Pelayanan kesehatan di Faskes tk1 yang ditanggung BPJS


Ketika anda ingin berobat menggunakan kartu BPJS kesehatan maka yang harus anda datangi pertama kali adalah faskes tk1 yang tertera di kartu BPJS anda. Yang tergolong ke dalam fasilitas kesehatan tingkat satu adalah puskesmas, poliklinik, dokter gigi, dokter pribadi.

Di fasilitas kesehatan tingkat satu sebenarnya semua biaya layanan kesehatan sepenuhnya akan ditanggung oleh BPJS, artinya anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Tapi pada kenyataannya ada beberapa fasilitas kesehatan tingkat pertama yang memperlakukan pasien BPJS tidak sesuai dengan prosedur, pasien BPJS masih dipungut biaya untuk beberapa pelayanan kesehatan yang seharusnya ditanggung oleh BPJS.

pelayanan kesehatan faskes tingkat 1 yang ditanggung bpjs

Di artikel kali ini saya akan informasikan kepada anda mengenai layanan kesehatan di faskes tingkat satu yang ditanggung oleh BPJS, sehingga jika ada pungutan terhadap jenis pelayanan tersebut anda bisa melaporkannya secara langsung ke kantor BPJS agar ditindaklanjuti.

Daftar Pelayanan kesehatan di faskes tk 1yang ditanggung oleh BPJS

Berikut pelayanan kesehatan yang dijamin BPJS Kesehatan di faskes 1 :
  • Administrasi pelayanan
  • Pelayanan promotif dan preventif, promotif adalah suatu rangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan. Contoh upaya promotif adalah penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sedangkan preventif adalah upaya pencegahan terhadap timbulnya suatu penyakit, salah satu contohnya adalah pengolesan flour pada gigi.
  • Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis,
  • Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif (operasi maupun non operasi),
  • Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai,
  • Pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium tingkat pertama,
  • Pemeriksaan ibu hamil, nifas, ibu menyusui dan bayi,
  • Upaya penyembuhan terhadap efek samping kontrasepsi termasuk penanganan komplikasi KB paska persalinan
  • Rehabilitasi medik dasar.


Selama anda daftar sebagai pasien BPJS di fasilitas kesehatan dan anda mengikuti prosedur yang benar dengan datang ke fasilitas kesehatan sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS anda maka pelayanan kesehatan sepenuhnya gratis dan akan ditanggung oleh BPJS.

Jika anda masih menemukan ada fasilitas kesehatan yang memungut biaya dari anda atas pelayanan kesehatan di atas, maka anda bisa melaporkan fasilitas kesehatan tersebut ke pihak BPJS.

 Itulah informasi tentang Pelayanan kesehatan di Faskes tk1 yang ditanggung BPJS, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda terutama terkait pelayanan pasien bpjs.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!