Pahami Alur Rujukan berobat dengan BPJS agar anda tidak salah

Sebagai peserta BPJS sebaiknya anda memahami dan mengerti cara kerja pelayanan atau alur rujukan ketika berobat dengan BPJS agar anda tidak salah ketika melakukan pengobatan menggunakan BPJS.
Banyak masyarakat yang tau BPJS hanya sekedar bahwa BPJS itu bisa membantu biaya pengobatan mereka namun sayangnya mereka tidak tau cara kerjanya seperti apa.

Perlu anda kethaui, Pelayanan BPJS menggunakan sistem berjenjang, artinya jika anda ingin berobat menggunakan layanan BPJS maka anda tidak bisa langsung berobat ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakita atau poliklikik yang anda inginkan, tapi yang harus anda lakukan pertama kali adalah mendatangi fasilitas kesehan tingkat pertama.

Memahami alur rujukan cara berobat dengan bpjs
 

Apa itu fasilitas kesehatan tingkat pertama?

Fasilitas kesehatan tingkat pertama atau biasa disingkat sebagai faskes tk1 adalah fasilitas kesehatan seperti poliklinik, puskesmas atau dokter pribadi yang anda pilih sebagai fasilitas kesehatan yang harus anda kunjungi pertama kali ketika melakukan pengobatan menggunakan layanan BPJS.

Ingat fasilitas kesehatan ini anda yang memilihnya ketika pertama kali melakukan penddaftaran BPJS, dan sebaiknya fasilitas kesehatan tk pertama yang anda pilih adalah fasilitas kesehatan yang benar-benar dekat dengan rumah anda dan memiliki fasilitas yang cukup baik.

Fasilitas kesehatan akan tercantum di kartu BPJS, jadi anda harus paham ketika melihat data faskes tk1 di kartu BPJS anda, itu adalah fasilitas kesehatan yang harus anda kunjungi pertama kali ketika melakukan pengobatan menggunakan layanan BPJS.

Bagaimana Prosedur dan cara kerja rujukan BPJS?

Prosedur berobat dengan bPJS jika harus dideskripsikan sebenarnya cukup sederhana namun pada kenyataannya dilapangan akan cukup memakan waktu dan tenaga apalagi saat ini hampir semua pasien di fasilitas kesehatan ke 1, seperti puskesman poliklinik dan faskes lainya didomonasi oleh peserta BPJS.

Ketika anda memutuskan untuk berobat menggunakan layanan BPJS maka ingat yang pertama kali harus anda kunjungi adalah fasilitas kesehatan yang tertera di kartu BPJS anda, lihat untuk label faskes tk1, itu adalah fasilitas kesehatan yang harus anda datangi pertama kali

Sebaiknya ketika berobat anda membawa kartu BPJS anda dan juga fotocopynya untuk antisifasi bilamana diminta.

Jika penyakit anda dapat ditangani di faskes tingkat satu maka anda cukup hanya akan dilayani difaskes tingkat 1, namun jika penyakit yang anda alami tidak bisa ditangani di faskes tk1, maka faskes tk1 akan menerbitkan surat rujukan untuk anda.

Biasanya mereka akan menawarkan tempat rujukan ke faskes tingkat 2, yaitu ke rumah sakit umum daerah yang sudah bekerjasama dengan BPJS, dirumah sakit tersebut anda akan dilayani sebagai pasien BPJS atas rujukan faskes tk1, jika dirumah sakit umum daerah peyakit anda masih tidak tertangani maka rumah sakit umum daerah akan memberikan rujukan ke rumah sakit provinsi, biasanya RSCM di jakarta.

Bagaimana dengan Kondisi Gawat Darurat?

Ada pengecualian untuk pasien Gawat darurat BPJS , jika pasien perlu dilayani di unit gawat darurat maka pasien rujukan berjenjang tidak berlaku untuk pasien gawat darurat, pasien gawat darurat bisa langsung datang ke unit gawat darurat rumah sakit dimanapun berada.

Jika rumah sakit yang bersangkutan bukan rumah sakit rujukan BPJS biasanya pasien akan dipindahkan ke rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS ketika kondisi pasien memungkinkan untuk dipindahkan.

Setiap rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS, team BPJS selalu disiapkan di unit gawat darurat untuk mempermudah pasien gawat darurat agar bisa dilayani dengan BPJS.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!