#2 Cara Mudah Mengetahui Tunggakan BPJS Kesehatan

Tunggakan alangkah baiknya diketahui terlebih dahulu sebelum anda melunasi tunggakan tersebut agar anda bisa mempersiapkan jumlah uang yang harus anda bayarkan apalagi, pembayaran iuran bulanan sudah lama tidak anda bayarkan, jadi untuk membantu anda agar anda mengetahui tunggakan bpjs kesehatan anda, maka disini saya akan uraikan bagaimana cara tebaik, mudah dan cepat untuk mengetahuinya.

Kita ketahui bersama bahwa kewajiban Peserta BPJS terutama peserta BPJS mandiri adalah membayar iuran bulanan yang besar kecilnya sangat ditentukan oleh kelas yang diambil dan juga jenis kepesertaan, jika iuran tidak dibayarkan maka peserta akan memiliki tunggakan sesuai dengan bulan keterlambatan, dan kartu peserta akan langsung dinonaktifkan untuk sementara sampai seluruh tunggakan dilunasi.

Cara mengetahui tunggakan BPJS kesehatan


Peraturan terbaru tentang tunggakan yang sudah berlaku sejak 1 juli 2016 menyatakan bahwa untuk peserta yang memiliki tunggakan tidak akan terkena denda, namun si peserta akan terkena denda jika sebelum 45 hari peserta menjalani rawat inap setelah sebelumnya melunasi tunggakan. dan besar kecilnya denda akan dihitung sebanyak 2.5 % dari biaya rawat inap.

Jadi sebaiknya siapapun anda yang kebetulan sudah terdaftar menjadi peserta BPJS sebaiknya iuran harus terus menerus dibayarkan setiap bulan agar anda tidak terkena tunggakan, karena berhenti membayar iuran bpjs tidak akan pernah membuat kepesertaan bpjs anda nonaktif atau dikeluarkan, namun akan terus menambah tunggakan, apalagi tahun 2019 nanti pemerintah mencanangkan semua warga negara harus sudah menjadi peserta BPJS, jika tidak maka peserta tidak akan mendapatkan pelayanan publik, seperti pembuatan ktp, pendirian bangunan dan pelayanan publik lainnya.

Oleh karena itu Jika anda kebetulan sudah lama tidak membayar iuran bpjs dan anda lupa sudah berapa bulan anda tidak melakukan pembayaran, lantas anda punya itikad baik ingin melunasinya dan ingin mengetahui jumlah tunggakan iuran bpjs kesehatan, maka saya disini akan memberikan petunjuk paling mudah bagaimana cara mengecek tunggakan bpjs anda.

Cara Mudah Mengtahui Tunggakan BPJS Kesehatan

Untuk mengetahui tunggakan bpjs sebenarnya sangatlah mudah, bisa melalui sms gateway, atau melalui layanan online yang sudah disediakan oleh pihak bpjs. sebagai berikut:

Cara #1 - Mengetahui Tunggakan BPJS Melalui SMS Gateway

Ini adalah cara yang paling mudah karena anda bisa menggunakan hp atau ponsel anda dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan, Anda bisa menggunakan Nomor kartu BPJS anda atau Nomor Induk Pegawai (NIP) atau menggunakan Nomor Induk Ke pendudukan (NIK) yang bisa anda lihat di ktp anda, 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Jaringan Baik
2. SMS dengan format Pesan di bawah ini:
NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
Contoh       : NOKA  0001260979209
Kirim ke      : 087775500400
atau
NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI
Contoh       : NIP 1962061119880001009
Kirim ke      : 087775500400
atau
NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN (no KTP)
Contoh       : NIK 357303030987
Kirim ke      : 087775500400

Cara #2 - Mengetahui Tunggakan BPJS secara Online

Cara ke dua yang juga mudah adalah dengan mengeceknya secara online, anda bisa menggunakan komputer yang terhubung ke internet atau bisa juga melalui perangkat ponsel anda yang sudah terhubung ke internet.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan gunakan link (bpjs checking)

b. Anda akan diminta untuk memasukan Nomor Kartu BPJS anda dan tanggal lahir anda, seperti ilustarasi gambar di bawah ini:

Cek tunggakan bpjs secara online mudah dan cepat


anda akan mendapatkan informasi tentang tunggakan, dan lain sebagainya, jika anda sudah bisa mengakses data anda maka anda sudah terdaftar dan jika anda mendapatkan informasi tunggakan berarti dapat dipastikan kartu bpjs anda dalam keadaan nonaktif.

Sayangnya fasilitas ini kadang tidak berjalan, bisa jadi dikarenakan padatnya transaksi atau sistem dalam keadaan sedang di maintenance, jika tidak jalan, anda bisa gunakan alternatif lainnya seperti yang diuraikan diatas.


Demikian mengenai 3 Cara Praktis Cek untuk mengetahui Status Aktif Tidaknya Kartu atau kepesertaan  BPJS kesehatan, semoga bermanfaat.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!