Nomor KK Tidak Ditemukan Pada Saat Daftar BPJS Online Bagaimana Solusinya?

Sebenarnya pendaftaran bpjs kesehatan secara online baru bisa dilakukan jika anggota keluarga yang tercatat di kartu keluarga belum ada satupun yang sudah menjadi peserta BPJS jika tidak maka pendaftaran harus dilakukan secara offline dengan cara datang langsung ke kantor BPJS setempat, dengan membawa syarat yang diperlukan.

Untuk daftar bpjs kesehatan kartu keluarga adalah salah satu syarat wajib yang harus dibawa, baik itu registrasi bpjs yang dilakukan secara online maupun offline.

Penyebab no kk tidak ditemukan saat daftar bpjs secara online

Sayangnya untuk pendaftaran BPJS secara online saat ini banyak sekali ditemukan kasus peserta tidak dapat melakukan pendaftaran bpjs karena disebabkan oleh Kartu keluarga tidak bisa ditemukan pada saat proses registrasi dilakukan, error atau kesalahan yang sering ditemukan adalah sebagai berikut:
"nomor kartu keluarga anda tidak ditemukan proses registrasi tidak bisa dilanjutkan"

Perlu diketahui bahwa sumber data Kartu Keluarga (KK) yang digunakan di aplikasi sistem pendaftaran BPJS adalah basis data di disdukcipil.

Error tersebut dikarenakan aplikasi pendaftaran bpjs tidak menemukan data KK yang sesuai dengan NO KK yang dimasukan yang terdapat di disdukcipil

Penyebab tidak ditemukan data kartu keluarga pada saat registrasi BPJS secara online

Berikut adalah beberapa penyebab kenapa data kk tidak ditemukan di aplkasi registrasi bpjs secara online:

1. Kmungkinan besar data KK yang bersangkutan  belum terdaftar di basis data disdukcapil.

2. Adanya maintenance server pada basis data disdukcapil, sehingga koneksi basis data terputus yang menyebabkan aplikasi pendaftaran bpjs online tidak bisa mengakses basisdata disdukcapil.

3. Masalah server disdukcapil sehingga data tidak bisa diakses.

Bagaimana solusinya?

Beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah ini adalah:

1. Melakukan konfirmasi ke disdukcipil terkait terkait no kartu keluarga untuk memastikan bahwa kartu keluarga sudah divalidasi

2. Datang ke disdukcapil untuk melakukan update data KK untuk divalidasi, kemudian mencoba kembali daftar BPJS secara online.

3. Jika setelah dilakukan beberapa langkah diatas tapi tetap tidak bisa mengakses kartu keluarga ketika melakukan pendaftaran BPJS secara online maka solusi terakhir adalah melakukan pendaftaran bpjs secara offline dengan datang langsung ke kantor BPJS setempat dengan membawa syarat-syarat daftar BPJS yang diperlukan.


loading...

3 comments:

  1. Bisa tidak jika jmlah anggota keluarga dalam kk ada 4 org tp hanya ingin mendaftar untuk 1 org? Dan apakah usia mempengaruhi besaran iuran bpjs?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam pak.
      Tidak bisa pak aturan terbaru 1kk harus didaftarkan menjadi peserta bpjs semuanya.

      KK adalah salah satu syarat wajib mendaftar bpjs, jika anggota keluarga di kk belum menjadi peserta bpjs maka harus didaftarkan.

      usia tidak mempengaruhi besaran iuran, yang mempengaruhi besaran iuran adalah kelas bpjs yang diambil, umumnya kelas 1 lebih mahal diikuti kelas 2 dan kelas 3, kelas menentukan ruang perawatan ketika peserta di rawat inap, sementara untuk rawat jalan semua kelas memiliki pelayanan dan fasilitas yang sama.

      Delete
  2. saat saya pertama daftar bpjs online, no kk bisa terdeteksi. kemudian saya tidak melanjutkan pendaftaran karena ada keperluan. namun pada saat saya mendaftar ulang tiba-tiba no kk tidak terdeteksi. bagaimana solusinya?

    ReplyDelete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!