Tanya jawab Penting seputar perubahan Data kepesertaan BPJS

Untuk beberapa situasi dan kondisi data kepesertaan BPJS bisa saja mengharuskan untuk diubah, agar kartu BPJS tetap bisa digunakan dengan data yang benar.

Penggunaan layanan BPJS memang sangat tergantung sekali dengan faskes tingkat 1 yang tertera di kartu BPJS, namun karena ada beberapa hal, misalkan karena pindah domosili maka data faskes tersebut harus diubah agar kartu bisa tetap digunakan di tempat tinggal baru.

Dan masih banyak lagi hal lainnya yang menyebabkan data kepesertaan bpjs harus di ubah. di artikel kali ini saya akan uraikan beberapa pertanyaan seputar perubahan kepesertaan BPJS kesehatan.


Tanya jawab seputar perubahan data kepesertaan bpjs

Bagaimana cara mengurus Perubahan kepesertaan BPJS perusahaan yang pindah kerja dari perusahaan A ke perusahaan B ?

Jika karyawan yang sudah terdaftar bpjs kesehatan dikantor sebelumnya, tetapi skrg mau pindah bpjs ke kantor yang saat ini. Bagaimana tindakan selanjutnya ?

Pindah kerja dari perusahaan,  maka perusahaan tersebut pada umumnya akan mengurus laporan ke pihak bpjs bahwa untuk peserta X sudah resign, itu artinya si peserta sudah tidak lagi terdaftar sebagai peserta BPJS PPU (Peserta Penerima Upah) di perusahaan yang bersangkutan.

Apabila saat ini si Peserta bekerja di perusahaan baru, dan perusahaan baru ternyata sudah memberlakukan BPJS untuk setiap karyawannya maka disarankan untuk menunggu pendaftaran dari perusahaan baru. Karena sesuai Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2013 menjelaskan bahwa semua Badan Usaha wajib mendaftarkan pekerjanya.

Apabila perusahaan yang baru belum bekerjasama dengan BPJS, maka si peserta dapat melanjutkan pendaftaran sebagai Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) / Mandiri / perorangan dengan cara membawa :
1. Asli KTP elektronik
2. Asli KK
3. Foto masing - masing 1 ukuran 3x4 semua anggota keluarga
4. Buku rekening Bank BNI / BRI / Mandiri
5. Surat keterangan resign dari perusahaan sebelumnya / surat rekomendasi kerja
6. Kartu BPJS Kesehatan dari perusahaan lama

Pendaftaran Peserta Mandiri dilakukan oleh salah satu anggota keluarga yang terdaftar pada KK dan wajib mendaftarkan seluruh anggota keluarga pada KK dengan memilih hak kelas sama.

Bagaimana Cara Pindah Faskes tk1 karena beda wilayah provisnsi/kota atau kabuaten?

Ada 2 kasus ketika menginginkan pindah faskes, yang pertama pindah faskes masih dalam satu kota atau wilayah, yang kedua pindah faskes beda wilayah, beda provinsi atau beda kota.

Pindah faskes masih satu wilayah:
Untuk mengurus perubahan data faskes masih dalam satu wilayah, anda bisa langsung datang ke kantor bpjs setempat dimana anda berada dengan membawa :
  • Membawa kartu BPJS
  • dan mengisi formulir perubahan data

Lebih lengkapnya silahkan baca: cara pindah faskes tk1

Pindah faskes beda wilayah/provinsi:
Sedangkan Untuk pindah faskes karena pindah tempat tinggal beda wilayah, kota.kabupaten atau pindah provinsi, bisa langsung datang ke kantor BPJS yang berada di wilayah kota atau provinsi setempat dimana anda akan menetap dengan membawa persyaratan:
  • Fotocopy/Asli KK 
  • fotocopy KTP (tidak harus alamat baru)
  • Kartu BPJS
  • Mengisi formulir perubahan faskes
Bicarakan dengan pengurus BPJS setempat bahwa anda sudah pindah domosili, pihak bpjs akan melakukan perubahan data bpjs anda sesuai dengan tempat yang baru.

Bagaimana Cara Mengganti Data BPJS yang salah seperti data Alamat/Nama/Nama faskes tk1?

Data BPJS seharusnya sama dengan data identitas yang terdapat di KTP atau kartu keluarga, adakalanya bisa saja misalkan karena menggunakan pendaftaran bpjs secara online data yang anda masukan salah, maka untuk mengurusnya anda segera melapor dengan cara datang langsung ke kantor BPJS setempat dengan membawa perysaratan yang diperlukan seperti KTP, KK fc tabungan dan kartu BPJS jika sudah ada.


Bagaimana Mengurangi Tanggungan BPJS untuk Anggota Keluarga yang meninggal dunia?

BPJS mewajibkan setiap anggota keluarga yang terdapat di KK harus terdaftar menjadi peserta BPJS, tapi bagaimana jika ada anggota keluarga yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan meninggal dunia?

Sebaiknya jika ada anggota keluarga anda yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS meninggal dunia maka harus segera dilaporkan ke kantor BPJS setempat, agar anda tidak terus dibebani pembayaran iuran bulanan untuk anggota keluarga yang bersangkutan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca: prosedur penonaktifan kepesertaan BPJS karena meninggal dunia
loading...

8 comments:

  1. BPJS mewajibkan setiap anggota keluarga yang terdapat di KK harus terdaftar menjadi peserta BPJS, tapi bagaimana jika anggota keluarga yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan meninggalkan saya istri dan anak2 agar tagihan tidak menjadi beban saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus jelas statusnya bu, cerai atau meninggal, jika memang tidak menafkahi melebihi batas waktu yang telah ditentukan, bisa mengajukan cerai kepengadilan agar statusnya jelas.

      Setelah statusnya jelas baru bisa memperbaharui kartu keluarganya, bisa ikut lagi ke orang tua, atau memperbaharui kk yang ada.

      Jika kartu keluarga sudah diperbarui ibu bisa ajukan perubahan data ke kantor bpjs.

      untuk informasi lebih lanjut ibu bisa datang langsung ke kantor bpjs atau melalui call center 1500400

      Delete
    2. Callcenter bpjs 1500400 cuma mesin penjawab yg pada akhirnya dsuruh dtg langsung ke kantor bpjs... Bpjs bukan mmbantu rakyat tp akhirnya tetap mengutamakan profit...

      Delete
    3. Silahkan ajukan pengaduan di situs resmi pemerintah lapor.go.id agar ditindaklanjuti dan dibenahi

      Delete
  2. Orang tua sudah terlebih dahulu mendaftar di anggota tambahan kakah yang sudah menikah. Sedangkan saya dan adik baru mau mendaftar bpjs. Apakah bisa lewat online atau harus ke kantor bpjs?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Masih dalam 1 KK dan sudah ada anggota keluarga yang menjadi peserta, pendaftaran bpjs untuk anggota keluarga yang lain tidak bisa dilakukan secara online. silahkan datang langsung ke kantor bpjs dengan membawa berkas persyaratan:
      -KK
      -KTP
      -Foto 3x4
      -Rekeningbank jika ingin mengambil kelas 1 atau kelas 2, boleh menggunakan rekbank anggota keluarga yang lain

      Pendaftaran online hanya diperuntukan jika semua anggota keluarga yang terdapat di KK satu pun belum ada yang sudah menjadi peserta.

      Delete
  3. Apa saja syarat/berkas yang harus di bawa jika peserta bpjs mandiri Pindah alamat dan memiliki kartu keluarga (KK) baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat keterangan domisili dari rt/rw setempat.
      KK Lama
      KK Baru
      Kartu BPJS lama
      Mengisi formulir perubahan data kepesertaan di kantor bpjs

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!