Berapa Lama Proses Mutasi (perubahan data) BPJS Kesehatan?

Ada banyak hal yang menyebabkan peserta BPJS melakukan perubahan data kepesertaan, bisa karena faktor kesalahan data maupun karena peserta ingin melakukan perubahan data karana kondisi-kondisi tertentu, namun yang perlu diperhatikan adalah perubahan data kepesertaan tidak bisa dilakukan sembarangan namun memiliki ketentuan dan persyaratan tersendiri, dan juga apapun perubahan data kepesertaan yang ingin dilakukan tidak bisa diproses secara online namun harus datang langsung ke kantor BPJS kesehatan.
Berapa lama proses mutasi BPJS Kesehatan?

Ada beberapa peserta BPJS yang bertanya berapakah lamanya proses perubahan data kepesertaan BPJS?, perlu anda ketahui bahwa proses perubahan data kepesertaan tidak bisa diprediksi secara langsung berapa lama prosesnya, mungkin ada yang selesai pada hari itu juga atau mungkin ada yang selesai beberapa hari, sangat tergantung sekali dengan kebijakan kantor BPJS yang dikunjungi dan juga sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya, seperti kelengkapan berkas persyaratan, antrian dan faktor lainnya.

Jenis-Jenis Perubahan data kepesertaan dan waktu yang dibutuhkan untuk memprosesnya

Berikut adalah beberapa perubahan data kepesertaan BPJS dan juga prediksi waktu yang dibutuhkan untuk prosesnya:

1. Kartu peserta Rusak atau Data peserta salah

Ada kasus yang menyebabkan data peserta salah dan perlu diperbaiki, atau kartu rusak sehingga data sulit untuk dibaca, misalnya, nama peserta, alamat peserta dan data peserta lainnya tidak bisa dibaca,
Untuk kasus ini maka perubahan data kepesertaan bisa langsung dilakukan di kantor BPJS setempat dengan membawa persyaratan:

  • Kartu peserta yang rusak atau surat pernyataan hilang dari yang bersangkutan (bermaterai)
  • KTP peserta
  • KK yang masih berlaku


Waktu yang dibutuhkan:
Peserta akan mendapatkan pergantian kartu dan seharusnya bisa langsung diproses pada hari itu juga

2. Mutasi atau peralihan jenis kepesertaan

Karena disebabkan beberapa hal, peserta bisa saja melakukan perpindahan jenis kepesertaan atau mutasi, peraturan bpjs sendiri memperbolehkan peserta melakukan mutasi kepesertaa, seperti misalnya:


Proses mutasi Biasanya tidak bisa dilakukan sembarangan ada ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi, dan ini juga dapat menyebebkan proses mutasi tidak bisa langsung jadi pada waktu itu dan bisa saja memerlukan waktu berhari-hari bahkan bisa saja berbulan-bulan, namun idealnya jika persyaratan dan ketentuan sudah lengkap proses mutasi bisa diproses cukup 1 hari.

Misal jika mutasi dari PBI menjadi peserta Mandiri atau Perusahaan, maka ini tidak bisa diproses secara langsung namun harus menunggu, beberapa hari karena harus dilakukan pencabutan dari kepesertaan PBI dari dinas sosial yang biasanya dilakukan setiap 6 bulan sekali. jadi si peserta mau tidak mau harus menunggu setiap 6 bulan sekali.

Misalnya lagi mutasi dari perusahaan ke mandiri, ini juga jika ketentuannya belum memenuhi maka proses bisa memakan waktu beberapa hari, mutasi dari bpjs perusahaan ke mandiri harus menonaktifkan bpjs perusahaan, dan syarat utamanya perusahaan tidak memiliki tanggungan.

3. Perubahan fasilitas kesehatan tingkat 1

Fakses tingkat 1 adalah fasilitas kesehatan yang harus dikunjungi oleh perserta pertama kali ketika ingin berobat dengan BPJS. Perubahan fasilitas kesehatan tingkat 1 atau faskes tingkat 1 baru bisa dilakukan jika masa kepesertaan sudah menginjak 3 bulan atau lebih dari perubahan sebelumnya. untuk melakukan perubahan faskes dapat langsung ke kantor BPJS dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan, untuk referensi silahkan baca, Cara pindah faskes tingkat 1 (syarat dan prosedur)

Waktu yang dibutuhkan:
Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan faskes tingkat 1, bisa selesai pada hari itu juga jika persyaratan dan ketentuan sudah memenuhi.


4. Pengurangan dan Penambahan anggota keluarga BPJS

Perubahan data kepesertaan berikutnya adalah pengurangan dan penambahan anggota keluarga bpjs, pengurangan bisa saja terjadi, salah satunya jika ada peserta bpjs yang meninggal dunia, untuk kasus ini harus segera dilaporkan agar tagihan bpjs untuk peserta bisa dihentikan, dan penambahan bisa terjadi jika ada anggota keluarga baru pada KK seperti adanya kelahiran atau adanya penambahan keluarga pada KK.

Syarat untuk mengurus kepesertaan BPJS karena peserta meninggal dunia bisa anda baca di artikel sebelumnya tentang Prosedur penonaktifan peserta BPJS meninggal dunia., proses bisa langsung selesai pada waktu itu juga jika syarat dan prosedur sudah memenuhi.

Penambahan keluarga menjadi peserta BPJS bisa dilakukan bahkan untuk bayi yang masih dalam kandungan khusus untuk peserta BPJS mandiri, atau ketika bayi sudah dilahirkan untuk peserta BPJS Perusahaan atau peserta PBI, 

Waktu yang dibutuhkan:
Prosesnya bisa langsung di hari itu, dan untuk penambahan keluarga bayi kartu akan langsung aktif dan biaya bisa ditanggung bpjs ketika iuran pertama sudah di bayarkan, baca waktu pembayaran iuran pertama bpjs untuk bayi, sedangkan untuk penambahan anggota keluarga lainnya prosesnya sama dengan pendaftaran bpjs untuk peserta bpjs mandiri.


Itulah beberapa perubahan data kepesertaan dan waktu yang dibutuhkan sampai proses selesai. demikian tentang lama proses mutasi BPJS Kesehatan?, semoga bermanfaat.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!