Mengenal Perbedaan BPJS PBI dan Non PBI?

Jenis kepesertaan BPJS sebanarnya dibagi menjadi beberapa kategori kepesertaanyaitu  peserta BPJS PBI (Penerima bantuan iuran) dan Non PBI (non penerima bantuan iuran), Peserta BPJS PBI disebut juga sebagai peserta penerima bantuan iuran dari pemerintah yang iuran bulanannya dibayarkan oleh pemerintah, sedangkan non-pbi adalah peserta BPJS yang iuran bulanannya dibayarkan oleh sendiri.

Peserta BPJS PBI di bagi lagi menjadi 2 golongan yaitu peserta BPJS PBI APBD (dulu pemegang kartu Jamkesda) yang iuran bulanannya menjadi tanggungan pemerintah daerah dan peserta BPJS PBI APBN (dulu pemegang kartu jamkesmas) yang iuran bulanannya menjadi tanggung pemerintah pusat.

Informasi lebih detail tentang peserta BPJS BPI dapat dibaca di artikel di bawah ini:
Mengenal Jenis kepesertaan BPJS PBI lebih detail

Mengenal perbedaan bpjs pbi dan non PBI


Sedangkan untuk peserta BPJS Non PBI di bagi lagi menjadi 2 kategori, yakni peserta BPJS Mandiri dan peserta BPJS (PPU) Pekerja Penerima upah, peserta BPJS Mandiri diperuntukan untuk golongan bukan pekerja (BP) dan golongan pekerja bukan penerima upah (PBPU) sedangkan peserta bpjs PPU diperuntukan untuk golongan pekerja penerima upah atau pekerja yang bekerja di sebuah perusahaan baik perusahaan pemerintah (PNS/TNI Polri) maupun pewagai swasta.

Lantas apa perbedaan Peserta BPJS PBI dan Non PBI?

Mengenal Perbedaan BPJS PBI dan Non PBI?

Berikut adalah perbedaan peserta BPJS PBI dan Non PBI:
  1. Peserta BPJS PBI hanya untuk warga miskin dan kurang mampu menurut data dinas sosial sedangkan peserta BPJS PBI untuk warga mampu yang meliputi pekerja bukan penerima upah (PBPU), bukan pekerja (BP) seperti Pemilik perusahaan dll, dan juga pekerja penerima upah (PPU)
  2. Peserta BPJS PBI hanya berhak atas bpjs kelas 3, sedangkan untuk non PBI berhak atas kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. (baca: perbedaan fasiltias kelas 1, 2 dan 3 bpjs)
  3. Peserta BPJS PBI hanya dapat berobat di faskes tingkat 1 puskesmas kelurahan atau desa, sedangkan peserta BPJS Non PBI dapat memilih fasilitas kesehatan yang telah ditentukan dan sudah bekerjasama dengan bpjs sesuai dengan area domisili.
  4. Peserta BPJS PBI iuran bulanannya ditanggung oleh pemerintah, jadi tidak perlu membayar iuran sendiri, sedangkan peserta BPJS non PBI iuran bulanannya harus dibayar oleh sendiri walaupun untuk peserta bpjs non pbi dari golongan Pekerja penerima upah iurannya ditanggung sebagian oleh perusahaan.
  5. Peserta BPJS PBI dan non pbi yang mengambil kelas 3 tidak bisa naik kelas ketika di rawat, sedangkan untuk peserta BPJS non PBI yang khusus mengambil kelas I dan 2 bisa naik kelas perawatan apabila kondisi kamar yang menjadi haknya di rumah sakit penuh.
  6. Peserta BPJS PBI dan Non PBI yang mengambil kelas 3 tidak perlu memiliki rekening bank, sedangkan untuk peserta Non PBI mandiri yang mengambil kelas 1 dan 2 harus memiliki rekening bank ketika mendaftar.
  7. Untuk menjadi peserta BPJS PBI dan berhenti menjadi peserta bpjs pbi hanya dapat direkomendasikan oleh data rekonsiliasi dari kementrian sosial atas referensi dari dinas sosial setempat, jika sesuai dengan kategori miskin dan kurang mampu maka peserta akan didaftarkan menjadi peserta bpjs pbi, sedangkan untuk peserta non PBI dapat mendaftarkan diri secara pribadi baik melalui perusahaan tempat bekerja atau datang langsung ke kantor bpjs jika ingin menjadi peserta mandiri.

Dengan mengetahui perbedaan bpjs pbi dan non pbi anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jenis kepesertaan bpjs, jika mampu maka menurut saya lebih baik mengambil kelas bpjs 1 atau 2 namun jika tidak mampu anda bisa menjadi peserta bpjs pbi yang iuran bulannya ditanggung oleh pemerintah.

Demikian mengenai perbedaan antara bpjs pbi dan non PBI, semoga bermanfaat.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!