5 Cara Cek Saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK)

Peserta Jamsostek atau bpjs ketenagakerjaan (bpjs tk) sebenarnya bisa mengecek saldo JHT jamsostek yang dimilikinya dengan mudah, baik dengan memanfaatkan fasilitas online maupun secara offline dengan cara datang langsung ke kantor bpjs ketenagakerjaan setempat. 

Tapi sayangnya walaupun untuk cek saldo jamsostek itu mudah, banyak para peserta bpjs tk yang masih belum mengetahui caranya, oleh karena itu diartikel kali ini saya akan coba uraikan bagaimana cara mengecek saldo jamsostek atau saldo bpjs ketenagakerjaan, namun sebelum saya uraikan, saya akan uraikan sedikit apa itu jamsostek.

Jaminan sosial tenaga kerja (JAMSOSTEK) merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk memberikan jaminan sosial ekonomi kepada setiap tenaga kerja di indonesia atas resiko tak terduga yang mungkin dialami oleh tenaga kerja yang bersangkutan.





Nama Jamsostek kini sebenarnya saat ini sudah tidak ada meskipun pesertanya masih ada, saat ini jamsostek sudah ditransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK), dan setiap pekerja yang sebelumnya terdaftar menjadi peserta Jamsostek secara otomatis akan menjadi peserta BPJS TK dan secara bertahap dialihkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Program yang diselenggarakan oleh BPJS TK saat ini pun merupakan program peralihan dari program-program jamsostek sebelumnya, yang meliputi :
  • JHT (Jaminan Hari tua)
  • JKM (Jaminan kematian)
  • JP (Jaminan Pensiun)
  • JKK (Jaminan kecelakaan kerja)
Sedangkan untuk Program JPK (Jaminan pelayanan kesehatan) yang sebelumnya dimiliki oleh jamsostek sekarang sudah dilebur menjadi bpjs kesehatan.

Peserta Jamsostek atau BPJS TK diwajibkan membayar iuran bulanan secara rutin yang besar kecilnya disesuaikan dengan resiko pekerjaan dan juga gaji pokok, iuran tersebut dibayarkan setiap bulan dan sebagian iuran ditanggung oleh perusahaan.

Untuk melihat saldo jamsostek / bpjs tk, peserta dapat menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak bpjs baik secara online maupun offline.

Cara Cek Saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK)

Pengecekan saldo jamsostek sebenarnya sangat mudah dan pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya, beberapa alternatif cek saldo jamsotek yang bisa anda coba diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cek saldo jamsotek secara Online.

Untuk mengecek saldo jamsostek/bpjstk anda bisa mengunjung halaman login di website resmi BPJS Ketenagakerjaan dengan alamat (https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs)



Lalu anda bisa login dengan menggunakan Email dan PIN yang anda miliki sesuai dengan data registrasi bpjs tk anda. Setelah masuk anda akan disajikan menu untuk Cek saldo JHT.

2. Cek saldo bpjs menggunakan aplikasi mobile.


Pengguna android atau ios bisa download aplikasi BPJSTK Mobile di playstore atau apps store secara gratis, kemudian registrasi dan menggunakan aplikasi tersebut untuk pengecekan saldo dan fitur lainnya.

3. Anda juga bisa Cek Saldo JHT Via SMS

Cara yang satu ini dinilai paling mudah, hanya dengan Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) yang terdapat di kartu BPJS Ketenagakerjaan anda, kirimkan data anda untuk mendapat nomor ID via SMS dengan format seperti berikut ini :
Ketik REG # NoJamsostek/BPJS # Tanggal lahir # Nama Ibu Kandung , lalu kirim SMS ke nomor 08111009696.

Jika format anda benar akan dapat balasan SMS nomor ID anda - Sesudah mennerima SMS balasan nomor ID maka anda sudah bisa cek saldo JHT anda VIA SMS dengan format seperti berikut( saldo # No Id anda ), kirim sms kenomor 08111009696 – tidak lama kemudian anda kan mendapatkan sms balasan tentang jumlah saldo JHT anda.

4. Cek Saldo JHT Jamsostek /BPJS TK Secara Manual

Untuk melakukan pengecekan saldo secara manual, peserta bisa datang langsung ke kantor Jamsostek terdekat dan menanyakan langsung melalui petugas Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan. Peserta biasanya harus menunjukan Kartu Peserta dan identitas yang masih berlaku seperti KTP dan juga KK.


5. Cek Saldo JHT Via ATM 

Cara ini bisa dilakukan khusus bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi nasabah BNI ( Bank Negara Indonesia ) Peserta bisa cek saldo JHT di mesin ATM BNI kapan saja , namun tidak bisa untuk mencairkannya di mesin ATM tersebut.


Beberapa kemungkinan terjadi ketika peserta ingin melakukan pengecekan saldo adalah history saldo yang belum diproses amalgamasi. proses amalgamasi adalah proses penggabungan saldo antara kepesertaan dari perusahaan sebelumnya dengan perusahaan saat ini.

Jika tidak dilakukan amalgamasi, maka saldo yang terlihat hanya saldo diperusahaan terakhir. Proses amalgamasi dilakukan di kantor Cabang terdaftar dengan menunjukan Kartu Asli, Identitas asli, Kartu Keluarga asli dan Surat Keterangan Bekerja asli.

Bilamana penjelasan tersebut belum dipahami, silakan datang ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.


Informasi terkait BPJS Ketenagakerjaan dapat dilihat melalui website www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau dapat langsung menghubungi call center bpjs ketenagakerjaan di nomor 1-500-910
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!