Cara Mudah Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan yang hilang

Cara mengetahui no kartu bpjs yang hilang sebenarnya sangat mudah, tapi mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui caranya. - Kartu bpjs adalah kartu identitas peserta bpjs yang harus selalu dijaga jangan sampai hilang dan harus selalu dibawa dan ditunjukan ketika peserta ingin menggunakan pelayanan dari bpjs kesehatan. di kartu bpjs tertera biodata peserta seperti nama peserta, nomor kartu peserta dan juga faskes tingkat 1 (fasilitas keseahtan tingkat 1) yang harus dikunjungi pertama kali oleh peserta ketika peserta ingin menggunakan layanan rawat jalan dari bpjs.

Ada kalanya karena beberapa hal, kartu bpjs bisa saja hilang atau rusak, jika rusak sebenarnya tidaklah masalah yang penting nomor kartu masih terbaca, namun jika hilang urusannya lain lagi, anda tidak akan bisa menggunakan layanan bpjs, bahkan mungkin akan kesulitan ketika melakukan perubahan data kepesertaan, baik untuk pindah kepesertaan maupun memperbaiki data yang salah.

mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan yang hilang

Jika kartu bpjs kesehatan anda hilang maka sebaiknya anda segera mengurus kartu bpjs kesehatan yang hilang agar diganti dengan kartu bpjs baru, dengan cara datang langsung ke kantor bpjs setempat dengan membawa berkas persyaratan surat kehilangan dari kepolisian, memang akan sedikit ribet karena anda mau tidak mau harus membuat surat keterangan hilang, kartu anda akan diganti dengan kartu baru oleh pihak bpjs kesehatan.

Untuk beberapa keperluan, mungkin anda hanya ingin mengetahui nomor kartu saja tanpa menggantinya, seperti yang dialami oleh salah satu peserta bpjs, dia ingin beralih dari peserta bpjs mandiri menjadi peserta bpjs kesehatan yang ditanggung perusahaan, tapi sayangnya kartu bpjs miliknya hilang, namun pihak perusahaan hanya meminta nomor kartunya saja, lantas bagaimana cara mengetahuinya?

Di artikel kali ini saya ingin memberikan cara mudah untuk mengetahui nomor kartu (NOKA) bpjs kesehatan jika kartu hilang.

Cara Mudah Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan yang hilang

Untuk mengetahui no kartu bpjs kesehatan yang hilang sebenarnya sangatlah mudah, syaratnya adalah anggota keluarga anda (sesuai KK) ada yang sudah terdaftar juga menjadi peserta bpjs kesehatan dan kartunya masih ada.

Langkah-langkah untuk mengetahui nomor kartu bpjs anda yang hilang adalah sebagai berikut:

a. Gunakan kartu bpjs salah satu keluarga anda yang masih ada.

1. Buka situs cek pembayaran tagihan bpjs yang disediakan oleh situs resmi bpjs-kesehatan.go.id, tampilannya kurang lebih akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

cek tagihan dan status pembayaran iuran bpjs
2. Anda akan diminta untuk memasukan data sebagai berikut:

  • No Kartu BPJS, isi dengan nomor kartu bpjs salah satu anggota keluarga anda yang kartunya masih ada.
  • Tanggal Lahir, masukan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS.
  • Angka Validasi, isikan angka yang nampak pada gambar di atasnya
Jika data sudah diisi maka silahkan tekan tombol Cek, sistem akan melakukan proses pengecekan untuk data yang anda masukan, silahkan tunggu sampai selesai.

Jika benar maka anda akan melihat tampilan informasi data peserta BPJS yang anda masukan, yang melipiti
  • Nama Peserta
  • Nomor Peserta
  • Status Kepesertaan
  • Jenis peserta
  • Jumlah anggota keluarga
  • Informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan dan juga informasi tanggal pembayaran terakhir. seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
informasi status kepesertaan dan tagihan bpjs

Cara di atas sebenarnya cara untuk mengecek tagihan iuran bulanan bpjs, namun bisa anda gunakan untuk mengetahui nomor kartu bpjs anda yang hilang, dengan cara di atas, maka setiap anggota keluarga anda sesuai KK yang sudah terdaftar sebagai peserta bpjs akan muncul, dengan data, nama peserta, no. peserta, tunggakan dan lain-lain..

Data anda juga akan muncul dan anda bisa melihat nomor peserta kartu bpjs anda yang hilang di kolom No Peserta, silahkan lihat dan catat jika diperlukan. Bagaimana mudah bukan.


Demikian tentang cara mudah mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan yang hilang, semoga artikel di atas membantu. Salam.

loading...

6 comments:

  1. Apakah biaya tindakan ada penambahan jika kita naik kelas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik kelas perawatan sampai kelas I hanya dihitung selisih biaya rawat inap saja, namun jika naik kelas sampai VIP akan dihitung sehingga naik kelas VIP biaya bisa membengkak

      Delete
  2. Cara lain mengetahui nomor Bpjs kesehatan yg hilang gmn ya Bu. Sudah 2 tahun hilang, di cek ketempat kerja lama sudah tdk ditemukan datanya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menggunakan cara di atas, coba gunakan no kartu bpjs anggota keluarga yang lain.

      Jalan terakhir lapor ke bpjs untuk dibuatkan yang baru namun harus membawa surat kehilangan dari kepolisian.

      Delete
  3. Replies
    1. Bisa menggunakan aplikasi bpjs for mobile, silahkan download di playstore cari bpjs kesehatan

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!