Nomor Kartu Keluarga (KK) Tidak terdaftar ketika melakukan pendaftaran bpjs online

Untuk menjadi peserta bpjs kesehatan calon peserta harus melakukan pendaftaran atau registrasi terlebih dahulu, pendaftaran bpjs untuk saat ini bisa ditempuh melalui 2 cara yaitu daftar bpjs secara offline dengan datang langsung ke kantor bpjs atau daftar bpjs secara online melalui halaman pendaftaran di situs resmi bpjs.

Pendaftaran online hanya bisa dilakukan oleh peserta jika setiap anggota keluara yang tercantum di Kartu Keluarga, belum ada satupun yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS. jika ada anggota keluarga yang sudah terdaftar menjadi peserta maka pendaftaran online tidak bisa dilakukan.

Syarat untuk mendaftar bpjs kesehatan online sebenarnya cukup sederhana, anda harus menyiapkan KTP, KK, data nomor ktp atau nomor kk biasanya akan diminta untuk diiput.

nomor kk tidak terdaftar pendaftaran tidak bisa dilanjutkan


Walaupun syarat dan prosesnya mudah, terkadang ada beberapa permasalahan yang sering sekali dialami oleh pendaftar bpjs secara online, salah satunya yaitu munculnya peringatan Nomor kartu keluarga atau KK tidak ditemukan proses registarasi tidak bisa dilanjutkan padahal data yang sudah diinput benar.

Dengan adanya permasalaha tersebut, proses pendaftaran tidak akan bisa dilanjut, sehingga membuat si calon peserta menghentikan pendaftaran online, lantas apa yang sebenarnya terjadi?

Nomor Kartu Keluarga (KK) Tidak terdaftar ketika melakukan pendaftaran bpjs online

Perlu diktahui bahwa sistem pendaftaran bpjs ternyata terintegrasi langsung dengan dinas kependudukan dan catatan sipil (DISDUKCAPIL), ketika melakukan input data KK, maka data KK akan langsung di cross cek dengan data dari disdukcapil.

Jika data KK terdaftar maka proses pendaftaran akan berjalan dengan baik, namun jika data KK yang dimasukan tidak sesuai atau salah biasanya akan muncul informasi data KK tidak terdaftar / tidak valid.

Permasalahan ini menurut pihak bpjs biasanya terjadi karena beberapa hal sebagai berikut:
  1. Data KK di disduk capil yang terkait dengan sistem pendaftaran bpjs kesehatan belum diupdate / diinput, atau karena faktor-faktor lainnya.
  2. Adanya kesalahan dengan sistem pendaftaran bpjs, anda bisa mencoba dilain waktu, coba di waktu-waktu dini hari agar lalulintas jaringan internet masih ringan.

Lantas bagaimana solusinya jika data KK tidak terdaftar ?

Beberapa solusi yang ditawarkan oleh pihak bpjs ketika proses pendaftaran bpjs online anda terkendala dengan nomor kk yang tidak terdaftar / tidak valid diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Menghubungi disdukcapil setempat
Silahkan datang langsung ke disduk capil untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait dengan nomor kartu keluarga anda.

b. Anda bisa memilih alternatif pendaftaran bpjs secara offline.
Jika terdapat kendala ketika melakukan pendaftaran bpjs secara online, maka anda bisa memilih beberapa alternatif pendaftaran bpjs secara offline diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Datang langsung ke kantor bpjs setempat dengan membawa persyaratan pendaftaran  bpjs yang telah ditentukan
  • Melakukan pendaftaran melalui Bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan (Bank BNI, Mandiri atau BRI).

Dengan memilih pendaftaran bpjs secara offline maka proses pendaftaran anda akan diproses secara cepat.

Itulah informasi singkat mengenai Solusi Nomor Kartu Keluarga (KK) Tidak terdaftar ketika melakukan pendaftaran bpjs online, semoga bermanfaat.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!