-->

Penyebab Jumlah tunggakan BPJS Tidak sesuai dengan perhitungan ?

Banyak peserta yang melakukan pembayaran tunggakan bpjs mengeluhkan karena jumlah tunggakan yang harus mereka bayar ternyata tidak sesuai dengan perhitungan mereka dan cendrung lebih besar, ada banyak penyebab kenapa bisa terjadi seperti itu.

Kewajiban utama peserta bpjs adalah membayar iuran bulanan yang besar kecilnya sangat tergantung dengan kelas bpjs yang diambil. umumnya peserta bpjs yang mengambil kelas I iuran bulanannya paling besar diikuti oleh kelas II dan kelas III.

Untuk saat ini denda iuran sudah dihilangkan, namun konsequensinya jike peserta terlambat membayar iuran minimal 1 bulan maka kartu bpjs akan langsung dinonaktifkan atau diblokir yang menyebabkan kartu tersebut tidak bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan dari bpjs.

Tunggakan BPJS tidak sesuai dan Membesar

Untuk mengaktifkan kembali kartu bpjs yang nonaktif atau diblokir cara satu-satunya adalah membayar seluruh tunggakan setiap peserta bpjs yang terdapat dalam 1 Kartu keluarga (KK).

Membayar tunggakan sebenarnya sangat mudah, namun ada banyak sekali komplain dari peserta bpjs yang ingin melunasi tunggakan iuran bpjs miliknya,  banyak peserta yang mengalami jumlah tunggakan yang harus dibayar tidak sesuai dengan jumlah perhitungan seharusnya, padahal kita tahu bahwa sejak 1 juli 2016 denda keterlambatan iuran bpjs sudah dihapus.

Untuk memberikan informasi tambahan kepada anda maka di artikel kali ini saya akan coba uraikan mengenai penyebab jumlah tunggakan bpjs tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Penyebab Kenapa Jumlah tunggakan BPJS Tidak sesuai dengan perhitungan ?

Perhitungan tunggakan bpjs kesehatan sebenarnya sangat sederhana, rumusnya adalah :
Jumlah iuran bulanan x jumlah anggota keluarga x jumlah bulan menunggak

Untuk membayar tunggakan tugas anda adalah mengetahui berapa jumlah bulan menunggak, berapa iuran bulanan untuk setiap anggota keluarga dan berapa jumlah keluarga sesuai KK yang sudah ikut BPJS, maka anda akan mendapatkan total tunggakan yang harus anda bayar.

Sayangnya banyak yang merasa jumlah tunggakan bpjs yang harus dibayar tidak sesuai dan cendrung lebih besar.

Beberapa penyebab yang bisa menyebabkan iuran bulanan bpjs yang harus anda bayarkan tidak sesuai dan cendrung besar diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Anda salah memasukan bulan ketika membayar tunggakan.

Ketika membayar tunggakan bpjs terutama melalui ATM biasanya akan diminta jumlah bulan, ternyata banyak peserta yang berniat ingin membayar tunggakan bpjs memasukan jumlah bulan yang salah yaitu dengan memasukan jumlah bulan menunggak,

Padahal seharusnya berapapun jumlah bulan menunggak yang harus di input tetap adalah angka 1 untuk satu bulan, karena  tunggakan secara otomatis akan langsung diakumulasi dan pembayarannya harus disatukan minimal dengan pembayaran bpjs 1 bulan berjalan.

Sehingga jumlah uang yang harus anda bayar ketika membayar tunggakan perhitungannya adalah :
Total Jumlah tunggakan +  total iuran untuk 1 bulan yang bersangkutan.

Jika anda memasukan jumlah bulan lebih dari 1, maka jumlah yang harus anda bayar akan membesar, karena jumlah bulan yang diinput akan dikalikan dengan jumlah iuran bulanan anda sehingga tagihannya akan semakin besar, karena perhitungannya menjadi:
Jumlah akumulasi tunggakan + (Jumlah bulan yang diinput x total iuran bpjs perbulan)
Jadi agar jumlah tunggakan yang harus anda bayar sesuai maka ketika membayar tunggakan sendiri terutama di ATM, anda harus memasukan angka 1 pada jumlah bulan, karena tunggakan akan otomatis dihitung oleh sistem.

Jika anda terlanjur membayar seluruh tagihan yang tidak sesuai, maka lebih bayar akan digunakan untuk membayar iuran bulanan bpjs untuk bulan berikutnya.

2. Tunggakan anda masih ada yang terkena denda.

Denda bpjs resmi dihapus sejak tanggal 1 juli 2016, dengen demikian tunggakan yang muncul setelah tanggal tersebut tidak akan terkena denda.

Tapi  jika anda memiliki tunggakan sebelum tanggal 1 juli 2016 sebelum denda keterlambatan di hapus, maka tunggakan anda untuk bulan-bulan sebelum 1 juli 2016 akan mendapatkan denda.

Jadi jangan heran jika saat ini anda baru membayar tunggakan yang didalamnya termasuk tunggakan sebelum tanggal 1 juli 2016, maka tunggakan anda akan terkena denda dan tunggakan anda akan lebih besar karena sudah termasuk denda.

3. Adanya Kesalahan sistem

Sistem bpjs terus menerus diperbaharui, selain untuk meningkatkan pelayanan juga untuk menghilangkan segala hal yang berkaitan dengan error dan kesalahan sistem, sehingga sistem menjadi sempurna.

Tapi Tidak tutup kemungkinan sistem bpjs masih memiliki bug,jadi jangan heran ketika anda ingin membayar tunggakan masih ada perhitungan yang tidak sesuai, jika proses pembayaran yang anda lakukan benar namun tetap masih terdapat ketidaksesuaian, maka itu bisa disebabkan oleh kesalahan sistem atau bisa juga disebabkan oleh human error.

Jika anda mendapati adanya ketidak cocokan antara tunggakan yang harus anda bayar dengan perhitungan anda, dan selisihnya jauh lebih besar, maka tugas anda adalah langsung datang ke kantor bpjs untuk mengurusnya guna mendapatkan informasi yang jelas dari petugas.

Baca juga: Cara mengetahui total tunggakan bpjs


Itulah beberapa informasi tambahan penyebab Penyebab Jumlah tunggakan BPJS Tidak sesuai dengan perhitungan ?, semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda.
loading...

0 Response to "Penyebab Jumlah tunggakan BPJS Tidak sesuai dengan perhitungan ?"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel