-->

Pembayaran Iuran BPJS Terbaru menggunakan Sistem VA Keluarga

Pada awalnya iuran BPJS kesehatan untuk peserta BPJS mandiri atau perorangan menggunakan satu virtual account untuk setiap peserta, walaupun masih dalam satu keluarga, seperti misalnya, jika dalam keluarga anda dalam satu KK yang terdaftar menjadi peserta BPJS ada 5 orang, maka ke lima orang tersebut akan memiliki virtual account berbeda masing-masing 1 virtual account untuk setiap peserta, sehingga pembayaran pun harus per orang menggunakan nomor virtual account peserta yang bersangkutan, jik ada 5 anggota keluarga terdaftar menjadi peserta maka pembayaran iuran bulanan pun harus dilakukan sebanyak 5 kali transaksi untuk setiap peserta, jelas memang sistem tersebut jika harus dianalisa sangt kurang praktis.

Pembayaran Iuran BPJS Sistem VA Keluarga

Tapi seiring waktu untuk saat ini pembayaran iuran BPJS sudah mengalami perubahan, sekarang sistem pembayaran iuran menggunakan sistem VA Keluarga, sangat jauh berbeda dengan sistem pembayaran sebelumnya, pembayaran iuran menggunakan sistem VA keluarga jauh lebih praktis dan cepat, hanya dengan 1 kali transaksi pembayaran iuran untuk satu keluarga sesuai dengan KK sudah berhasil dibayarkan, tapi ingat yang iurannya harus dibayar adalah anggota keluarga yang terdapat di KK yang sudah menjadi peserta BPJS kesehatan.

Bagaimana sistem pembayaran 1 VA untuk 1 keluarga berjalan?

Untuk pendaftar baru pembayaran 1 nomor virtual account untuk 1 keluarga ini sudah mulai diberlakukan sejak agustus 2016 namun belum menyeluruh, tapi pada akhirnya sistem pembayaran baru ini sekaligus berlaku untuk semua peserta BPJS sebelumnya, memang banyak yang dikagetkan dengan sistem pembayaran menggunakan 1 virtual account ini, pasalnya mungkin kurang disosialisasikan atau mungkin banyak peserta BPJS yang belum mendapatkan informasi yang jelas baca: Kenali sistem pembayaran baru BPJS agar tidak kaget.

Bahkan ketika pertama kali diberlakukan banyak para peserta BPJS yang menganggap ada kesalahan sistem perhitungan BPJS, karena seoalah-olah iuran naik padahal yang bersangkutan tidak pernah memiliki tunggakan sebelumnya, dan di menu ATM pun sudah berganti yang tadinya indivodu sekarang berganti menjadi keluarga.

Simulasi perhitungan sistem pembayaran BPJS VA keluarga

Sistem pembayaran 1 VA untuk 1 Keluarga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sistem pembayaran sebelumnya, tapi di sistem pembayaran baru ini anda cukup membayar iuran BPJS menggunakan salah satu nomor virtual account salah satu anggota keluarga yang sudah menjadi peserta, bisa ayah, ibu atau virtual account anaknya, informasi tagihan jumlah nominal yang muncul adalah akumulasi untuk iuran seluruh keluarga,

Jadi jangan heran ketika anda mengecek tagihan menggunakan salah satu virtual account milik anggota keluarga, baik ayah, ibu maupun anak, jumlah nominalnya akan besar, karena itu adalah jumlah iuran akumulasi untuk seluruh keluarga peserta BPJS.

Sebagai contoh, Misal Jika 1 Kartu Keluarga (KK) Peserta BPJS terdiri dari 5 orang

Ayah
Ibu
Anak1
Anak2
Anak3

Jika si Ayah akan membayar iuran BPJS maka jumlah tagihan yang muncul adalah tagihan total untuk 5 orang, beda dengan yang sebelumnya tagihan yang muncul hanya untuk peserta yang bersangkutan, begitu juga untuk anggota keluarga lainnya, jika yang diinput adalah nomor peserta anak, maka informasi tagihan yang muncul adalah total tagihan untuk semua anggota keluarga peserta dan akan mengatasnamakan kepala keluarganya, bukan anak tersebut.

Anda cukup Membayar sesuai dengan informasi jumlah total yang diminta, cukup lakukan 1 kali transaksi pembayaran untuk seluruh keluarga menggunakan salah satu Virtual Account (VA) peserta, untuk anggota keluarga lainnya tidak perlu dilakukan pembayaran lagi.

Baca juga: Cara mengetahui nomor virtual account yang hilang atau lupa

Tahap implementasi Sistem pembayaran iuran BPJS VA Keluarga ini sudah diterapkan di bulan agustus 2016

Sistem pembayaran ini sebenarnya sudah mulai dilaksanakan pada bulan agustus namun masih dilakukan secara paralel, selain menggunakan sistem pembayaran iuran yang lama, juga untuk sebagian peserta diberlakukan sistem pembayaran iuran yang baru:

Tahap 1
Dilakukan di chanel PPOB (Pembayaran BPJS di Minimarket & kantor pos) yang terdapat di seluruh indonesia mulai tanggal 1 sampai dengan 18 agustus menggunakan sistem paralel, dan mulai tanggal 19 sampai sekarang menggunakan sistem baru, satu Nomor Virtual Account (VA) untuk satu keluarga.

Tahap 2
Mulai 1 september 2016 sampai sekarang sistem pembayaran terbaru VA Keluarga mulai diberlakukan untuk pembayaran via sistem perbankan, (ATM dan Bank)

Adanya sistem pembayaran baru ini sepertinya tidak lepas dari perbaikan sistem pembayaran iuran bpjs sebelumnya yang dirasa kurang praktis, dengan sistem pembayaran 1Virtual account (VA) untuk satu keluarga maka pembayaran akan lebih mudah dan lebih praktis, cukup satu kali transaksi maka pembayaran iuran untuk seluruh keluarga selesai.

Demikian semoga membantu.
loading...

2 Responses to "Pembayaran Iuran BPJS Terbaru menggunakan Sistem VA Keluarga"

  1. Saya mendaftar BPJS satu keluarga untuk 4 orang . Saya, Istri dan 2 anak. Pendaftaran dilakukan di kota Muntok Bangka Barat. Pertanyaan saya, 2 anak saya domisili di Pangkalpinang. Sementara kartu terdaftar di Muntok untuk kedua anak saya
    Nah. Seandainya mereka mau berobat di Pangkalpinang apa harus Balik dulu ke Muntok? Atau bagaimana
    Mohon penjelasan detailnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peserta bpjs yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan, maka harus mendatangi faskes terpilih sesuai yang tertera di kartu bpjs.

      Jika domisili diluar kota maka bisa membuat surat pengatntar dari kantor bpjs untuk bisa mengunjungi faskes di kota tersebut.

      Sebaiknya dipertimbangkan memilih faskes jika banyak menghabiskan waktu di tempat domisili sekrang maka lebih baik pindah faskes, minimal kepesertaan sudah 3 bulan.

      untuk pindah faskes bisa mendatangi kantor bpjs di alamat terdekat, Jika alamat ktp tidak sesuai maka sertakan surat pernyataan domisili dari RT/RW setempat ketika ingin melakukan perubahan faskes.

      Moga membantu

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel