Apakah Peserta BPJS 1 KK Harus mengambil kelas yang sama?

Ada satu kasus terkait kepesertaan bpjs yang sering ditanyakan oleh calon anggota bpjs ataupun yang sudah terdaftar sebagai peserta bpjs, yaitu tentang kelas yang boleh diambil oleh peserta bpjs, apakah dalam 1 keluarga boleh mengambil kelas berbeda?.

kita ketahui bersama bahwa saat ini ada 3 kelas bpjs yang bisa dipilih oleh setiap peserta bpjs, yaitu kelas I, kelas II dan kelas III, yang membediakan ke 3 kelas tersebut adalah besarnya iuran bulanan dan juga fasilitas ruang rawat inap ketika peserta bpjs harus menjani rawat inap di rumah sakit.

Pengkategorian kelas tersebut tujuannya adalah agar si perserta bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansialnya, kelas 1 umumnya lebih mahal kemudian diikuti oleh kelas 2 dan kelas 3 yang paling murah.

Memilih kelas bpjs untuk 1 keluarga

Kita ketahui bersama bahwa peraturan bpjs saat ini, mengharuskan setiap anggota keluarga dalam 1 KK harus ikut didaftarkan menjadi peserta BPJS dengan memilih salah satu kelas bpjs dan juga menentukan faskes tk 1, terkait ketentuan harus memilih kelas yang sama, saya pribadi belum mendapatkan informasi yang jelas untuk masalah ini. dan sampai saat ini penjelasan resmi pun belum saya dapatkan.

Setiap Anggota keluarga dalam 1 KK harus mengambil kelas yang sama!

Terkait pengambilan kelas bpjs untuk satu anggota keluarga, jika melihat dilapangan ada beberapa kasus yang terjadi, ada peserta bpjs ketika melakukan pendaftaran di kantor bpjs, peserta diminta oleh petugas bpjs untuk mengambil kelas yang sama dalam 1 keluarga (sesuai dengan kelas yang diambil oleh Kepala keluarga).

Tapi ada juga kasus lainnya di beberapa kantor BPJS malahan tidak mempermasalahkan tentang pengambilan kelas bpjs berbeda (beda iuran). ini sejalan dengan pernyataan perwakilan bpjs yang saya kutif dari situs resmi pemerinta lapor.go.id seperti terlihat di gambar di bawah ini:


sesuai dengan screen shoot di atas perwakilan dari BPJS kesehatan menyebutkan "saat ini masih diperbolehkan untuk mengambil kelas berbeda setiap anggota keluara, namun kedepannya diharapkan keluarga dalam satu KK akan terdaftar pada satu kelas yang sama". 


Sedangkan menurut pernyataan perwakilan bpjs palembang di situs lapor.go.id  menyatakan bahwa kelas rawat yang dipilih dalam satu keluarga harus sama untuk peserta PBJS. seperti terlihat pada gambar di bawah ini:




Adanya informasi tersebut menegaskan bahwa memang benar untuk setiap anggota keluarga yang terdaftar sebagai peserta BPJS PBPU (Pekerja bukan penerima upah ) alias peserta bpjs mandiri dalam 1 kartu keluarga harus mengambil kelas yang sama, dan semua anggota keluarga harus memilih kelas yang diambil kepala keluarganya.


Dengan demikian sekarang sudah jelas bahwa setiap anggota keluarga tidak boleh mengambil kelas berbeda, jadi harus mengambil kelas yang saja sesua dengan kelas rawat yang dipilih oleh kepala keluarga. semoga informasi di atas membantu.!

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!