Belum menerima Email Konfirmasi Pendaftaran BPJS Online, ini solusinya?

Untuk daftar menjadi peserta BPJS saat ini ada 2 alternatif yang bisa dipilih, yaitu bisa dilakukan secara online dan juga offline, daftar secara offline bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor bpjs terdekat dengan membawa syarat-syarat yang telah ditentukan. sedangkan cara pendaftaran secara online bisa melalui fasilitas pendaftaran yang terdapat di situs resmi bpjs.

Pendaftaran BPJS kesehatan secara online untuk saat ini tersedia untuk peserta bpjs perusahaan atau badan usaha dari golongan pekerja penerima upah (PPU) maupun pendaftaran untuk peserta mandiri dari golongan pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan bukan pekerja (BP).


email bpjs
alur pendaftaran bpjs online


Pendaftaran secara online adalah cara daftar yang cukup praktis  karena tidak perlu antri berlama-lama dan harus rela berdesak-desakan, cukup dengan mengisi data registrasi secara online dan mengupload persyaratan yang diminta seperti scan kartu keluarga (KK), scan KTP, scan pasphoto berwarna3x4 dan persyaratan lainnya, anda sudah dapat menerima email konfirmasi bahwa pendaftaran berhasil. langkah berikutnya anda tinggal membayar iuran pertama bpjs, kemudian anda akan bisa mencetak kartu BPJS anda secara online.

Sayangnya tidak semua pendaftaran berjalan dengan lancar, masalah yang sering ditemukan adalah email konfirmasi tidak kunjung datang, sehingga pendaftaran secara online tidak pernah terselesaikan. padahal seharusnya 1 sampai dengan 2 x 24 jam email konfirmasi seharusnya sudah harus diterima, jika masih belum diterima kemungkinan besar ada masalah tertentu yang terjadi pada pendaftaran yang anda lakukan.

Baca juga: Nomor Kartu Keluarga (KK) tidak terdaftar ketika daftar BPJS online

Berikut adalah beberapa penyebab email konfirmasi dari BPJS tidak diterima.

Berikut beberapa penyebab kenapa email konfirmasi dari bpjs tidak kunjung diterima:

1. Tombol kirim email lupa ditekan, untuk melakukan pendaftaran online di akhir proses jangan lupa untuk menekan tombol kirim email, anda tinggal menunggu email konfirmasi dari pihak bpjs, yang akan dikirim ke email anda, email konfirmasi biasanya berisi link untuk melakukan aktivasi pendaftaran yang menyatakan bahwa pendaftaran berhasil diterima pihak bpjs.

2. Adanya kesalahan sistem
Penyebab yang kedua adalah adanya kesalahan sistem sehingga proses pendaftaran gagal.

3. Data yang dimasukan salah atau kurang lengkap.
Data yang diminta salah atau kurang lengkap

Solusi jika Email Konfirmasi Pendaftaran BPJS online belum diterima?

Berikut adalah solusi jika email konfirmasi pendaftaran tidak diterima padahal pendaftaran sudah lebih dari 3 hari:

1. Lakukan Registrasi ulang dengan memasukan no Kartu Keluarga (KK) yang sama, jika pendaftaran masih bisa dilakukan itu artinya pendaftaran yang anda lakukan tidak berhasil, silahkan lakukan pendaftaran ulang.

2. Silahkan Cek juga Kotak SPAM pada email yang anda gunakan, bisa jadi pesan konfirmasi dikirimkan ke email anda namun masuk kotak spam.

3. Jika kedua cara diatas masih menjadi solusi, langkah terakhir silahkan langsung datang ke kantor bpjs setempat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


Pendaftaran online merupakan salah satu alternatif pendaftaran sedangkan pendaftaran melalui kantor cabang sebagai tempat utama untuk melakukan proses pendaftaran, jika terdapat kendala dalam pendaftaran online calon peserta disarankan untuk melakukan pengurusan di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. semoga bermanfaat.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!