Biaya yang ditanggung BPJS Kesehatan Kelas 1, 2 dan 3

Biaya yang ditanggung BPJS Kesehatan Kelas 1, 2 dan 3 - Setiap warga negara indonesia mau tidak mau harus menjadi peserta BPJS tanpa terkecuali, tua muda, pria wanita dewasa anak-anak bahkan bayi yang masih berada di dalam kandunganpun jika dikehendaki bisa menjadi peserta BPJS, tujuannya adalah tentu saja untuk menjamin kesehatan warga negara indonesia.
Peserta BPJS memiliki kewajiban harus membayar biaya iuran bulanan, kecuali untuk peserta BPJS PBI (Peserta Bantuan Iuran), peserta pbi tidak harus mengeluarkan biaya karenaakan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah melalui dinas sosial, namun selain peserta BPJS PBI maka peserta memiliki kewajiban harus membayar iuran bulanan yang besarnya sangat ditentukan oleh jenis kepesertaan dan juga kelas BPJS yang di ambil.

biaya kelas 1 2 3 bpjs kesehatan

BPJS sendiri memiliki 3 kategori kelas yaitu kelas 1, kelas 2 dan juga kelas 3, yang membedakan ke 3 kelas tersebut adalah, besar kecilnya biaya iuran bulanan (premi) yang harus dibayar oleh masing-masing peserta dan juga tarif INA CBGS.

Kelas 1 iuran bulannya paling besar daripada kelas lainnya, tapi mendapatkan kelas perawatan paling baik, ruang rawat inap kelas 1 ketika peserta harus dirawat di rumah sakit.

Pemerintah membagi kategori kelas  BPJS menjadi 3 kelas tujuannya adaah agar masyarakat bisa memilih kelas yang sesuai dengan kemampua finansialnya.

Biaya Bulanan dan fasilitas Peserta PJS kelas 1, 2 dan 3

Yang membedakan anatara bpjs kelas 1, 2 dan 3 adalah sebagai berikut:

a. Besarnya iuran bulanan yang harus dibayar
Umumnya kelas satu lebih mahal diikuti kelas 2 dan 3. Pertanggal 12 maret 2016, iuran bulanan yang harus di bayar oleh peserta BPJS sudah mengalami kenaikan.

b.Fasilitas kamar perawatan,
Kamar perawatan akan disesuaikan dengan kelas yang diambil

c. Tarif INACBGS
INA CBGS (Indonesia case base groups) adalah pengelompokan tarif standar paket,berdasarkan diagnosa penyakit si pasien ketika pasien di rawat inap. Tarif ini adalah tarif yang digunakan oleh pihak rumah sakit untuk melakukan claim ke pihak BPJS, Biasanya tarif kelas 1 lebih mahal diikuti tarif kelas 2 dan kelas 3.

Selain ketika ponint di atas setiap peserta mendapatkan pelayanan dan perlakuan yang sama.

Rincian lengkap iuran bulanan dan fasilitas ruang rawat inap untuk peserta kelas I, II dan III adalah sebagai berikut:

Kelas 1

Iuran Bulanan:
Untuk kelas 1, iuran bulanan yang harus dibayar awalnya Rp. 59.500 menjadi Rp. 80.000

Fasilitas:
Peserta BPJS kelas 1 akan mendapatkan fasilitas kamar rawat inap kelas 1, biasanya ruangan rawat inap dengan 2 sampai 4 kamar tidur.

Kelas 2 

Iuran Bulanan:
Peserta BPJS Kelas 2, biaya bulanan mengalami kenaikan, awalnya Rp. 42.500 menjadi Rp. 51.000

Fasilitas:
Peserta BPJS kesehatan kelas 2 akan mendapatkan fasilitas kamar rawat inap kelas 2,  ruangan rawat inap yang terdiri dari 3 sampai 5 bed di setiap ruangan.

Kelas 3

Iuran Bulanan:
Peserta BPJS Kelas 3, juga mengalai kenaikan, awalnya Rp. 25.500 menjadi Rp. 30.000

Fasilitas:
Sedangkan untuk Peserta BPJS kesehatan kelas 3, akan mendapatkan faslitas kamar rawat inap kelas 3, pada umumnya akan memiliki bed dari 4 sampai 6 bed tiap kamar.


Untuk peserta sebaiknya dipikirkan baik-baik ketika melakukan pendaftaran agar dapat memilih kelas yang sesuai dengan kemampuan peserta yang bersangkutan, karena sekali lagi kelas yang diambil akan menentukan besar-kecilnya kewajiban iuran bulanan yang harus di bayar.

Jika dikemudian hari peserta ingin pindah kelas BPJS (naik kelas atau turun kelas) tetap bisa dilakukan sesuai dengan syarat atau prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Itulah uraian singkat tentang Biaya yang ditanggung BPJS Kesehatan Kelas 1, 2 dan 3, semoga membantu
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!