Tips Cerdas Cara Memilih Kelas BPJS yang paling Cocok?

Satu hal yang harus anda pertimbangkan baik-baik ketika daftar menjadi peserta BPJS adalah memilih kelas bpjs yang cocok untuk anda, karena kelas BPJS yang anda pilih akan menentukan besar-kecilnya iuran bulanan bpjs yang harus anda bayar setiap bulannya, jika salah memilih kelas maka bisa jadi anda akan merasa terbebani di kemudian hari kerena tidak mampu membayar iuran yang terlalu besar apalagi jumlah keluarga anda yang terdapat di KK yang harus daftar menjadi peserta BPJS sangat banyak tentunya total iuran bulanan yang harus anda bayar setiap bulanpun akan semakin besar.

tips memilih kelas bpjs


BPJS dapat menanggung biaya 3 kelas yang bisa anda dipilih, yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3, perbedaan ke tiga kelas BPJS tersebut terlatak pada besar kecilnya iuran yang harus dibayar setiap bulan, kelas perawatan ketika peserta harus dirawat inap di rumah sakit dan juga tarif INA-CBGs.

Kelas ruangan perawatan yang akan diperoleh sesuai dengan kelas bpjs yang dipilih, jika memilih kelas I maka akan mendapatkan ruang perawatan kelas satu, jika kelas II, maka akan mendapatkan kamar perawatan kelas dua, begitu juga untuk kelas III, maka ruang kamar perawatanpun akan mendapatkan ruang perawatan kelas tiga.

Jenis kepesertaan BPJS ada 2 kelompok utama, yaitu peserta BPJS Peserta Bantuan Iuran (PBI) yang iuran bulannya dibayarkan oleh pemerintah yang hanya berhak atas kelas III saja, dan Peserta BPJS Non-PBI yang meliputi:

  1. Peserta BPJS dari golongan Pekerja Penerima Upah (PPU), peserta BPJS ini dikenal sebagai peserta BPJS perusahaan atau badan usaha, peserta BPJS Jenis ini hanya mendapatkan kelas I dan kelas II, kelas tidak bisa dipilih sendiri, namun disesuaikan dengan besar kecilnya gaji atau golongan.
  2. Peserta BPJS Pekerja bukan penerima upah (PBPU), dikenal juga sebagai peserta BPJS Mandiri atau perorangan, peserta BPJS PBPU ini berhak atas kelas 1, 2 dan 3, peserta diberi kebebasan untuk memilih kelas sesuai dengan keinginannya.
  3. Peserta BPJS Bukan Pekerja (PB), ini juga dikategorikan sebagai peserta BPJS Mandiri, peserta BPJS ini juga berhak atas kelas 1, 2 dan kelas 3 yang bisa dipilih sesuai keinginan.


Khusus untuk peserta BPJS yang dikategorikan menjadi peserta BPJS Mandiri, memang diberi keleluasaan untuk memilih kelas yang bisa disesuaikan dengan kemampuannya masing-masing, oleh karena itu sebelum memilih kelas bpjs, peserta harus mempertimbangkan baik-baik agar tidak menyesal dikemudian hari.

Tips Cerdas Cara Memilih Kelas BPJS yang paling Cocok Untuk Anda?

Ini khusus untuk peserta yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Mandiri, ketika daftar anda diharuskan menentukan kelas yang tersedia, bisa kelas 1, kelas 2 atau kelas 3, berikut adalah tips cerdas cara memilih kelas BPJS yang cocok untuk anda.

1. Ketahui besar iuran setiap kelas, 
Besaran iuran bulanan untuk setiap kelas harus dipertimbangkan baik-baik, iuran bulan kelas 1 adalah yang paling besar diikuti oleh kelas 2 dan kelas 3.  sehingga kelas yang anda pilih akan mempengaruhi besar kecilnya iuran bulanan yang harus anda bayarkan. 

Ingat saat ini setiap anggota keluarga yang terdapat di KK harus didaftarkan seluruhnya, semakin banyak anggota keluarga yang terdapat di KK maka iuran bpjs bulanannyapun akan semakin besar. (silahkan baca: besaran iuran bulanan bpjs terbaru).

2. Pikirkan kembali jika ingin memilih kelas 3.
BPJS kelas 3 memang iuran bulanannya paling kecil, informasi terbaru iuran bulanan bpjs kelas 3 adalah Rp. 25.000. kelas III ini sebenarnya diperuntukan untuk masyarakat kurang mampu, agar warga masyarakat yang memiliki penghasilan pas-pasan bisa menjadi peserta mandiri dengan memilih kelas 3, sebenarnya siapapun bisa memilih kelas 3, namun jika anda orang yang mampu anda harus memikirkan kembali, ketika ingin memilih kelas 3.

Aturan terbaru menyebutkan bahwa kelas 3 tidak bisa naik kelas perawatan dengan alasan apapun, artinya ketika anda harus dirawat di rumah sakit dan kelas 3 yang menjadi hak anda penuh, maka anda tidak diizinkan untuk naik kelas perawatan, solusinya anda akan ditawarkan dirujuk ke rumah sakit lain atau bisa naik kelas perawatan tapi sebagai pasien umum.

3 Kelas yang dipilih hanya akan mempengaruhi ruang kelas perawatan saja.
Ingat bahwa kelas yang dipilih akan mempengaruhi kelas kamar perawatan ketika anda di rawat inap, kelas bpjs yang dipilih mewakili kelas kamar perawatan yang menjadi hak anda ketika harus dirawat inap di rumah sakit.

4. Fasilitas dan pelayanan Rawat Jalan Sama untuk semua kelas.
Baik kelas 1, kelas 2 maupun kelas 3, akan mendapatkan pelayanan rawat jalan yang sama, tidak dibeda-bedakan, ingat yang pelayanan yang berbeda adalah pelayanan rawat inap di rumah sakit.

5. Pilih Kelas yang sesuai dengan kemampuan.
Silahkan pilih kelas yang sesuai dengan kemampuan finansial anda, kelas 1 adalah yang paling mahal namun akan mendapatkan ruang rawat inap kelas 1, begitu juga untuk kelas lainnya, silahkan sesuaikan dengan finansial anda dan pilih yang kira-kira anda mampu untuk membayar iuran bulanannya.

Itulah beberapa pertimbangan yang harus anda fikirkan dalam upaya memilih kelas BPJS yang paling cocok untuk Anda, sehingga anda tidak sampai menunggak karena merasa keberatan dengan iuran yang harus anda bayar setiap bulannya.

Aturan terbaru menyebutkan telat 1 bulan saja kartu bpjs akan langsung dinonaktifkan (diblokir) dan kartu bpjs anda tidak akan bisa untuk digunakan guna mendapatkan pelayanan bpjs selama tunggakan belum dilunasi.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!