Tempat Pembayaran Iuran Bulanan BPJS Kesehatan

Tempat Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan - Semua peserta BPJS baik itu Peserta Bantuan Iuran (PBI), peserta Mandiri atau Individu mapun peserta BPJS Perusahaan (PPU), semuanya wajib membayar iuran, peserta BPJS PBI iuran dibayar oleh pemerintah dengan nominal tertentu, Peserta BPJS PPU iuran dibayar oleh perusahaan secara kolektif sebesar  4%dari perusahaan 1% dari pekerja untuk 5 tanggungan sekaligus, sedangkan mandiri iuran dibayarkan oleh sendiri untuk tiap orang.

Khusus untuk peserta BPJS Mandiri pembayaran iuran pertama harus dilakukan setelah 14 hari sejak mendapatkan nomor virtual account, pembayaran iuran bpjs bisa dilakukan di Bank, ATM Bank atau di Payment Point Online Bank (PPOB) yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan sudah tersedia di beberapa tempat.

tempat pembayaran iuran bpjs kesehatan

Sebenarnya untuk peserta BPJS Kesehatan kelas I dan kelas II yang memiliki rekening bank pembayaran bisa dilakukan melalui ATM Bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS yaitu Bank BNI, BTN, BRI dan Mandiri, sedangkan untuk peserta BPJS kelas III yang tidak memiliki rekening bank bisa menggunakan layanan PPOB yang sudah bekerjasama dengan BPJS.

Tempat Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Saat ini BPJS memang menyediakan berbagai alternative untuk tempat pembayaran iuran BPJS Kesehatan, tujuannya adalah agar peserta tidak sampai telat bayar atau menunggak.
Berikut adalah Beberapa tempat pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang bisa anda gunakan untuk membayar iuran Bulanan BPJS anda.

1. ATM Bank

Tempat pembayaran iuran BPJS yang pertama adalah ATM Bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS, sampai saat ini bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS adalah Bank BNI, BRI, BNI, BTN dan Mandiri. Anda bisa melakukan pembayaran iuran bpjs di ATM menggunakan menu khusus yang sudah disediakan jadi sistemnya bukan transfer antar rekening.

Pembayaran Via ATM Lebih diprioritaskan untuk peserta BPJS kelas I dan Kelas II dimana slah satu pendaftarannya harus memiliki rekening bank.

2. Di teller Bank

BPJS Juga kini menyediakan pembayaran langsung melalui teller bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS (BNI, BRI dan Mandiri),  Jika anda kesulitan untuk membayar iuran pertama anda bisa membayar lewat bank langsung

3. Di Minimarket (Alfamart dan Indomart)

BPJS juga kini sudah menyediakan fasilitas pembayaran di minimarket seperti alfamart dan indomart, cara pembayaran ini lebih dikhususkan untuk anda yang mengambil kelas III BPJS, karena kelas III biasanya tidak berkewajiban memiliki rekening bank.

Untuk melakukan pembayaran di alfamart syaratnya adalah Nomor virtual account salah satu peserta atau bisa juga menggunakan salah satu nomor kartu BPJS, nanti petugas minimarket akan melakukan pengecekan tagihan dan proses pembayaran untuk anda.  Pembayaran di minimarket biasanya akan dikenakan biaya tambahan dari mulai 1.000 sampai dengan 3.000 peroranga.

4. Di Kantor Pos

BPJS Juga kini menyediakan fasilitas pembayaran di Kantor Post, tapi pembayaran di kantor pos masih dalam proses ujicoba dan sayangnya baru berjalan di beberapa kantor pos di beberapa daerah, dan kemungkinan besar pembayaran BPJS di kantor pos dalam waktu dekat akan diberlakukan untuk seluruh daerah.


5. Melalui Autodebet bank

Untuk Lebih memudahkan melakukan pembayaran, khusus bagi peserta yang memliki rekening di bank BNI, BRI, dan Mandiri, bisa menggunakan system Autodebet untuk pembayaran BPJS, pebayaran iuran Bulanan BPJS akan dibayarkan secara otomatis dengan memotong langsung saldo rekening anda, dengan cara ini anda tidak usah khawatir akan terlambat membayar atau tidak perlu khawatir lupa membayar.

6.Melalui SMS Banking

BPJS JUga menyediakan pembayaran secara online melalui SMS Banking. Jika anda yang sudah mengaktifkan SMS Banking pembayaran lebih mudah, bisa dilakukan dimanasaja melalui perangkat mobile anda.

Itulah Beberapa tempat untuk membayar iuran BPJS, tujuan banyaknya fasilitas pembayaran yang disediakan oleh BPJS kesehatan tidak lain agar setiap peserta lebih mudah melakukan pembayaran iuran BPJS sehinga bisa menghindar dari telat bayar dan juga tunggakan.


Ingat pembayaran iuran BPJS paling lambat harus dibayarkan sampai tanggal 10 bulan yang bersangkutan. Meskipun untuk saat ini denda keterlambatan sudah dihapuskan, lebih baik membayar iuran tepat waktu daripada harus menunggak, karena semakin banyak jumlah menunggak tagihampun akan semakin membengkak, pada akhirnya justru akan menjadi beban peserta sendiri.



loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!