2 Cara Praktis Cek Saldo Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan) terbaru

Sebelum menjelaskan tentang 2 cara praktis cel saldo jamsostek atau bpjs ketenagakerjaan terbaru saya akan ulas secara singkat mengenai apa itu jamsostek atau sekarang dikenal sebagai bpjs ketenagakerjaan.

Jaminan sosial tenaga kerja (JAMSOSTEK) merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk memberikan jaminan sosial ekonomi kepada setiap tenaga kerja di indonesia atas resiko tak terduga yang mungkin dialami oleh tenaga kerja yang bersangkutan.

Nama Jamsostek kini sebenarnya saat ini sudah tidak ada meskipun pesertanya masih ada, saat ini jamsostek sudah ditransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK), dan setiap pekerja yang sebelumnya terdaftar menjadi peserta Jamsostek secara otomatis akan menjadi peserta BPJS TK dan secara bertahap dialihkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

jamsostek bpjs ketenagakerjaan
Cara praktis cek saldo jamsostek

Meskipun namanya berubah program-program yang dimiliki oleh BPJS ketenagakerjaan saat ini tetap masih sama dengan program jamsostek, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jaminan Hari tua (JHT)
  • Jaminan Kematian (JKM)
  • Jaminan Keselamatan Kerja (JKK) dan
  • Jaminan Pensiun (JP), program baru yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan saat ini.
Baca juga: 

Peserta Jamsostek atau BPJS TK diwajibkan membayar iuran bulanan secara rutin yang besar kecilnya disesuaikan dengan resiko pekerjaan dan juga gaji pokok, iuran tersebut dibayarkan setiap bulan dan sebagian iuran ditanggung oleh perusahaan.

Iuran jamsostek yang dibayarkan suatu saat bisa diambil sesuai dengan ketentuan yang berlaku, selain itu selama anda menjadi peserta jamsostek atau bpjs ketenagakerjaan anda diberikan akses untuk mengetahui saldo jamsostek yang anda miliki dengan mudah.

Cara Praktis Cek Saldo Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan) Terbaru

Saat ini ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengecek saldo jamsostek, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cek Saldo Jamsostek Melalui SMS Gateway

Salah satu cara paling cepat dan mudah serta praktis untuk mengetahui informasi saldo jamsostek atau bpjs ketenagakerjaan adalah melalui layanan sms gateway yang sudah tersedia, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Melakukan registrasi untuk memperoleh Nomor ID, silahkan ketik SMS dengan format REG#NoJamsostek#tgl_lahir#Nama_ibu_Kandung  kemudian kirim ke nomor 08111009696. Tunggu hingga anda menerima SMS balasan yang berisikan nomor ID.
  • Gunakan nomor ID yang anda dapatkan untuk mengecek saldo jamsostek via SMS dengan format ketik saldo#No_id kemudian kirim ke 08111009696. Tunggu hingga mendapatkan sms balasan dari sistem bpjs yang berisi  informasi mengenai saldo jamsostek anda.
Cek saldo jamsostek menggunakan sms gateway adalah cara praktis yang bisa anda pilih, karena cara ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan cepat dan mudah. Untuk menghindari kesalahan sistem atau respon yang lama sangat dianjurkan untuk menggunakan cara ini di waktu-waktu dini hari atau pagi hari. 

2. Cek Saldo Jamsostek secara Online melalui aplikasi Mobile

Cara yang kedua untuk mengecek saldo jamsostek anda yang bisa dipilih adalah secara online melalui aplikasi mobile yang bernama BPJS TK Mobile yang bisa di jalankan di perangkat Android, Blackbary dan Apple.

Untuk mendownload aplikasi tersebut silahkan gunakan kata kunci pencarian BPJSTK Mobile, Pengguna android aplikasi tersebut bisa didownload di playstore, sedangkan untuk pengguna Apple App Store dan untuk pengguna blackbary bisa mendownloadnya di blackbary App World.

Di sadur dari halaman bpjs ketenagakerjaan: Kepala Divisi Pengembangan Teknologi Informasi (TI) BPJS Ketenagakerjaan Romie Erfianto mengatakan, aplikasi tersebut memiliki sejumlah fitur yang dapat memberikan kemudahan bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan, antara lain :

  • Fitur Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT), 
  • Layanan Esaldo JHT Tahunan, Simulasi Perhitungan Saldo JHT, 
  • Informasi program JHT, informasi program JKK, 
  • Informasi program JKM, informasi lokasi kantor cabang, contact center, sosial media link.


"Sebenarnya aplikasi ini sudah ada sekitar 1 tahun terakhir. Tapi mungkin karena selama ini masih kurangsosialisasinya sehingga banyak yang belum tahu. Tapi akan terus sosialisasikan," ujarnya dalam keterangannya, Minggu (7/2/2016).

Romie menjelaskan, meskipun demikian, namun aplikasi BPJSTK Mobile ini telah menduduki peringkat ke-92 sebagai aplikasi ponsel yang banyak diunduh dan diakses di Indonesia. Sedangkan dari sisi aplikasi industri finansial di Indonesia, BPJSTK Mobile telah menduduk posisi ke-3.

Di aplikasi ponsel ini, para peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mengakses informasi terkait dengan jumlah saldo iuran yang dimiliki, pengembangan investasi, pengecekan waktu dan jumlah iuran yang disetorkan oleh perusahaan tempat peserta bekerja.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan media sosial BPJS Ketenagakerjaan seperti Facebook dan Twitter. Dengan demikian, jika memiliki pertanyaan atau keluhan mengenai layanan BPJS Ketenagakerjaan, para peserta bisa langsung melakukan pengaduan melalui account resmi Facebook dan Twitter BPJS Ketenagakerjaan.



Dengan tersedianya cara untuk mengecek saldo jamsostek di atas itu bisa menjadi alternatif yang bisa anda pilih agar lebih mudah mengetahui informasi saldo jamsostek anda, sehingga anda tidak perlu repot-repot harus datang ke kantor bpjs ketenagakerjaan yang penuh sesak dengan antrian. 

Demikian tentang 2 Cara Praktis Cek Saldo Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan) terbaru semoga bermanfaat. 
loading...

3 comments:

  1. kayaknya infonya uda ga valid deh kakak, sekarang layanan yg dipakai utk cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, sms ke 2757 via kartu telkomsel dan indosat, caranya:

    1. Ketik: DAFTAR SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK. Kemudian KIRIM KE NOMOR 2757


    2. Tunggu SMS balasan dari 2757


    3. Setelah mendapat balasan SMS dari no. 2757, kita sudah bisa CEK SALDO JHT ANDA DENGAN CARA ketik:

    SALDO No Kartu BPJS TK/Jamsostek dan kirim ke nomor 2757.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok thanks atas informasinya, sangat bermanfaat.

      Delete
  2. Admin gemna menjalankan app bpjs mobile dgan blackbery, sya udh download, tpi dia mintak nama dan imel nya, mohon pencerahan nya, thankz

    ReplyDelete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!