Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan (ketentuan, syarat dan prosedur)

Salah satu hak setiap peserta bpjs ketika melakukan pendaftaran adalah menentukan kelas bpjs yang ingin diambil, ada 3 kelas yang bisa dipilih yaitu kelas I, kelas II dan kelas III, apapun kelas yang dipilih jika dilihat dari segi pelayanan rawat jalan tidak ada perbedaan, perbedaannya terletak ketika si peserta menjalani rawat inap, peserta akan mendapatkan hak ruang kelas sesuai dengan kelas bpjs yang dipilih, jika kelas yang dipilih adalah kelas 1, maka si peserta akan mendapatkan hak ruang perawatan kelas satu, begitu juga untuk peserta yang mengambil kelas 2 maka mereka akan mendapatkan ruang perawatan kelas dua, begitu juga untuk kelas tiga.

Kelas BPJS yang akan diambil memang harus difikirkan dengan bijak, karena kelas bpjs yang diambil selain menentukan ruang kelas ketika pasien bpjs di rawat inap, kelas juga menentukan besar kecilnya iuran atau premi bulanan yang harus dibayar oleh peserta BPJS, Umumnya kelas I iuran bulannya lebih mahal diikuti oleh kelas II dan kelas III.

cara merubah kelas bpjs


Selain itu khusus untuk kelas III ada pengecualian dalam hal mendapatkan ruang perawatan, peraturan yang berlaku saat ini kelas III tidak bisa naik kelas perawatan ketika ruang kelas yang menjadi haknya penuh, sehingga kemungkinan besar mereka akan dialihkan ke rumah sakit lain, beda dengan pasien bpjs yang mengambil kelas I dan kelas II mereka diizinkan untuk pindah kelas ketika ruang kelas perawatan yang menjadi haknya penuh, mereka bisa memilih turun kelas perawatan maupun naik kelas perawatan.

Bisa saja kelas bpjs yang anda pilih saat ini tidak dipertimbangkan dengan baik, mungkin anda asal ngambil tanpa memperhitungkan resikonya, sehingga pada akhirnya anda merasa kurang cocok dengan kelas yang sudah anda pilih saat ini, bisa saja karena tidak sesuai dengan kemampuan finansial anda atau karena kurang puas dengan pelayanan kelas yang anda pilih, lalu anda berkeingian ingin ganti atau pindah kelas bpjs. pertanyaannya adalah apakah bisa melalukan pindah kelas bpjs?

Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan (ketentuan, syarat dan prosedur)

Ada sebuah kabar baik, bahwa peserta bpjs bisa melakukan pindah kelas baik naik kelas atau turun kelas, namun tidak bisa dilakukan sesuai dengan keinginan peserta, ada ketentuan, syarat dan prosedur yang harus ditempuh.

Menurut badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan (BPJS) yang dikutif dari situs resmi lapor.go.id,  ketentuan syarat dan prosedur untuk pindah kelas adalah sebagai berikut:


  1. Pindah kelas dapat dilakukan oleh peserta jika peserta tersebut belum membayar iuran pertama bpjs.
  2. Jika peserta sudah membayar iuran pertama bpjs, maka untuk pindah kelas, baru bisa dilakukan setelah masa kepesertaan bpjs 1 tahun atau setelah 1 tahun terdaftar di kelas sebelumnya.
  3. Peserta dapat pindah kelas baik naik kelas atau turun kelas sesuai dengan pertimbangan peserta.
  4. Pindah kelas BPJS untuk saat ini tidak bisa dilakukan secara online, tapi harus datang langsung ke kantor bpjs dengan membawa persyaratan yang meliputi: kartu bpjs yang lama, Fotocopy kartu keluarga dan mengisi formulir perubahan data kepesertaan yang bisa anda download disini. anda bisa print formulir tersebut kemudian mengisinya sesuai dengan data yang diminta sebelum anda menuju kantor bpjs.


Anda sebenarnya bisa memilih kelas manapun yang anda suka dan menurut anda cocok, namun sebaiknya jangan asal-asalan ketika memilih kelas bpjs, ada banyak sekali yang harus dipertimbangkan jangan sampai kelas yang anda pilih memberatkan anda, yang pada akhirnya anda merasa dirugikan, karena perlu diingat bahwa kelas yang dipilih sangat menentukan besar kecilnya iuran bulanan yang harus anda bayar.

Apalagi saat ini berlaku bahwa semua anggota keluarga yang terdapat dalam 1 Kartu keluarga (KK) harus daftar menjadi peserta bpjs dan sifatnya wajib, jadi jangan sampai salah memilih kelas bpjs, yang paling penting adalah sesuaikan dengan kemampuan finansial anda.

Karena saat ini iuran bulanan bpjs menggunakan sistem va keluarga jadi anda tidak bisa membayar hanya untuk sebagian keluarga saja namun harus sekaligus total dibayarkan untuk seluruh anggota keluarga yang sudah terdaftar menjadi peserta bpjs, jangan sampai anda kewalahan membayar iuran bulanan bpjs yang pada akhirnya anda telat membayar sehingga kartu bpjs anda di nonaktifkan dan tunggakan anda membengkak.


Itulah informasi mengenai Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan (ketentuan, syarat dan prosedur), semoga artikel ini bisa memberikan referensi untuk anda sebelum anda melakukan ganti kelas sehingga kelas yang anda pilih adalah kelas bpjs yang paling cocok untuk anda.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!