Prosedur Perpanjangan Anak Peserta BPJS PPU Usia 21 tahun yang masih kuliah

Kita ketahui bersama bahwa ada 3 kategori jenis kepesertaan BPJS, yaitu peserta BPJS Penerima bantuan Iuran (PBI) ini adalah jenis kepesertaan BPJS untuk fakir miskin dan warga tidak mampu, sama halnya dengan peserta pemegang KIS, jamkesda atau jamkesmas, kemudian yang kedua adalah peserta BPJS Mandiri dari golongan Pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan bukan Pekerja (BP), dan yang ketiga adalah peserta BPJS Perusahaan atau badan usaha dari golongan Pekerja Penerima Upah (PPU), PNS dan TNI Polri.

Terkait dengan kepesertaan BPJS PPU, ini memang sedikit berbeda dengan peserta mandiri atau PBI, dikarenakan setiap peserta BPJS PPU dapat menanggung sampai dengan 4 orang anggota keluarga lainnya (5 dengan peserta yang bersangkutan), yang meliputi peserta yang bersangkutan, suami/istri, dan 3 orang anak yang sah baik anak kandung maupun anak angkat berdasarkan keputusan pengadilan negeri.

Perpanjangan kepesertaan PPU usia 21 tahun yang masih kuliah


Anak yang dapat menjadi tanggungan adalah anak yang belum berusiah 21 tahun atau anak yang belum berusia 25 tahun jika si anak masih mengenyam pendidikan formal (kuliah), jadi artinya kepesertaan BPJS anak yang menjadi tanggunngan dibatasi sampai usia si anak 21 tahun atau paling tidak sampai 25 tahun jika masih kuliah, dan jika si anak sudah menginjak usia 21 tahun maka kepesertaan BPJS PPU si anak akan langsung di nonaktifkan secara otomatis.
Baca: Prosedur peralihan anak peserta bpjs ppu usia 21 tahun

Si anak dari peserta BPJS PPU yang sudah berusia 21 tahun atau sudah bekerja harus melakukan perubahan data kepesertaan baik menjadi peserta BPJS PPU jika si anak sudah bekerja atau peserta BPJS Mandiri jika si anak tidak bekerja, jika si anak masih kuliah maka tetap harus membuat laporan ke pihak bpjs dengan membawa surat keterangan kuliah dari instansi terkait agar kepesertaan PPU untuk si anak bisa di perpanjang sampai 25 tahun.

Prosedur Perpanjangan Anak Peserta BPJS PPU Usia 21 tahun yang masih kuliah

Untuk melakukan perubahan data kepesertaan atau peralihan anak peserta PPU usia 21 tahun, sampai saat ini belum bisa dilakukan secara online, tapi harus datang langsung ke kantor BPJS setempat dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan. kepesertaan si anak bisa dialihkan menjadi peserta BPJS PPU atau mandiri, namun jika anak sudah berusia 21 tahun tapi masih menempuh pendidikan formal maka tetap harus melakukan pelaporan ke pihak bpjs agar dapat diperpanjang hingga 25 tahun, adapun persyaratan yang harus dibawa adalah:
  • Kartu BPJS Kesehatan si Anak
  • Kartu Keluarga (KK)
  • KTP
  • Slip gaji pekerja
  • Surat keterangan kuliah terbaru
Jika tidak dilakukan pelaporan perpanjangan, maka kepesertaan PPU dari si anak sebagai tanggungan akan dinon-aktifkan secara otomatis, dan itu artinya peserta yang bersangkutan tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang ditanggung oleh bpjs.

jika si anak sudah berusia 25 tahun, maka si anak bisa melakukan peralihan bisa menjadi peserta BPJS Mandiri, atau menjadi peserta PPU jika si anak sudah bekerja.

Untuk menjadi peserta mandiri persyaratannya adalah:
  • KTP
  • KK
  • Kartu Peserta BPJS,
  • Foto 3x4 berwarna
  • Kepemilikan rekening bank jika ingin mengambil kelas 1 atau 2

Jika peserta ingin menjadi peserta BPJS PPU maka peserta bisa menghubungi pihak HRD perusahaan terkait untuk dilakukan perubahan, ketentuan dan persyaratan akan diinformasikan oleh pihak HRD perusahaan terkait.

Demikian mengenai Prosedur Perpanjangan Anak Peserta BPJS PPU Usia 21 tahun yang masih kuliah, semoga bermanfaat.
loading...

4 comments:

  1. Pak/buk mau bertanya misal jika berlakunya hingga tahun 2014 diusia 21 tahun dan belum lulus kuliah dan belum sempat perpanjang, kemudian di tahun 2017 diusia 23 tahun akan kuliah lagi, jika begitu apakah bisa melakukan perpanjangan bpjs kembali meski sudah habis masa berlakunya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam
      Dapat kami sampaikan bahwa peserta yang terdaftar sebagai PPU (Pekerja Penerima Upah) dapat menanggung anak hingga usia 21 tahun (belum meinikah dan belum bekerja), apabila telah melebihi 21 tahun tetapi masih menempuh pendidikan formasl dapat diperpanjang hingga usia 25 tahun. Perpanjangan dapat dilakukan dengan melaporkan ke kantor BPJS Kesehatan dengan membawa :
      1. Kartu BPJS Kesehatan
      2. KK
      3. KTP
      4. Slip gaji pekerja
      5. Surat keterangan kuliah terbaru
      Apabila tidak ada pelaporan perpanjangan, maka data anak usia diatas 21 tahun akan otomatis non aktif.

      Delete
  2. Saya sudah pernah perpanjang ketika umur saya 22 thn, tapi baru2 ini kata pihak klinik bpjs, keanggotaan saya sidah tidak aktif lagi. Apa betul setelah usia 21, saya harus terus melakukan perpanjangan tiap tahun? Atau cukup sekali saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perpanjangan berlaku sampai usia 25 tahun, jika setelah melakukan perpanjangan ternyata non-aktif, bapak bisa datang ke kantor bpjs untuk mendapatkan informasi lebih lanjut..

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!