-->

Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan yang hilang?

Bagaimana cara mengurus Kehilangan kartu BPJS? - Kartu BPJS kesehatan adalah kartu Identitas peserta BPJS Kesehatan yang harus selalu dijaga disimpan baik-baik jangan sampai hilang, karena jika hilang itu artinya anda akan kesulitan ketika ingin menggunakan layanan BPJS secara gratis.

Solusi jika kartu BPJS hilang adalah anda harus segera lapor ke kantor BPJS setempat dengan membawa kelengkapan syarat-syarat untuk mengurus kehilangan, pihak bpjs nanti akan mencetak kartu BPJS baru sebagai pengganti kartu anda yang hilang.

Memang meskipun sudah berusaha menjaganya dengan baik kartu BPJS terkadang karena penyebeb tertentu bisa saja hilang, seperti misalnya, terjatuh, lupa menyimpan, dan penyebab lainnya

Mengurus kartu bpjs yang hilang
Mengurus kartu bpjs yang hilang

Jika kebetulan anda mengalami kehilangan kartu BPJS, sebaiknya anda tidak perlu risau, yang harus segera anda lakukan adalah lapor ke pihak BPJS setempat dengan membawa kelengkapan persyaratan yang telah ditentukan, nanti pihak BPJS akan melakukan cetak ulang kartu BPJS anda untuk mengganti kartu BPJS anda yang hilang.

Syarat untuk Mengganti Kartu BPJS yang Hilang

Berikut adalah syarat-syarat yang harus anda bawa ke kantor bpjs untuk mencetak ulang kartu bpjs yang hilang atau rusak:

  1. Asli dan Fotocopy KTP
  2. Asli dan Fotocopy Kartu Keluarga atau KK
  3. Untuk kartu yang hilang anda harus membuat surat kehilangan dari kepolisian (polsek) setempat.
  4. Fotocopy kartu BPJS jika ada.

Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang

Jika kelengkapan persyaratan untuk mengurus kerusakan atau kehilangan kartu bpjs sudah lengkap, anda bisa datang langsung ke kantor BPJS setempat dengan membawa persyaratan di atas. langsung menuju bagian pengaduan, nanti pihak BPJS akan membuat cetakan baru untuk kartu BPJS anda yang hilang atau rusak tersebut dengan data-data yang sama dengan kartu lama anda.

Waktu yang dibutuhkan sampai 1 hari, atau hari itu juga bisa selesai jika antrian di kantor BPJS tidak banyak.


Bagaimana jika kondisi anda sedang di luar kota

Bisa saja terjadi ketika anda diluar kota kartu bpjs yang ingin anda gunakan hilang atau rusak padahal kartu tersebut ingin anda gunakan

Jika terjadi kehilangan kartu di luar kota, anda bisa mengurusnya ke kantor BPJS terdekat dimana anda berada pada saat itu dengan membawa syarat-syarat di atas, untuk membuat laporan kehilangan anda bisa membuat di kantor kepolisan terdekat di kota dimana anda berada.

Saran:
  • Sebaiknya kartu BPJS dijaga baik-baik jangan sampai hilang atau rusak, karena mengurus kehilangan atau kerusahakan kartu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
  • Jika kartu hilang segeralah urus ke kantor bpjs setempat agar segera dibut cetak baru untuk penggantinya.
  • Fotocopy kartu BPJS anda secukupnya.

Demikian informasi tentang cara mengurus kartu BPJS yang hilang atau rusak, semoga membantu.
loading...

0 Response to "Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan yang hilang?"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel