Iuran Pertama BPJS terlambat dibayar apakah terkena tunggakan ?

Untuk menjadi peserta BPJS mandiri, calon peserta harus melakukan pendaftaran bpjs via online atau dengan datang langsung ke kantor bpjs dengan membawa syarat-syarat pendaftaran bpjs mandiri yang telah ditentukan.

Perturan saat ini, peserta yang melakukan pendaftaran harus ikut juga mendaftarkan seluruh anggota keluarga yang tercatat di kartu keluarga, dan setelah pendaftaran selesai peserta akan menerima 1 Virtual account (VA) untuk melakukan transaksi pembayaran.

iuran pertama bpjs


Di Virtual account anda akan melihat nomor rekening bpjs untuk keluarga anda dan tanggal anda harus membayar iuran pertama bpjs, bisanya iuran pertama baru dapat dibayarkan setelah 14 hari sejak menerima virtual account, jika sebelum 14 hari peserta berupaya melakukan pembayaran, maka biasanya nomor Virtual account akan dianggap tidak valid dan kepesertaan anda akan dianggap belum terdaftar.

Jika Iuran Pertama BPJS tidak dibayarkan apakah terkena tunggakan ?

Lantas bagaimana jika iuran pertama tidak dibayarkan, misalkan karena anda lupa atau memang sengaja tidak sempat dibayar, sehingga anda telat membayar iuran pertama, apakah peserta yang bersangkutan akan dapat tunggakan.

Telat bayar iuran pertama tidak akan terkena tunggakan
Kabar baiknya, untuk anda yang sudah melakukan pendaftaran bpjs, namun setelah menerima virtual account (VA) iuran pertama bpjs terlambat atau tidak anda bayarkan padahal sudah diluar jadwal maksimal pembayaran iuran pertama, maka pendaftaran anda akan dianggap batal dan anda pun tidak akan terkena tunggakan.

Peserta harus melakukan update nomor VA

Jika telat melakukan pembayaran pertama dari tanggal yang tercantum di VA, maka peserta harus mengupadate data VA kembali ke kantor BPJS, dan kemudian kena tenggang waktu 14 hari lagi dari tanggal update.

 Baca: Panduan cara membayar iuran pertama BPJS

***
Jadi kesimpulannya untuk anda yang kebetulan tidak membayar iuran pertama bpjs, maka pendaftaran anda sebelumnya akan dicancel, dan untuk kembali mendapatkan VA anda harus rela daftar ulang kembali seperti sebelumnya.

Anda akan mendapatkan nomor virtual account (VA) yang baru dan ana harus melakukan pembayaran setelah 14 hari sejak va tersebut anda buat.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!