Prosedur Cara Membayar Iuran Pertama BPJS Kesehatan degan Benar

Setelah melakukan proses pendaftaran BPJS Kesehatan, baik daftar secara online maupun secara offline, peserta akan mendapatkan Nomor Virtual Account (VA), nomor tersebut semacam nomor rekening tujuan yang harus dimasukan setiap kali peserta membayar  iuran BPJS, baik iuran pertama untuk mengaktifkan kartu BPJS maupun iuran-iuran berikutnya, setiap peserta akan memiliki nomor virtual account yang berbeda satu sama lain.

Dengan menggunakan nomor virtual account tersebut peserta bisa membayar iuran BPJS, melalui ATM BNI, BRI atau Mandiri, maupun melalui pelayanan pihak ke 3 seperti indomart, alfamart, kantor pos dan lainnya.

Pembayaran iuran pertama bpjs keseahtan


Kurangnya informasi yang didapatkan oleh peserta BPJS yang baru mendaftar, menyebabkan mereka masih banyak yang mengalami kesulitan ketika ingin melakukan pembayaran iuran pertama BPJS, tidak jarang mereka tidak bisa membayarkan iuran pertama BPJS karena Nomor virtual account (VA) tidak terdaftar ketika mereka mencoba melakukan pembayaran iuran BPJS, atau bahkan mereka sama sekali tidak mengetahui bagaimana prosedur pembayaran iuran pertama BPJS kesehatan untuk mengaktifkan kartu BPJS mereka.

Melalui artikel kali ini saya akan uraikan bagaimana cara membayar iuran pertama BPJS agar kartu BPJS anda segera aktif dan bisa segera digunakan untuk berobat.

Ketentuan Membayar iuran Pertama BPJS Kesehatan untuk mengaktifkan kartu BPJS

Iuran pertama adalah salah satu syarat yang harus dilakukan peserta BPJS baru untuk mendapatkan kartu BPJS kesehatan, kartu BPJS akan bisa dicetak (print) dan bisa digunakan jika pembayaran iuran pertama sudah berhasil dibayarkan.

Berikut adalah prosedur cara membayar iuran pertama BPJS dengan benar untuk mengaktifkan kartu BPJS anda.

1. Pembayaran iuran pertama harus dilakukan paling cepat 14 hari atau paling lambat sampai 30 hari sejak virtual account diterima.
Setelah anda mendaftaran virtual account (VA), anda baru bisa membayar iuran pertama BPJS setelah 14 hari atau paling lambat sampai 30 hari sejak virtual account diterima, jika tidak maka kemungkinan besar virtual account anda tidak akan dikenal.

Banyak peserta yang gagal membayar iuran pertama BPJS karena virtual account tidak dikenal/ tidak terdaftar ketika dilakukan pembayaran, itu disebabkan mereka terlalu cepat membayar iuran pertama BPJS, seharusnya dibayarkan paling cepat setelah 14 hari sejak virtual account diterima.

2. Pendaftaran akan Otomatis dibatalkan jika sampai 30 hari sejak nomor virtual account diterima iuran pertama tidak dibayarkan
Pembayaran iuran pertama sebaiknya segera dilakukan setelah 14 hari atau paling lambat sampai 30 hari sejak virtual account diaktifkan, jika sampai dengan 30 hari tidak dilakukan pembayaran maka peserta harus mendaftar BPJS lagi dari awal, karena pendaftaran akan dibatalkan.

3. Pembayaran iuran Pertama bisa dilakukan Melalui ATM BNI, BRI atau mandiri, atau menggunakan layanan pihak ke 3 seperti alfamart, indomart, dll yang sudah bekerjasama dengan BPJS.

Untuk Peserta BPJS Kesehatan yang mengambil kelas I dan kelas II, iuran bisa dibayarkan melalui ATM Bank BNI, BRI atau mandiri dengan menggunakan virtual account, pembayaran iuran pertama melalui ATM menggunakan menu khusus yang sudah tersedia di mesin ATM tersebut.
Baca: Cara membayar iuran Pertama BPJS Via ATM (BNI, BRI atau Mandiri)

Sedangkan untuk peserta BPJS kesehatan yang mengambil kelas III, Iuran pertama bisa dibayarkan melalui Bank BNI, BRI atau Mandiri, atau bisa menggunakan bantuan layanan pihak ke 3, seperti Alfamart, indomart, atau kantor pos, jangan lupa untuk membawa nomor virtual account.

4. Simpan bukti pembayaran iuran pertama BPJS.
Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran iuran pertama BPJS dan jangan sampai hilang, bukti tersebut digunakan untuk mengambil / cetak kartu BPJS kesehatan di kantor BPJS/ di situs BPJS jika pendaftaran dilakukan secara online.

5. Datang ke kantor BPJS kesehatan untuk mengambil kartu BPJS atau cetak kartu BPJS jika pendaftaran dilakukan secara online
Setelah pembayaran iuran pertama dilakukan silahkan datang ke kantor BPJS dengan membawa bukti pembayaran untuk mengambil kartu BPJS kesehatan, kartu sudah bisa digunakan untuk berobat dengan BPJS.

Sedangkan untuk peserta yang melakukan pendaftaran BPJS secara online, pembayaran iuran pertama secara otomatis akan mengaktifkan link untuk mencetak kartu BPJS kesehatan, menu untuk mencetak kartu akan muncul secara otomatis setelah anda melakukan pembayaran iuran pertama.

loading...

2 comments:

  1. Kalau BPJS kita dibatalkan apakah kita bisa daftar lagi dan tidak dipersulit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus daftar lagi seperti daftar pertama kali

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!