Bisakah Daftar BPJS Menggunakan KTP Luar Kota?

Daftar BPJS saat ini bisa dilakukan di seluruh indonesia walaupun ktp tidak sesuai dengan alamat tempat melakukan pendaftaran, bukan hanya itu kartu bpjs saat ini juga bisa digunakan untuk berobat di fasilitas keseahtan tingkat 1 yang terdapat di luar kota yang tidak sesuai dengan domisili tapi terlebih dahulu harus membuat surat keterangan kunjungan dari kantor bpjs setempat untuk menghindari terjadinya penolakan dari pihak fasilitas kesehatan tingkat 1.


daftar bpjs menggunakan ktp luar

Untuk daftar menjadi peserta BPJS sangatlah mudah apalagi saat ini bisa dilakukan secara online maupun offline, daftar bpjs secara online bisa melalui fasilitas pendaftaran online yang sudah disiapkan di situs resmi bpjs keseahtan, sedangkan untuk daftar bpjs secara offline harus datang langsung ke kantor bpjs terdekat dengan membawa perysaratan yang telah ditentukan.

Salah satu syarat yang harus disiapkan ketika ingin daftar menjadi peserta BPJS kesehatan adalah membawa fotocopy dan asli KTP, calon peserta yang ingin mendaftar bisa datang langsung ke kantor bpjs setempat dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan, kantor bpjs yang dikunjungi adalah kantor bpjs setempat yang umumnya beralamat sesuai dengan alamat yang tertera di KTP calon peserta.

Timbul sebuah pertanyaan, bagaimana jika si peserta sedang di luar kota atau sedang di provinsi lain dan ingin daftar BPJS  di tempat itu"Apakah Daftar BPJS kesehatan Bisa dilakukan di luar kota yang berbeda alamat dengan alamat yang tertera di KTP ?", pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh beberapa calon peserta ketika mereka berada di luar kota dan ingin daftar menjadi peserta BPJS.

Bisakah Daftar BPJS Menggunakan KTP Luar Kota?

Sebuah kabar baik ternyata daftar bpjs bisa dilakukan di manapun di seluruh indonesia di kantor-kantor cabang bpjs setempat yang terdapat di kota dimana anda berada, meskipun alamat ktp anda tidak sama dengan alamat kantor bpjs berada, karena ternyata alamat ktp tidak dijadikan acuan untuk memilih kantor bpjs tempat melakukan pendaftaran.

Apa saja Ketentuan dan persyaratan daftar BPJS diluar domisili atau di luar kota?

Persyaratan untuk daftar bpjs yang dilakukan di luar kota atau provinsi lain di luar domisili sebenarnya tidak jauh berbeda dengan persyaratan daftar bpjs pada umumnya sebagai berikut:

  1. Asli dan Fotocopy KTP (diutamakan e-ktp) untuk masing-masing calon peserta
  2. Asli dan Fotocopy Kartu Keluarga atau KK
  3. Photo berwarna ukuran 3x4 sebanya 1 lembar untuk masing-masing peserta kecuali balita
  4. Semua anggota keluarga yang tercatat di KK harus didaftarkan menjadi peserta BPJS dengan mengambil kelas yang sama.
  5. Peserta dapat memilih kelas 1, 2 dan kelas 3 bpjs.
  6. Karena pendaftaran dilakukan di luar domosili dengan alamat yang tidak sesuai ktp, jika si peserta memilih fasilitas kesehatan tingkat 1 yang berada di tempat itu, maka peserta wajib menyertakan surat keterangan tinggal dari RT/RW setempat agar bisa memilih fasilitas kesehatan di tempat peserta saat ini.

Untuk memilih fasilitas kesehatan tingkat 1, peserta harus mempertimbangkan baik-baik, jika banyak menghabiskan waktu di luar kota atau provinsi, maka peserta bisa memilih fasilitas kesehatan tingkat 1 yang terdapat di kota itu, namun jika peserta banyak menghabiskan waktu di tempat tinggal yang sesuai dengan KTP lebih baik memilih fasilitas keseahatan yang sesuai dengan alamat ktp berada.

Apakah Bisa Berobat di luar kota atau provinsi lain?

Gangguan kesehatan memang tidak mengenal waktu dan tempat, ada kabar baik dari bpjs bahwa kartu peserta bpjs bisa digunakan di fasilitas kesehatan tingkat 1 yang tidak sesuai dengan fasilitas kesehatan yang dipilih, kondisi ini bisa saja terjadi ketika peserta sedang berada di luar kota, bekerja misalnya atau sedang ada kunjungan ke luar kota, meskipun sedang berada di luar kota peserta tetap bisa menggunakan kartu bpjs untuk berobat di fasilitas kesehatan yang terdapat di kota tersebut.

persyaratannya adalah:
Peserta harus datang ke kantor bpjs setempat untuk membuat surat keterangan berkunjung ke fasilitas kesehatan yang terdapat di kota tersebut, ini perlu dilakukan agar tidak terjadi penolakan di fasililitas kesehatan tingkat 1 yang dimaksud.

Demikian tentang daftar bpjs di luar kota atau provinsi menggunakan ktp luar atau ktp yang alamatnya tidak sesuai dengan tempat melakukan pendaftaran, semoga membantu.

loading...

12 comments:

  1. Saat ini sy bekerja di luar kota,apakah kartu bpjs sy bs dipakai utk berobat di luar kota krn sy msh aktif bayar bpjs,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartu bpjs bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan di luar kota, sebaiknya bapak persiapkan sebelum melakukan kunjungan ke faskes tk1 di kota tersebut buat dulu surat pengantar dari kantor bpjs setempat untuk menghindari penolakan dari faskes.

      Delete
  2. Bu,saya baru dpt sms pendaftaran gagal krn ftkp tdk ditemukan...apakh hal ini krn saya mencantumkn faskes sesuai domisili saat ini (bogor) yg berbeda dg ktp (tangsel)..dan sy mngurusnya di kantor bpjs tangsel..mhn sarannya bu...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran bpjs sebaiknya dilakukan di wilayah sesuai dengan faskes yang akan dipilih, Jika diurus di kantor tangsel, maka faskes yang dipilih seharusnya tangsel, jika ingin mengambil faskes tk1 bogor seharusnya dibogor,

      Delete
  3. Suami sy driver dan mau daftar bpjs kelas 3 di jaktim menggunakan s.domisili, sedangkan ktp asli indramayu. Pertanyaannya bisa tidak jika sy gunakan faskes bpjs di indramayu sedangkan daftar dijaktim? Mengingat kondisi sy sedang hamil. Mohon jawabannya bu, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penggunaan kartu bpjs di faskes luar kota harus membuat dulu surat pengantar dari kantor bpjs agar bisa diterima di faskes luar kota, surat pengantar berlaku untuk 1 bulan.

      Delete
  4. Bagaimana cara pengurusan bpjs tingkat 3 keluarga ktpkk batam,, sekarang dipekanbaru gimana yah pakbu.. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang ke kantor bpjs pekan baru, minta surat pengantar untuk berobat di faskes (puskesmas) terdekat di pekan baru

      Delete
  5. Saya berasal dari Purbalingga. Saya baru menikah beberapa bulan ini dengan orang Kendal, dan sekarang saya berdomisili di Kendal. Tapi KTP saya masih Purbalingga dan KK masih pisah dg istri (ikut keluarga masing2). Apakah tanpa mengurus KK terlebih dahulu ke catatan sipil saya dan istri bisa mendaftar bpjs?

    ReplyDelete
  6. Mohon info persyaratan apa saja jika mau mendaftar bpjs,,ktp jakarta mau mendaftar di kuningan jabar,mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam
      fc KK
      fc KTP
      fc surat keterangan domosili dari rt/rw setempat kuningan.
      rekening bank jika ingin mengambil kelas 1 atau 2.
      foto 3x4 berwarna.

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!