Cara Mudah Membayar Iuran Pertama BPJS Kesehatan

Untuk menjadi peserta BPJS kesehatan saat ini bisa dilakukan secara online maupun secara offline, daftar bpjs secara online baru dapat dilakukan jika seluruh anggota keluarga yang tertera di Kartu keluarga (KK) belum ada satupun yang menjadi peserta BPJS, jika tidak maka pendaftaran hanya bisa dilakukan secara offline dengan datang langsung ke kantor BPJS setempat.

Setelah melakukan pendaftaran Kepesertaan BPJS untuk peserta baru tidak akan langsung aktif sampai si peserta yang bersangkutan membayar iuran pertama sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, jika si peserta diindikasi tidak melakukan pembayaran iuran pertama sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka kepesertaan akan otomatis di batalkan dan peserta harus melakukan pendaftaran lagi dari awal.

cara mudah membayar iuran pertama bpjs kesehatan


Permasalahan yang sering terjadi ketika membayar iuran Pertama BPJS Kesehatan

Sampai saat ini masih banyak keluhan yang disampaikan oleh beberapa peserta baru ketika membayar iuran pertama BPJS kesehatan, terutama terkait dengan virtual account (VA) yang dinyatakan belum aktif atau tidak terdaftar, seperti beberapa keluhan di bawah ini yang dikutif dari beberapa sumber online:


  • Saya sudah mendapatkan virtual account melalui pendaftaran secara online dan virtual account dinyatakan aktif, tetapi ketika ingin melakukan pembayaran via ATM Virtual Account tersebut dinyatakan "Tidak terdaftar / Salah". 
  • Kenapa sampai dengan saat ini virtual acount yang saya terima masih belum aktif/terdaftar saat saya akan melakukan pembayaran pertama via ATM BNI


Penyebab Viartual Account (VA) dinyatakan tidak aktif atau tidak terdaftar ketika melakukan pembayaran Pertama?

Ketika anda melakukan pembayaran iuran pertama harap diperhatikan dengan seksama mengenai aturan dasar untuk pembayaran iuran pertama agar pembayaran bisa dilakukan, sebagai berikut:

1. Sejak 1 Juni 2015, BPJS Kesehatan telah memberlakukan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pembayaran Iuran bagi Peserta Pekerja Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Bukan Pekerja (BP).

2. Dalam peraturan tersebut iuran pertama paling cepat dapat dibayarkan setelah 14 (empat belas) hari kalender sejak calon peserta menerima nomor virtual account (VA) saat selesai melakukan proses pendaftaran, dan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender setelah menerima virtual account untuk mendapatkan hak dan manfaat jaminan kesehatan

Selama 14 hari tersebut BPJS Kesehatan melakukan proses administrasi kepesertaan, verifikasi data kependudukan, penyiapan fasilitas kesehatan tingkat pertama, dan penerbitan kartu peserta. Kartu Identitas Peserta BPJS Keseahtan dapat langsung digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan setelah diterbitkan/dicetak.


Berdasarkan aturan di atas sudah jelas bahwa pembayaran pertama baru bisa dilakukan paling cepat setelah 14 hari sejak mendapatkan nomor virtual account, dan paling lambat sampai 30 hari, jika tidak maka kemungkinan besar virtual account akan dinyatakan belum aktif atau tidak terdaftar.

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Iuran Pertama BPJS Kesehatan

Setelah anda selesai melakukan pendaftaran BPJS kesehatan, maka anda akan mendapatkan nomor virtual account (VA), nomor virtual account ini adalah nomor referensi yang mewakili setiap peserta BPJS untuk melakukan pembayaran iuran pertama BPJS, setiap peserta memiliki nomor virtual account unik, berbeda-beda.

Untuk melakukan pembayaran pertama, prosedurnya adalah sebagai berikut:

a. Lakukan pembayaran paling cepat 14 hari dan paling lambat 30 hari sejak menerima virtual account.

b. Catat/bawa virtual account yang sudah anda terima ketika hendak melakukan pembayaran.

c. Pembayaran dapat dilakukan di ATM Bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS (ATM BNI, BRI atau Mandiri), indomart/alfamart/alfamidi, kantor pos, ataupun loket PPOB lainnya.

d. Ketika proses pembayaran maka anda akan mendapatkan informasi nominal jumlah uang yang harus dibayarkan dan juga akan diminta memasukan Nomor Virtual Account. 

e. Simpan bukti pembayaran jangan sampai hilang.

Oh Ya, Harap diperhatikan, khusus untuk melakukan pembayaran via ATM (BNI, BRI atau Mandiri, sistemnya bukan transfer antar rekening seperti pada umumnya, tetapi menggunakan fasilitas khusus (menu khusus) yang sudah disediakan di mesin ATM yang bersangkutan.


Setelah pembayaran iuran pertama dilakukan, anda bisa menuju kantor BPJS tempat anda mendaftar dengan membawa bukti pembayaran untuk mencetak kartu  BPJS anda, atau jika pendaftaran dilakukan secara online, akan muncul secara otomatis link untuk mencetak kartu BPJS anda.


Harap diperhatikan sekali lagi, pembayaran iuran pertama tidak boleh melebihi rentang waktu 30 hari sejak nomor virtual account diterima, jika tidak maka pendaftaran harus dilakukan dari awal lagi, harus rela antri dan berdesak-desakan lagi.


Itulah informasi mengenai cara mudah membayar iuran pertama BPJS keseahtan, semoga membantu.
loading...

4 comments:

  1. Maaf saya mu tanya..saya bayar bpjs lewat indomart alfamart pembayaran listrik di bank sudah biasa lancar saja...tapi knap tadi saya bayar di manaput tidak bisa dan tulisanya nomer tidak terdaptar..knp itu ya...mohon bantuannya ....terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam pak
      Jika kasusnya untuk pembayaran iuran pertama, bapak harus menunggu 14 hari setelah menerima virtual account, baru lakukan pembayaran di hari ke 15 dst. tapi kika bukan iuran pertama dan pembayaran tidak bisa dilakukan sebaiknya lapor ke kantor bpjs setempat, barangkali ada kesalahan teknis terkait no peserta

      Delete
  2. Saya sudah daftar kelas 3 tapi selama virtual account saya DPT saya belum melakukan pembayaran sampai batas waktunya (30hari) klo saya daftar lagi tapi ambil kelas 2 (beda dengan pendaftaran awal) APA bisa?

    ReplyDelete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!