingin mengambil kelas I atau 2

      Semua anggota keluarga di KK harus didaftarkan

      Delete
  7. Ayah saya daftar BPJS, namun kartu bpjs tidak pernah keterima walaupun sudah bayar 3 kali, setelah 3 kali bayar tidak pernah lagi dibayar karena kartu tidak pernah datang. Sekarang ayah saya mau menggunakan kartu bpjs nya buat rawat inap. Apakah setelah melunasi tunggakan, bisa langsung dipergunakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kartu tidak datang bisa diambil ke kantor bpjs setempat atau bisa contact care center bpjs 1500400 untuk mendapatkan informasi mengenai permasalahan tersebut.

      Tidak dibayar berarti akan muncul tunggakan dan kepesertaan menjadi tidak aktif.

      setelah tunggakan dilunasi kartu akan aktif kembali, namun perlu diperhatikan, jika setelah kartu aktif dan sebelum 45 hari sejak kartu aktif peserta menjalani rawat inap maka peserta akan terkena denda rawat inap tingkat lanjut.

      Delete
  8. saya daftar bpjs tgl 24 okt,pbayaran pertama tgl 5 nov.apa setelah dibayarkan lgs bs mendapat kartu dan sdh bisa digunakan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika iuran pertama sudah dibayarkan, kartu akan aktif dan bisa langsung digunakan untuk mendapatkan pelayanan keseahtan yang dijamin BPJS.

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel