#7 Pertanyaan seputar kartu dan pendaftaran bpjs kesehatan

Untuk menjadi peserta bpjs kesehatan, langkah pertama yang harus ditempuh adalah melakukan pendaftaran, baik pendaftaran secara online maupun offline, setelah pendaftaran berhasil, dan iuran pertama di bayarkan, selanjutnya si peserta akan mendapatkan kartu identitas yang disebut dengan kartu BPJS / kartu KIS.

Sampai saat ini ada banyak sekali pertanyaan terkait proses pendaftaran dan juga proses mendapatkan kartu bpjs, bahkan ada banyak sekali peserta yang masih memiliki persepsi bahwa setelah daftar langsung menerima kartu bpjs, padahal tidaklah seperti itu.


Oleh karena itu di artikel kali ini saya akan menguraikan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh peserta bpjs kesehatan terkait dengan proses pendaftaran dan kartu bpjs.


Pertanyaan seputar kartu dan pendaftaran bpjs kesehatan
Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh peserta bpjs terkait kartu dan proses pendaftaran:

#1. Apa saja syarat untuk mendaftar bpjs ?

Ini pernah diuraikan di artikel sebelumnya mengenai syarat pendaftaran bpjs, baik secara offline maupun online.

Kurang lebih persyaratan lengkap yang diperlukan adalah sebagai berikut:
1.  Asli dan Fotocopy KTP (diutamakan ktp elektronik)

2. Asli dan Fotocopy Kartu Keluarga (KK)

3. Surat keterangan domisili dari RT/RW setempat, jika pendaftaran dilakukan di kantor BPJS keseahatan yang tidak sesuai dengan alamat KTP.

4. Fotocopy Nomor rekening bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS (BNI, BRI, BTN dan Mandiri), Ini Khusus yang ingin mengambil kelas 1 atau kelas 2

5. Asli KITAS/KITAP untuk WNA.

6. Photo berwarna 3x4 1 lembar, kecuali  balita.

7. Mengisi Formulir isian pendaftaran (Formulir bisa diambil di kantor bpjs/ download disini)

8. Menyetujui dan memathui syarat dan ketentuan yang berlaku 


#2. Berapa lama proses pembuatan kartu bpjs

Untuk mengetahui lamanya proses pembuatan kartu bpjs, maka anda setidaknya harus mengetahui prosedur pendaftaran bpjs.

Prosedur pendaftaran bpjs bisa dilakukan baik secara offline dengan datang langsung ke kantor bpjs atau secara online melalui situs resmi bpjs kesehatan atau melalui customer care bpjs.

Namun umumnya waktu yang dibutuhkan hingga peserta mendapatkan kartu bpjs relative membutuhkan waktu yang tidak jauh berbeda.

Prosedur pendaftaran bpjs adalah sebagai berikut:

1. Peserta melakukan pendaftaran dengan mempersiapkan persyaratan pendaftaran bpjs yang telah ditentukan.

2. Setelah peserta selesai melakukan pendaftaran peserta tidak akan langsung menerima kartu, namun peserta akan menerima Nomor Virutal Account Keluarga (VA Keluarga) dalam bentuk lembaran keretas, di VA keluarga tercantum nomor rekening tujuan untuk melakukan pembayaran iuran pertama.

3. Peserta Harus membayar iuran pertama biasanya setelah 14 hari sampai dengan 30 hari sejak menerima nomor virtual account.

Anda mungkin bertanya, Kenapa pembayaran iuran pertama harus menunggu 14 hari  ?
Ini dikarenakan untuk peserta baru ada proses pengolahan dan validitas berkas hingga data peserta siap.

4. Setelah peserta membayar iuran pertama, Peserta Bisa mengambil kartu bpjs di kantor BPJS dengan membawa bukti pembayaran iuran pertama dan Kartu Keluarga.

Berapa lama pendaftaran BPJS ?

Dari uraian di atas kita bisa menyimpulkan bahwa pendaftaran bpjs itu 1 hari saja bisa selesai, namun Lamanya proses pembuatan kartu sampai kartu diterima dan siap digunakan kira kira 14 hari sampai 30 hari sejak melakukan pendaftaran. tergantung seberapa cepat anda membayar iuran pertama dan mengambil kartu bpjs anda.

#3 Apakah setelah daftar kartu bpjs akan langsung aktif dan siap digunakan ?

Setelah anda selesai mendaftar anda tidak akan langsung mendapatkan kartu, lihat lagi uraian di atas, kartu bpjs baru dapat anda terima ketika anda selesai membayar iuran pertama yang bisa dibayarkan setelah 14 hari sampai 30 hari sejak anda melakukan pendaftaran.

Kartu bpjs yang anda terima akan langsung aktif dan bisa langsung digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mengikuti sistem pelanan berjenjang.

#4 Kapan kartu BPJS Bisa digunakan setelah mendaftar

Jawaban untuk pertanyaan ini sama dengan nomor #3 di atas, jika kartu sudah diterima, kartu langsung aktif dan sudah bisa digunakan.

#5 Bagaimana Cara mengambil Kartu BPJS.

Untuk peserta yang melakukan pendaftaran secara offline di kantor bpjs, maka kartu bisa diambil di kantor bpjs setelah iuran pertama dibayarkan, syarat pengambilan kartu adalah bukti pembayaran dan kartu keluarga.

Begitu juga untuk anda yang melakukan pendaftaran secara online, kartu akan anda terima setelah iuran pertama dibayarkan, kartu akan dikirim langsung ke alamat peserta.

#6 Berapa lama masa aktif kartu BPJS ?

Kartu BPJS selamanya akan aktif dan bisa digunakan jika iuran bulanan lancar dibayarkan.

Kartu akan nonaktif atau diblokir jika si peserta menunggak pembayaran iuran bulanan minimal 1 bulan, kartu akan aktif kembali setelah peserta melunasi seluruh tunggakan.



#7. Bagaimana cara mengaktifkan kembali kartu bpjs yang sudah diblikir

Kartu bpjs akan langsung diblokir dan tidak aktif jika si peserta menunggak iuran minimal 1 bulan, untuk mengaktifkan kartu tersebut peserta harus melunasi seluruh tunggakan, umumnya kartu akan langsung aktif dan bisa digunakan kembali setelah tunggakan dilunasi


Demikian informasi mengenai hal- hal yang berkaitan dengan kartu bpjs, dengan artikel di atas saya berharap anda sudah memiliki jawaban terkait pertanyaan anda terutama Pertanyaan seputar kartu dan pendaftaran bpjs kesehatan, semoga membantu.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!