Worksheet Perhitungan Iuran BPJS Ketenagakerjaan MS. Excel

Menghitung iuran bpjs ketenagakerjaan tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena ada dasar perhitungan yang harus di jadikan referensi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak bpjs, perhitungan biasanya dilibatkan untuk 4 program utama yang dimiliki bpjs ketenagakerjaan, yaitu Program jaminan keselamatan kerja (JKK), jaminan hari tua (JHT), jaminan pensiun atau JP dan jaminan kematian, ke 4 program tersebut memiliki dasar perhitungan yang berbeda-beda satu sama lain.

Perhitungan bpjs ketenagakerjaan biasanya sangat tergantung dari 3 hal yaitu, upah tenaga kerja perbulan, nilai maksimal upah yang dijadikan dasar perhitungan dan juga nilai dari UMR/UMP atau UMK yang berlaku, dan upah yang dijadikan dasar perhitungan adalah upah pokok ditambah dengan tunjangan tetap, iuran dihitung berdasarkan persentase yang telah ditentukan oleh pihak bpjs ketenagakeerjaan, dan iuran yang dibayarkan sebagian ditanggung oleh perusahaan.

kalkulator perhitungan iuran bpjs tk ms excel

Perhitungan iuran bulanan bpjs ketenagakerjaan sebenarnya sangatlah mudah jika kita tau dasar perhitungannya, namun yang menjadi kendala adalah lamanya melakukan proses perhitungan, apalagi  jika dilakukan secara manual, oleh karena itu cara terbaik adalah menggunakan alat bantu atau kalkulator (calculator) khusus, salah satunya menggunakan bantuan microsoft exel.

Anda sebenarnya bisa membuatnya sendiri, namun tentu saja perlu kemampuan khusus terutama anda harus paham mengenai rumus microsoft excel, sayangnya tidak semua orang paham dengan microsoft excel, oleh karena itu untuk membantu anda yang kebetulan merasa kesulitan menghitung iuran bpjs ketenagakerjaan, di artikel kali ini saya sajikan Worksheet ms excel lengkap dengan rumus yang siap anda gunakan secara gratis.

Download Kalkulator  MS Excel untuk menghitung iuran BPJS

Silahkan download filenya di artikel di bawah ini:


File yang didwonload adalah file ms excel yang siap anda gunakan, silahkan download dan simpan di komputer anda.

Cara mennggunakan kalkulator ms excel

Untuk menggunakan kalkulator ms exel yang sudah anda download, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka file ms excel yang sudah anda download.

Silahkan buka dengan double klik file ms excel yang sudah anda download.

2. Geser ke kanan dan Sesuaikan data dasar perhitungan,

Setelah file terbuka, silahkan geser ke sebelah kanan untuk menyesuaikan data variable perhitungan untuk ke 4 program bpjs ketenagakerjaan dalam bentuk persentase, juga data UMR/UMP atau UMK serta data upah maksimal.

seperti table di bawah ini:



Data yang harus disesuaikan:

  • Sesuaikan data UMR/UMK/UMP sesuai yang berlaku di wilayah anda,
  • Nilai upah maksimal diisi dengan nilai upah maksimal yang dijadikan perhitungan jika upah melebihi angka tersebut, biasanya sudah ditentukan oleh pihak bpjs tk, yang berlaku saat ini 8.000.000
  • Masukan juga persentase JKK, sesuai dengan resiko pekerjaan, di contoh JKK yang dimasukan adalah untuk resiko pekerjaan rendah yaitu sebesar 0.54%, sesuaikan dengan resiko pekerjaan, referensi bisa dilihat di artikel ini
  • Jangan lupa simpan

Untuk memahami dasar perhitungan anda bisa baca artikel di bawah ini:
Cara menghitung iuran bpjs ketenagakerjaan JKM, JP, JKK dan JHT contoh kasus lengkap

3. Input data karyawan dan Gaji

Untuk melakukan perhitungan, masukan nama tenaga kerja dan upah sebulan, nilai upah yang dimasukan adalah jumlah upah pokok dan tunjangan tetap.




Worksheet microsoft excel akan menghitung tarif KKK, JKM, JHT dan JP yang harus dibayar oleh perusahaan dan juga oleh karyawan, dan juga sekaligus menampilkan total iuran BPJS ketenagakerjaan yang harus dibayar seluruhnya. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!