-->

Apa yang terjadi jika Iuran Pertama BPJS terlambat dibayarkan ?

Apa yang terjadi jika Iuran Pertama BPJS terlambat dibayarkan ? - Untuk menjadi peserta bpjs kesehatan maka calon peserta harus melakukan pendaftaran di kantor bpjs atau melakukan pendaftaran secara online jika dalam 1 KK semuanya belum menjadi peserta BPJS kesehatan.

Setelah melakukan pendaftaran menjadi peserta BPJS, peserta akan mendapatkan Kode Virtual Account (VA) yang memuat nomor referensi untuk melakukan pembayaran iuran pertama

Setelah mendapatkan nomor virtual account, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh peserta adalah membayar iuran pertama bpjs, pembayaran iuran pertama bpjs kesehatan biasanya harus dibayarkan minimal setelah 14 hari sejak mendaftar dengan jatuh tempo sampai 30 hari.

Virtual account bpjs untuk membayar iuran pertama


Jika iuran pertama dibayarkan sebelum 14 hari, maka biasanya nomor pembayaran virtual account tidak akan dikenali oleh sistem, dengan pesan nomor virtual account tidak terdaftar, penyababnya adalah karena pengolahan data bpjs kesehatan untuk peserta yang bersangkutan masih dalam proses.

Lantas apa jadinya jika pembayaran iuran pertama tidak dibayarkan samai lewat jatuh tempo? apakah peserta akan dianggap sudah mendaftar dan tidak akan terkena tunggakan ?

Apa yang terjadi jika Iuran Pertama BPJS terlambat dibayarkan ?

Ada banyak sekali peserta bpjs yang sudah mendapatkan nomor virtual account namun mereka tidak pernah membayar iuran pertama padahal sudah lewat jatuh tempo, baik karena lupa atau mungkin saja karena dananya belum siap.

Lantas apa yang akan terjadi jika iuran pertama bpjs tidak dibayarkan, apakah akan terkena tunggakan bpjs ?

Peserta yang sudah mendapatkan Nomor virtual account namun tidak pernah membayar iuran pertama bpjs, maka peserta yang bersangkutan tidak akan terkena denda.

Kepesertaan yang berangkutan akan ditangguhkan alias dicancel, yang harus dilakukan oleh peserta adalah melakukan pendaftaran bpjs kembali seperti semula dengan cara datang langsung ke kantor bpjs.

Di kantor bpjs peserta akan mendapatkan kembali nomor virtual account yang baru, dan pembayarannya pun tetap harus dilakukan setidaknya setelah 14 hari sejak virtual account baru tersebut diperoleh dan jatuh temponya selama 30 hari sejak virtual akun diterima.

 Kesimpulan

Jadi kesimpulannya untuk anda yang kebetulan tidak sempat membayarkan iuran pertama bpjs sementara waktu pembayaran iuran pertama sudah jatuh tempo, maka anda tidak terkena tunggakan.

Tugas anda adalah melakukan pendaftaran ulang dengan datang langsung ke kantor bpjs terdekat, anda akan mendapatkan kembali nomor virtual account baru, dan iuran pertama untuk virtual account tersebut harus anda bayar paling cepat setelah 14 hari sampai 30 haru sejak VA diterima.


Demikian artikel mengenai  Apa yang terjadi jika Iuran Pertama BPJS terlambat dibayarkan ?, semoga artikel di atas bermanfaat dan menambah informasi anda terhadap layanan bpjs kesehatan.



loading...

10 Responses to "Apa yang terjadi jika Iuran Pertama BPJS terlambat dibayarkan ?"

  1. Mba saya kan sudah dpt va tp lum di bayar 1 kk dg org tua nah skrg saya mau aktifin tapi kalo saya mendaftar kembali dg kk yg baru bisa kah atau saya harus membayar dulu iuran pertama dr kk yg lama beserta org tua saya ??
    Karna skrg kan saya ikut suami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam.

      Satu kali menjadi peserta akan menjadi peserta selamanya, jika iuran tidak dibayar konsekuensinya akan menunggak dan kartu tidak aktif, untuk mengaktifkannya tunggakan harus dilunasi.

      Jika sudah pindah KK maka bisa lapor ke kantor bpjs agar tidak lagi ikut orang tua, dengan syarat tunggakan sebelumnya harus dilunasi

      Semoga membantu!

      Delete
  2. Saya mendaftarkan bpjs untuk calon bayi dan saya sendiri tapi koqh dikasih virtual account nya cuma sy sendiri yah...apakah untuk calon bayinya harus nunggu beberapa bulan dari yg daftarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sekarang sudah menggunakan sistem VA keluarga, 1 VA untuk 1 keluarga sekaligus.

      Sedangkan mengenai iuran pertama bayi bisa dibaca disini: Kapan iuran pertama bayi harus dibayarkan

      Delete
  3. Salam ka apakah saya dikenakan tunggakan karena terlambat membayar iuran pertama pendaftaran bpjs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika iuran pertama tidak dibayarkan lebih dari 14 hari sejak menerima VA maka kepesertaan akan dicancel tidak ada tunggakan, tidak perlu daftar kembali cukup meminta VA baru, biasanya VA lama tidak akan bisa digunakan

      Delete
  4. Saya sudah daftar di jnk untuk ibu saya dan saya lupa no kartu bpjs itu gmna yah? Mau daftar lg dengan nik yang sama tapi kata nya sudah terdahtar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar tidak bisa daftar 2 kali, jika iuran pertama sudah dibayarkan dan belum terima kartu bisa dibuat di kantor bpjs. jika kartu hilang bisa cetak lang di kantor bpjs dengan menyertakan KK,KTP dan surat pernyataan kehilangan materai 6000.

      Delete
  5. Dalam 1 kk memiliki 5 anggota keluarga dan saya hanya akan membayar iuran pertama untuk saya dan ibu saya karna bapak saya sudah meninggal dan tidak ada yang bisa membantu selain saya, tetapi saya sudah tinggal terpisa dengan ibu saya tapi masih dalama 1 kk. Apakah saya bisa membayar hanya untuk 2 jiwa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang harus dibayarkan adalah sejumlah anggota keluarga yang sudah menjadi peserta bpjs dalam 1 KK
      Untuk peserta meninggal sebaiknya dilaporkan kepihak bpjs agar iuran untuk peserta tersebut dihentikan.

      Jika 1 kk 5 keluarga dan masih hidup serta sudah menjadi peserta semuanya, maka yang harus dibayarkan adalah untuk 5 anggota keluarga, jika yang dibayarkan hanya untuk 2 saja akan muncul tunggakan.

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel