Ini Tanggal yang tepat untuk melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan

Memilih tanggal yang tepat untuk daftar BPJS harus benar-benar anda perhitungkan karena tanggal daftar akan menentukan waktu membayar iuran pertama yang bisa saja berdekatan waktunya dengan iuran ke 2 sehingga anda akan rugi.

BPJS keseahatan adalah program penyelenggara jaminan kesehatan nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah, program ini mengharuskan semua warga negara indonesia wajib menjadi pesertanya, untuk menjadi peserta BPJS langkah pertama harus melakukan pendaftaran dengan syarat-syarat yang telah ditentukan, ada 2 cara yang saat ini tersedia untuk melakukan pendaftaran BPJs, yaitu secara online dan juga offline.

Daftar BPJS itu sebenarnya sangat mudah dan persyaratannyapun tidak terlalu sulit, namun yang harus anda pikirkan baik-baik sebelum melakukan pendaftaran adalah tanggal waktu melakukan pendaftaran, karena tanggal pendaftaran anda akan sangat menentukan kapan anda harus membayar iuran pertama BPJS untuk mengaktifkan kartu BPJS anda.

Memilih tanggal terbaik daftar BPJS
tanggal berapa harus daftar BPJS


Kita ketahui bersama pembayaran iuran pertama BPJS baru bisa dilakukan setelah 14+ sejak anda selesai melakukan pendaftaran, itu artinya jika tanggal yang anda pilih untuk melakukan pendaftaran kurang tepat, kemungkinan besar pembayaran iuran bpjs pertama dan pembayaran iuran ke 2 waktunya akan sangat berdekatan, bahkan bisa saja terjadi dalam bulan yang sama anda harus membayar 2 x iuran bpjs, rugi bukan !, oleh karena itu penting sekali bagi calon peserta BPJS memilih tanggal yang tepat ketika melakukan pendaftaran jangan memilih tanggal sembarangan.

Tips memilih tanggal yang tepat untuk daftar BPJS

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih tanggal yang tepag untuk daftar BPJS kesehatan

1. Lakukan pendaftaran BPJS di Awal bulan misalnya tanggal 1, 2 atau 3

Daftar BPJS di awal bulan menurut saya adalah waktu yang terbaik, karena jika daftar BPJS dilakukan di awal bulan, maka iuran pertama bpjs yang harus anda bayarkan kemungkinan besar harus di bayarkan di bulan yang sama dan jarak dengan iuran ke 2 cukup jauh.

Misal jika anda daftar tanggal 1, maka iuran bpjs pertama harus anda bayarkan tanggal 15 bulan yang sama, dan iuran kedua dan seterusnya maksimal tgl 10 pada di bulan-bulan berikutnya, cukup waktu untuk menyusun anggaran pembayaran iuran BPJS untuk bulan kedua dan seterusnya.

2. Jangan memilih pertenghan bulan untuk daftar BPJS.

Jika pendaftaran BPJS dilakukan pertenghan bulan maka iuran pertama dan iuran kedua berikutnya harus di bayarkan pada waktu yang tidak terlalu jauh.
Misalnya saja anda daftar BPJS tanggal 15, iuran pertama yang harus dibayarkan yaitu 14 hari berikutnya kira-kira tanggal 29 masih di bulan yang sama dengan pendaftaran. dan anda harus membayar iuran ke 2 berikutnya maksimal di tanggal 10 bulan berikutnya, itu artinya antara pembayaran iuran pertama dan ke 2 akan memiliki waktu yang sangat berdekatan, menurut saya jelas sangat rugi.

Bagaimana jika pendaftaran dilakukan di akhir bulan

Bisa saja anda memilih daftar bpjs kesehatan di akhir bulan misalnya di tanggal minggu ke 4 bulan yang bersangkutan bagaimana mekanisme pembayaran iuran untuk kasus ini?

Untuk kasus ini jika pembayaran iuran pertama akan terjadi pada bulan berikutnya, maka di bulan berikutnya tersebut itu adalah iuran untuk bulan sebelumnya jika minimal pembayaran iuran pertama di bulan berikutnya jatuh di atas tanggal 10.

Misalkan jika anda daftar tanggal 20 agustus 2016, maka pembayaran iuran pertama pasti akan jatuh 14 hari berikutnya yaitu di tanggal 13 bulan september, Iuran pertama yang anda bayarkan di bulan september tersebut adalah iuran untuk bulan agustus, dan iuran bpjs di bulan september tagihannya akan di bayarkan di bulan desember begitu seterusnya.

Namun Apa jadinya jika pembayaran iuran pertama jatuh sebelum tanggal 10 bulan berikutnya?

Misalkan saja anda daftar di akhir bulan agustus misalkan tanggal 25 agustus, itu artinya iuran pertama yang harus anda bayarkan 14 hari berikutnya akan jatuh pada tanggal 8 bulan september 2016 (sebelum tanggal 10), apakah di bulan september anda harus membayar 2 kali iuran, di tanggal 8 september untuk iuran pertama dan iuran ke dua tidak ada yang cukup memberikan kejelasan untuk kasus ini.

Pesan saya adalah agar tidak timbul mekanisme pembayaran yang bisa membuat anda merasa dirugikan lebih baik jika anda berniat daftar BPJS lakukan di awal bulan.

Saran:

Jika anda daftar di tanggal-tanggal yang memungkinkan timbul masalah pembayaran seperti yang diuraikan diatas, jangan lupa untuk konsultasikan dengan petugas BPJS, terutama terkait pembayaran iuran pertama dan iuran ke dua, jangan sampai dalam 1 bulan anda harus membayar 2 kali iuran. karena ada beberapa kasus si peserta harus membayar tunggakan karena dianggap menunggak akibat kurang tepat memilih tanggal pendaftaran.


loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!