Cara Merubah faskes tk1 BPJS Secara Online - syarat dan prosedur

Sebelumnya saya pernah menyajikan artikel tentang cara pindah faskes tk1 lengkap dengan syarat dan prosedurnya,  di artikel tersebut sudah cukup jelas diuraikan cara mengganti faskes tk1 lengkap dengan syarat dan prosedurnya.

Tapi sepertinya masih banyak pertanyaan yang saya temukan dibeberapa forum dan juga media sosial tentang penggantian faskes ini, terutama menyangkut cara menggnti atau merubah faskes secara online.


Faskes tk1 atau fasilitas kesehatan tingkat 1 atau bisa disebut juka FTKP (fasilitas kesehatan tingkat pertama) adalah fasilitas kesehatan seperti puskesmas, poliklinik, dokter pribadi atau dokter gigi, yaitu fasilitas kesehatan yang harus dikunjungi pertama kali ketika peserta bpjs ingin berobat menggunakan layanan bpjs.

Pada dasarnya faskes tk1 tercatat di kartu bpjs dengan label faskes tk1, dan nama faskes tk1 ini ditentukan oleh peserta bpjs yang bersangkutan ketika membuat kartu bpjs.

Ada beberapa alasan peserta BPJS ingin merubah nama faskes tingkat 1 di kartu bpjs miliknya, bisa jadi karena faskes yang dipilih ternyata salah tidak sesuai keinginan, peserta pindah tempat tinggal di luar daerah atau faskes yang dipilih terlalu jauh dari rumah dan lain sebagainya.

Bisakah faskes tk 1  diganti?

Mengenai pindah atau ganti nama Faskes tentu saja bisa dilakukan, tapi dengan beberapa syarat sebagai berikut:

a. Faskses bisa diganti jika si peserta baru mendaftar dan belum melakukan pembayaran iuran bpjs pertama, anda bisa langsung kembali ke kantor bpjs untuk mengganti faskes.

b. Untuk Peserta lama, faskes baru bisa diganti manakala kepesertaan sudah 3 bulan atau lebih, faskes bisa diganti beberapa kali tapi rentang waktunya harus minimal 3 bulan dari penggantian faskes sebelumnya

Cara Merubah faskes tk1 secara online (saat ini masih belum tersedia)

BPJS memang memiliki situs resmi yang beralamatkan bpjs-kesehatan.go.id, situs tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan baik administratif maupun informatif yang bisa dilakukan secara online, misalnya untuk daftar bpjs dan lain sebagainya.

Sayangnya di situs tersebut belum disediakan fasilitas untuk mengganti faskes tk1 secara online, oleh karena itu, sampai saat ini cara mengganti faskes tk1 belum bisa dilakukan secara online.

Seperti yang dijelaskan oleh pihak bpjs, sebagai berikut:

untuk perubahan faskes tingkat I dapat dilakukan di kantor cabang BPJS Kesehatan setempat dengan mengisi Formulir Perubahan Data. Untuk saat ini kami belum menyediakan perubahan faskes secara online karena perubahan Faskes tingkat I dapat dilakukan apabila peserta sudah terdaftar minimal 3 bulan di Faskes tingkat I sebelumnya.

Bisa jadi seiring waktu perubahan fasekes akan bisa dilakukan secara online, tinggal menunggu waktu saja.

Jika anda ingin meruba faskes tk1 bpjs anda, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Anda harus datang langsung ke kantor cabang bpjs terdekat (artinya: penggantian fasekse tidak bisa dilakukan secara online).

2. Membawa Kartu BPJS.

3. Membawa kartu keluarga (KK)

4.  Mengisi Formulir perubahan faskes, bisa diminta di kantor bpjs yang bersangkutan.
Contoh formulir perubahan data termasuk pindah faskes bisa di download di bawah ini:
Download Formulir perubahan data bpjs

Perubahan faskes akan diproses oleh petugas bpjs dan anda akan dibuatkan kartu bpjs yang baru dengan nama faskes tk1 yang baru sesuai dengan yang anda minta.


Mohon diperhatikan:
Peraturan BPJS memberikan syarat kepada peserta yang ingin pindah faskes yaitu harus sudah terdaftar menjadi peserta BPJS minimal 3 bulan, alasanya karena BPJS membutuhkan data tetap selama periode tertentu untuk tujuan memudahkan perencanaan guna perbaikan program, melihat statistik jumlah pasien dalam satu faskes dan informasi lainnya yang sangat dibutuhkan guna evaluasi perbaikan program. sehingga peserta tidak diberikan kebebasan ketika ingin melakukan perpindahan faskes tingkat 1.

loading...

21 comments:

  1. untuk perubahan faskes tk 1 apakah pengajuan nya bisa di kuasakan kepada orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berkaitan dengan perubahan data sebaiknya tidak diwakilkan mas

      Delete
  2. Saya sudah mendaftar BPJS via on line, tapi belum pernah membayar, ingin melakukan perubahan faskes kls 1, turun menjadi kelas dibawahnya, bagaimana caranya? , apa bisa dgn online ? atau harus kemana , Bambang Tri Subagio. No Registrasi 367406180210006720161014165505

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perubahan data saat ini tidak bisa dilakukan secara online, harus datang langsung ke kantor bpjs.

      Pendaftaran jika dalam 30 hari sejak diterima virtual account iuran pertama tidak dibayar maka pendaftaran akan dicancel dan harus daftar lagi dari awal.

      Untuk yang sudah menjadi peserta bpjs, perubahan faskes baru bisa dilakukan minimal setelah 3 bulan dari perubahan faskes sebelumnya atau minimal setelah 3 bulan menjadi peserta

      Delete
  3. jika pindah dari jakarta ke depok, tapi peserta tidak mangganti ktp krna sdh ktp seumur hidup(alasannya) apakah bisa diterima oleh kantor bpjs?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan bapak sertakan surat keterangan domoisi dari RT RW setempat

      Delete
  4. Saya baru kmrn daftar anggota bpjs mandiri,tapi saya may ngganti fsakes tk 1 saya. Berarti saya bisa langsung ke kantor bpjs lagi ya,karena saya belum melakukan pembayaran sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di urus saja ke kantor BPJS jika belum melakukan pembayaran, jika sudah melakukan pembayaran pindah faskes harus menunggu 3 bulan

      Delete
  5. Knapa pindah faskes blum on line? Biar kits ga kna antri,waktu kits, sya daftar bisa online

    ReplyDelete
  6. Saya mendapatkan fasilitas BPJS dari kantor, namun ingin merubah faskes tk.1 apa bisa merubah di kantor cabang mana saja? atau harus ke kantor cabang tempat kantor kami mendaftar ?

    ReplyDelete
  7. Saya sudah pindah faskes sebelumnya apakah masih bisa pindah faskes lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindah faskes bisa dilakukan jika minimal sudah 3 bulan dari pindah faskes sebelumnya.

      Delete
  8. Klo bpjs saya bpjs yang dibayarkan bagaimana jikalau ingin pindah faskes mba? Saya sudah ke kantor bpjs terdekat tapi tidak bisa merubahnya..melainkan harus dari HRD Perusahaan tersebut.apa benar prosedurnya seperti itu? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk BPJS PPU selalu koordinasikan dengan HRD setempat

      Delete
  9. ibu saya sudah daftar bpjs lebih dr 3 bln & blm pernah digunakan karena salah saat pendaftaran lokasi faskes.. jika ingin di ganti apa bisa diwakilkan oleh saya anaknya dg membawa syarat2 atau harus ibu saya langsung ke kantor bpjs nya?? dan kapan bisa di gunakan lg kartunya? karena ibu saya kebetulan sedang sakit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diwakilkan saja, persyaratannya minimal kepesertaan harus sudah 3 bulan, tunggakan harus dilunasi, membawa ktp, kk, kartu bpjs asli dan mengisi formulir perubahan data kepesertaan, silahkan datang langsung ke kantor bpjs

      Delete
    2. Kartu akan langsung bisa digunakan

      Delete
  10. Saya mau tanya kak,kalo saya mau buat bpjs Di jakarta tapi ktp kampung bisa ga? Soalnya saya dan keluarga pindah ke jakarta, sebelumnya kami belom pernah buat bpjs, Teri makasih

    ReplyDelete
  11. Kalo mau buat bpjs di jakarta tapi ktp luar daerah bisa ga? Soalnya saya dan keluarg pindah kejakarta tapi ktp seumur hidup luar daerah,how?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, silahkan buat surat keterangan domisili dari RT/RW setempat sebagai pelengkap berkas persyaratan daftar agar bisa mengambil fakses di tempat tersebut.

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!