-->

Ini Solusinya jika Nomor Virtual Account BPJS Anda Hilang atau rusak?

Solusi yang bisa anda lakukan ketika nomor virtual account (VA) BPJS Kesehatan anda hilang atau rusak sementara anda sama sekali tidak ingat berapa nomornya, anda bisa gunakan no kartu bpjs anda atau anda bisa minta kembali nomor virtual account ke kantor bpjs tempat anda melakukan pendaftaran jika anda belum memiliki kartu BPJS.

Nomor virtual accout  atau VA adalah nomor unik yang diterima oleh peserta bpjs mandiri ketika selesai melakukan pendaftaran bpjs, nomor virtual account biasanya diinformasikan dalam bentuk selembar kertas semacam nota yang mudah sobek yang harus anda simpan baik-baik dan jangan sampai hilang atau rusak.

nomor virtual account bpjs


Nomor virtual account BPJS adalah semacam nomor rekening tujuan pembayaran bpjs anda yang terdiri dari beberapa digit angka yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran iuran bulanan bpjs kesehatan, baik iuran pertama bpjs maupun iuran-iuran bpjs di bulan-bulan berikutnya.

Tapi terkadang karena teledor dan kurang hati-hati nomor virtual account bisa saja hilang atau rusak, sementara anda tidak hapal nomornya alias lupa, pasti anda akan dibuat bingung karena anda akan kesulitan melakukan pembayaran iuran bpjs anda. 

Tapi sebaiknya anda jangan khawatir karena sebenarnya Ada banyak cara untuk mendapatkan kembali nomor virtual account anda yang hilang, robek atau rusak tersebut.

1. Jika Nomor Virtual account Hilang tapi anda sudah punya kartu BPJS

Untuk mengatasi hilangnya nomor virtual account untuk anda yang kebetulan sudah memiliki kartu BPJS sebenarnya sangat mudah sekali, karena ternyata nomor virtual account tidak jauh berbeda dengan nomor kartu BPJS anda, dan nomor virtual account ternyata adalah gabungan antara kode bank yang digurnakan untuk melakukan pembayaran iuran di tambah 10 digit terakhir nomor kartu BPJS anda.

Caranya:

Untuk melakukan pembayaran via atm bank silahkan lihat nomor kartu BPJS anda, kemudian buang 2 digit angka (0) di awal.
Misal nomor kartu bpjs anda adalah: 000 1336321686 (13 digit), nanti yang digunakan untuk virtual account adalah 0 1336321686 (11 digit)

1. Pembayaran melalui ATM BNI
Gunakan kode 88888 +11 digit nomor kartu menjadi 88888  0 1336321686

2. Pembayaran melalui ATM BRI
Gunakan kode 88888+11 digit nomor kartu menjadi  88888 0 1336321686

3. Pembayaran via ATM Mandiri
Gunakan kode 89888+11digit nomor kartu. menjadi  88888  0 1336321686

Ingat untuk melakukan pembayaran via atam jangan menggunakan pilihan transfer tetapi menggunakan pilihan menu pembayaran.


2. Jika VA hilang dan Anda belum punya kartu BPJS

Untuk kasus ini kemungkinan terjadi untuk peserta bpjs yang baru yang ingin membayarkan iuran pertama bpjs, karena sumber untuk membayar iuran pertama BPJS dari virtual account maka nomor VA ini seharusnya jangan sampai hilang atau rusak. apabila rusak sementara anda belum punya kartu bpjs karena baru mendaftar, maka solusinya adalah anda harus meminta kembali nomor virtual account ke kantor BPJS tempat anda melakukan pendaftaran sebelumnya, pihak bpjs akan menginformasikan kembali nomor virtual account anda. Tapi jika anda melakukan pendaftaran bpjs secara online, anda bisa mencetak kembali nomor virtual account anda secara online.

Demikian artikel tentang solusi ketika nomor virtual account (VA) bpjs anda hilang atau rusak, semoga membantu.
loading...

0 Response to "Ini Solusinya jika Nomor Virtual Account BPJS Anda Hilang atau rusak?"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel