Apakah Peserta BPJS Kelas 3 harus memiliki rekening Bank?

Sebuah pertanyaan dari beberapa calon peserta BPJS yang ingin melakukan pendaftaran bpjs, Apakah Peserta BPJS Kelas 3 harus memiliki rekening Bank? - Peserta BPJS kelas 3 adalah peserta BPJS dengan iuran premi bulanan paling murah sekitar Rp 25.500, peserta kelas 3 ini akan mendapatkan hak kelas rawat inap di kelas 3, dan hanya dapat berobat di Puskesmas setempat, Pertanyaannya apakah peserta BPJS yang ingin mengambil BPJS kelas 3 perlu memiliki rekening bank?

Kita ketahui bersama bahwa salah satu syarat daftar bpjs adalah memiliki rekening bank, kepemilikan rekening bank tersebut fungsinya adalah untuk memudahkan peserta BPJS membayar iuran atau premi bulanan bpjs, sehingga tidak terjadi telat bayar atau menunggak iuran bpjs.

Apakah Peserta BPJS Kelas 3 harus memiliki rekening Bank?


Jika telat 1 bulan saja tidak melakukan pembayaran iuran maka konsekuensinya adalah kepesertaan BPJS bisa dinonaktifkan dan kartu bpjs tidak bisa digunakan untuk berobat.


Apakah Peserta BPJS Kelas 3 harus memiliki rekening Bank?

Kembali kepertanyaan inti yang akan kita bahas kali ini, apakah peserta kelas 3 perlu memiliki rekening bank?.

Ada kabar baik bahwa jika anda mendaftar BPJS dilakukan secara manual dengan mengambil kelas III, maka anda tidak perlu memiliki rekening bank, tapi jika pendaftaran bpjs dilakukan secara online, meskipun anda mengambil kelas tiga, harus menyertakan rekening bank.

Kepemilikan rekening bank sebenarnya hanya diperuntukan bagi peserta yang mengambil kelas I dan kelas 2,  sedangkan yang mengambil kelas III tidak harus memiliki rekening bank.

Lantas bagaimanakah pembayaran iuan pertama bpjs untuk peserta kelas 3 dibayarkan jika tidak memiliki rekening bank?

Untuk melakukan pembayaran iuran BPJS ada banyak sekali alternatif yang dapat dipilih, bisa melalui ATM bank yang sudah bekerjasama dengan bpjs, melalui minimarket seperti alfamart atau indomart, melalui teler bank atau melalui kantor pos, anda bisa memilih salah satu alternatif yang menurut anda lebih mudah dan cepat.

Khusus untuk kelas 3 karena tidak harus memiliki rekening bank, maka mereka dapat melakukan pembayaran iuran pertama maupun iuran berikutnya melalui Minimarket terdekat yakni alfamart dan indomart, atau melalui kantor pos jika memang sudah tersedia.

Sedangkan yang mengambil kelas I atau 2 maka wajib untuk memiliki rekening bank, baik menggunakan rekening bank sendiri maupun anggota keluarga. kepemilikan rekening bank tersebut digunakan agar peserta yang bersangkutan lebih mudah untuk melakukan pembayaran melalui ATM, teler bank maupu melalui autodebet otomatis.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!