Cek Tagihan BPJS secara Online untuk Individu atau perorangan

Cek Tagihan BPJS secara Online untuk Individu atau perorangan - Kewajiban peserta BPJS Kesehatan terutama untuk peserta BPJS mandiri atau individu dan juga peserta BPJS Peserta Penerima Upah (PPU) perusahaan atau badan usaha adalah melakukan pembayaran iuran bulanan yang besar kecilnya disesuaikan dengan kelas BPJS yang diambil, iuran bulanan harus dibayarkan paling lambat setiap tanggal 10 bulan yang bersangkutan, saat ini terlambat membayar iuran memang tidak akan terkena denda, namun jika iuran tidak dibayarkan minimal terlambat 1 bulan saja maka kartu akan langsung dinonaktifkan dan akan muncul tunggakan iuran yang harus dilunasi.

Jika tunggakan tidak dibayar maka tagihan iuran akan terus membesar serta tagihan iuran tidak bisa diputihkan atau dihapus, selama iuran tidak dibayarkan maka kartu akan nonaktif dan tidak bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS, kartu akan diaktifkan kembali dan bisa digunakan kembali jika tunggakan dilunasi seluruhnya.

cek tagihan bpjs onlin

Ada banyak kasus yang terjadi mengenai permasalahan iuran bpjs ini, ada yang rutin membayar iuran bulanan, namun tanpa disangka-sangka ternyata muncul tunggakan, ada juga yang memang sengaja iuran tidak dibayarkan namun ingin mengaktifkan kembali kartu bpjs yang sebelumnya diblokit.

Ada kalanya peserta bpjs individu atau perorangan yang sudah lama tidak membayar iuran bpjs ingin mengecek berapa tagihan tunggakan yang dimilikinya, bahkan ada juga yang ingin mengecek pembayaran iuran bpjs yang sudah dibayarny, apakah sudah diterima atau belum. Ada kabar baik bahwa untuk mengecek tagihan tunggakan dan juga untuk mengetahui status pembayaran bpjs saat ini bisa diketahui dengan mudah dan cepat, baik secara online maupun melalui sms gateway.

Disini saya akan share bagaimana cara cek tagihan bpjs dan cek status pembayaran bpjs secara mudah dan cepat secara online.

Cara Cek Tagihan BPJS secara Online untuk Individu /Perorangan/mandiri

Untuk mengecek tagihan bpjs dan status pembayaran bpjs secara online caranya sangat mudah dan cepat, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka situs cek pembayaran tagihan bpjs yang disediakan oleh situs resmi bpjs-kesehatan.go.id, akan tampil seperti gambar di bawah ini:

cek tagihan dan status pembayaran iuran bpjs
2. Anda akan diminta untuk memasukan data sebagai berikut:

  • No Kartu BPJS, isi dengan nomor kartu bpjs anda.
  • Tanggal Lahir, masukan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS.
  • Angka Validasi, isikan angka yang nampak pada gambar di atasnya
Jika data sudah diisi maka silahkan tekan tombol Cek, sistem akan melakukan proses pengecekan tagihan, silahkan tunggu sampai selesai.

Anda akan melihat informasi data peserta BPJS yang bersangkutan meliputi:
  • Nama Peserta
  • Nomor Peserta
  • Status Kepesertaan
  • Jenis peserta
  • Jumlah anggota keluarga
  • Informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan dan juga informasi tanggal pembayaran terakhir. seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
informasi status kepesertaan dan tagihan bpjs


Oh ya.....
Cara di atas selain untuk mengecek tagihan sekaligus bisa juga anda gunakan untuk mengecek, status pembayaran dan juga cek status kepesertaan apakah masih aktif atau belum.

Jika peserta memiliki tunggakan maka status kepesertaan akan nonaktif, dan jika tidak memiliki tunggakan status kepesertaan akan dalam keadaan aktif.

Lantas Bagaimana cara Mengecek Tagihan BPJS Untuk Perusahaan atau Badan Usaha?

Cara di atas khusus untuk mengecek tagihan dan juga status kepesertaan bpjs secara online untuk peserta BPJS mandiri, individu atau perorangan, dan tidak bisa digunakan untuk mengecek total tagihan iuran bpjs untuk badan usaha atau ppu.

Untuk mengecek tagihan iuran yang harus dibayar oleh perusahaan bisa dilakukan melalui ATM bank, sama halnya ketika melakukan pembayaran, informasi tagihan akan muncul, jika perusahaan menunggak.


Itulah mengenai cara mudah cek Cek Tagihan BPJS secara Online untuk Individu atau perorangan, semoga bermanfaat.
loading...

5 comments:

  1. Sy tidak bayar tagihan bpjs karna rek atas nama Hana Tania Ramadhaniarti ada 2 rekening .cabang bekasi anggota keluarga ada 4 tapi ditagihan ada 5.tolong ditindak lanjuti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam pak, bisa langsung datang ke kantor bpjs tempat melakukan pendaftaran, jangan lupa membawa bawa kartu keluarga

      Delete
  2. Di bulan maret pernah mengajukan turun kelas dr kelas 2 ke kls 3 krn dirasa berat cicilan, & sdh di acc di kantor bpjs kantor cabang jl imam Bonjol Probolinggo, sekalian ganti dokter faskes tingkat 1, tetapi tagihan di bln berikut nya msh tetap tarip kelas 2, bagaimana ini kantor bpjs mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum Bapak/ ibu saya mau tanya,saya sudah membuat bpjs sejak 2015 tpi blom bayar virtual account sampai sekarang 2017 .apakah masih bisa aktif setelah saya bayar VA ? Apa sudah tidak berlaku ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam.

      Jika virtual account sudah diterima, maka pembayaran harus dibayar setelah 14 hari sampai 30 hari sejak virtual account diterima, jika tidak dibayar maka dianggap dicancel, silahkan lakukan pendaftaran ulang

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!