Penyebab Virtual Account (VA) tidak terdaftar ketika Membayar iuran pertama BPJS

Kenapa Virtual Account (VA) dinyatakan tidak terdaftar pada saat Membayar iuran pertama BPJS? - Ketika anda seleasai melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan baik secara online maupun offline di kantor BPJS setempat, anda akan mendapatkan Nomor virtual account (VA), nomor virtual account tersebut adalah nomor referensi sama halnya seperti no rekening tujuan yang harus anda masukan pada saat membayaar iuran pertama BPJS untuk mengaktifkan kartu BPJS anda, maupun iuran bulanan BPJS berikutnya,



Salah satu permasalahan yang sering ditemukan terutama pada saat melakukan pembayaran iuran pertama BPJS adalah virtual account (VA) dinyatakan tidak aktif atau tidak terdaftar, padahal sudah sangat jelas nomor virtual account yang dimasukan sudah sesuai dan dipastikan benar, dan cara pembayaran  sesuai dengan prosedur.

Seperti beberapa pernyataan peserta BPJS yang dikutif dari beberapa sumber online sebagai berikut:

  • Saya sudah mendapatkan virtual account melalui pendaftaran secara online dan virtual account dinyatakan aktif, tetapi ketika ingin melakukan pembayaran via ATM Virtual Account tersebut dinyatakan "Tidak terdaftar / Salah". 
  • Kenapa sampai dengan saat ini virtual acount yang saya terima masih belum aktif/terdaftar saat saya akan melakukan pembayaran pertama via ATM BNI

Apa sebenarnya yang terjadi apa penyebabnya dan bagaimana solusinya agar pembayaran iuran pertama bpjs kesehatan bisa dilakukan.

Penyebab Viartual Account (VA) dinyatakan tidak aktif atau tidak terdaftar ketika melakukan pembayaran Pertama BPJS?

Ketika anda melakukan pembayaran iuran pertama BPJS harap diperhatikan dengan seksama mengenai aturan dasar untuk pembayaran iuran pertama agar pembayaran bisa dilakukan, sebagai berikut:


  • 1). Sejak 1 Juni 2015, BPJS Kesehatan telah memberlakukan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pembayaran Iuran bagi Peserta Pekerja Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Bukan Pekerja (BP).


  • 2). Dalam peraturan tersebut iuran pertama paling cepat dapat dibayarkan setelah 14 (empat belas) hari kalender sejak calon peserta menerima nomor virtual account (VA) saat selesai melakukan proses pendaftaran, dan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender setelah menerima virtual account untuk mendapatkan hak dan manfaat jaminan kesehatan. Selama 14 hari tersebut BPJS Kesehatan melakukan proses administrasi kepesertaan, verifikasi data kependudukan, penyiapan fasilitas kesehatan tingkat pertama, dan penerbitan kartu peserta. Kartu Identitas Peserta BPJS Keseahtan dapat langsung digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan setelah diterbitkan/dicetak.


Berdasarkan peraturan di atas sudah sangat jelas, kemungkinan kenapa virtual account dianggap tidak terdaftar atau tidak aktif ketika melakukan pembayaran iuran pertama salah satu penyebabnya adalah anda melakukan pembayaran sebelum 14 hari sejak virtual account diterima.

Oleh karena itu agar pembayaran iuran pertama BPJS bisa dilakukan, anda seharusnya melakukan pembayaran paling cepat setelah 14 hari atau paling lambat sampai dengan 30 hari dimulai sejak virtual account (VA) diterima, jika tidak maka kemungkinan besar virtual account anda tidak akan dikenali dan dianggap belum terdaftar atau tidak aktif.


Itulah tentang kenapa Virtual Account (VA) tidak terdaftar ketika Membayar iuran pertama BPJS kesehatan, semoga dapat membantu.

loading...

20 comments:

  1. Jika sudah terlanjur lebih dari 30 hari belum dibayar bagaimana solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika setelah 30 hari sejak menerima virtual account mash tidak dibayarkan, berarti harus daftar kembali dari awal.

      Delete
  2. saya sudah daftar bpjs sejak lama. tapi ketika saya mau melakukan pembayaran iuran bulan oktober ini via atm, ada tulisan nomor bpjs saya tidak terdaftar. itu kenapa ya? trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sebelumnya peserta telah terdaftar dan sudah membayar iuran beberapa kali kemudian tiba-tiba kartu tidak dikenal bisa jadi adanya indikasi kepesertaan ganda antara bpjs pbi dan mandiri, yang mandiri akan dinonaktifkan, silahkan lakukan pengaduan ke kantor bpjs untuk mendapatkan info lebih lanjut.

      Jika peserta adalah peserta baru yang akan membayarkan iuran pertamanya, iuran baru bisa di bayar setelah minimal 14 hari sampai 30 hari sejak mendapatkan nomor virtual account. jika sampai 30 hari masih tidak dilakukan pembayaran iuran pertama maka nomor tidak akan dikenal karena pendaftaran akan di cancel, solusi harus daftar ulang lagi dari awal.

      Delete
  3. Saya terlanjur daftar kelas 3 tapi saya ingin pindah kelas 2 sedangkan saya belum membayar pembayaran pertama setelah virtual account saya.. Saya terima.. Bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dulu di bayar sampai lebih dari 30 hari sejak virtual account diterima, kemudian daftar ulang dengan mengambil kelas2

      Delete
  4. Saya sudah mengikuti syarat pembayaran bpjs kesehatan min. 14, tapi sampai hari ke 15 saya belum bisa melakukan pembayaran pertama, saya jga sudah menghubungi CS BPJS dan yg saya terima hanya jawaban 'dicoba secara berkala' adakah solusi lain??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada waktu sampai 30 hari sejak mendapatkan virtual account, disarankan pembayaran dilakukan di awal-awal bulan agar transaksi tidak padat.

      Delete
  5. Orang tua saya sudah terdaftar di BPJS sejak tahun 2014, biasanya saya melakukan pembayaran lewat M-Banking Mandiri. Tapi waktu saya akan melakukan pembayaran untuk bulan Oktober ini muncul keterangan "nomor pembayaran salah". Sudah saya coba bayar lewat ATM dan di Indomaret hasilnya tetap tidak bisa. Mohon penjelasan dan solusi untuk masalah saya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lapor ke BPJS kesehatan atau bisa melalui call center 1400500, ada kasus peserta terdaftar menjadi peserta BPJS PBI, jamkesmas, jamsostek sehingga terjadi duplikat data, untuk lebih jelas sebaiknya konsultasikand dengan pihak BPJS,

      Delete
    2. Maaf Bu sebelumnya nomor yang tertulis itu untuk call center bank bukopin, td sudah saya coba. Yang beul di nomor 1500400 untuk call center BPJS.




      bit.ly/unimosaic

      Delete
    3. Upsss... salah thanks atas koreksinya, ya seharusnya di 1500400 untuk call center BPJS

      Delete
  6. Saya sudah daftar bpjs online. Bagaimana sy bisa menerima virtual account. Apakah via email? Kira2 berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Virtual account biasanya akan disajikan di sistem pendaftaran, melalui link aktivasi yang dikirim via email

      Silahkan baca: panduan daftar bpjs secara online

      Delete
  7. Orang tua saya sdh terdaftar dan sudah aktif..ketika akan membayar iuran keterangan no salah dan tidak terdaftar padahal waktu itu akan dipakai untuk berobat...bagaimana solusinya??dan apabila pelaporan tidak pada kantor BPJS pembuatan apakah bisa dilakukan??
    Misalkan buat di BPJS daerah A trus lapor permasalahan tersebut di BPJS daerah B
    Sehubungan saya tidak tinggal bersama orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di kantor BPJS mana saja, beberapa kasus jika terjadi seperti yang ibu paparkan penyebabnya adalah karena adanya kepesertaan ganda, bisa jadi ibunya terdaftar sebagai peserta BPJS PBI, silahkan koordinasikan dengan pihak BPJS secepatnya bu, semoga cepat clear masalahnya.

      Delete
  8. Saya barusan mau bayar melalui atm, tp nomor sy tdk terdaftar. Padahal sy sdh aktif jd peserta hampir 2 tahun. Kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lapor ke kantor BPJS khawatir terjadi data ganda karena beberapa kasus yang seperti bapak/ibu alami itu dikarenakan dia terdaftar di kepesertaaan PBI/KIS dan juga mandiri, sehingga yang mandiri tidak dikenal.

      Delete
  9. Siang mba, untuk pendaftaran online BPJS skrng ini kan kartu yang dikeluarnya itu berupa kartu KIS yaa? apa memang begitu? terus yang ingin saya tanyakan, apakah E-ID tsb. hanya baru bisa keluar setelah pembayaran iuran pertama?
    - daftar/ registrasi BPJS via online
    - balasan email konfirmasi pendaftaran & cetak VA 20/09/16
    - bayar iuran pertama di indomaret

    Tidak lama setelah itu saya buka email aktivasi untuk cetak E-ID, namun setelah itu untuk pembayaran iuran kedua ini kenapa nomornya jadi tidak terdaftar yaa?? beberapa hari ini saya coba di indomaret/alfamart hasilnya sama aja nomor tidak ditemukan, tapi saya coba masukan nomor BPJS di cek bpjs/iuran/saldo online nomor tsb aktif & terdaftar.
    hari ini saya lewat kantor BPJS di Bdg, ingin coba bayar tapi ternyata tidak tersedia kasir atau pelayanan pembayaran, hanya tersedia atm saja, dan menanyakan laporan saya, mereka hanya bilang mungkin sedang gangguan. tp kan waktunya mepet biar ngga lewat dari tgl 10. kira-kira solusinya bgaimana yaa mba? mohon di bantu.
    Nomor Kartu: 0001723653843



    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam, betul sekali pak pada akhirnya nanti semua peserta BPJS adalah pemegang kartu KIS, meskipun saat ini pemegang kartu KIS identik dengan peserta BPJS kelas III PBI, namun dan saat ini sudah mulai diberlakukan secara bertahap terutama untuk peserta yang daftar secara online.

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!