Cara mendapatkan Kartu BPJS Kesehatan untuk peserta baru

Perlu diketahui bahwa setelah peserta melakukan pendaftaran, maka peserta tidak akan langsung mendapatkan kartu bpjs, namun kartu bisa diperoleh setelah peserta melakukan pembayaran iuran pertama, kartu bisa diambil dan akan langsung aktif dan bisa digunakan.

Perlu diketahui untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan mandiri, setiap calon peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan datang langsung ke kantor bpjs kesehatan atau daftar secara online.

Daftar secara online hanya diperuntukan untuk calon peserta dimana setiap anggota yang tercantum di kartu keluarga (KK) belum satupun terdaftar menjadi peserta bpjs, jika ada satu saja yang sudah menjadi peserta maka pendaftaran harus dilakukan dengan datang langsung ke kantor bpjs kesehatan dengan membawa persyaratan yang telah ditetapkan.

cara mendapatkan kartu bpjs kesehatan untuk peserta baru

Jika peserta berhasil menjadi anggota bpjs, maka peserta akan menerima kartu bpjs yang dapat digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang dijamin bpjs dari pemerintah.

Sebenarnta daftar bpjs mandiri sangatlah mudah, namun karena kurangnya informasi yang diperoleh calon peserta, tidak dipungkiri sampai saat ini ada banyak sekali pertanyaan-pertanyaan tentang bpjs terutama yang berkaitan dengan pendaftaran bpjs kesehatan.

Beberapa pertanyaan terkait bpjs yang banyak ditanyakan oleh calon peserta bpjs adalah mengenai kartu bpjs seperti misalnya:
  • Apakah kartu bpjs akan langsung aktif dan bisa langsung digunakan?
  • Bagaimana cara mengaktivasi kartu bpjs tidak aktif ?
  • Bagaimana cara mengaktifkan kartu bpjs yang baru ?

Untuk memberikan informasi tambahan, maka saya terpanggil untuk memberikan uraian singkat mengenai langkah-langkah peserta bpjs hingga mendapatkan kartu bpjs kesehatan yang siap untuk digunakan.

Cara Mengaktifkan / Mendapatkan Kartu BPJS Kesehatan Peserta baru

Setidaknya apa yang saya uraikan ini bisa menjawab pertanyaan anda mengenai cara mendaftar bpjs hingga memperoleh kartu bpjs yang siap digunakan.

Apa yang harus anda pahami adalah prosedur pendaftaran bpjs,  kurang lebih sebagai berikut:
  1. Setiap calon peserta yang ingin menjadi peserta bpjs kesehatan, maka sekaligus harus juga mendaftarkan seluruh anggota keluarga yang tercantum di KK (Wajib) yang belum terdaftar sebagai peserta.
  2. Peserta wajib membawa persyaratan pendaftaran bpjs yang telah ditetapkan.
  3. Setelah pendaftaran selesai diproses, peserta tidak akan langsung menerima kartu BPJS, namun peserta hanya akan mendapatkan Lembar Nomor Virtual account (VA Keluarga) yang berisi kode khusus untuk melakukan pembayaran iuran pertama (VA jangan sampai hilang).
  4. Prosedur pembayaran Iuran pertama  umumnya harus dibayar setelah 14 hari sampai dengan 30 hari sejak peserta melakukan pendaftaran.
  5. Jika setelah lebih 30 hari sejak peserta melakukan pendaftaran iuran pertama tidak dibayarkan, maka peserta harus melakukan daftar ulang guna mendapatkan kode Virtual Account (VA) yang baru, dan peserta tetap harus membayar setelah 14 hari berikutnya.
  6. Kartu peserta BPJS baru bisa diambil setelah iuran pertama dibayarkan, kartu bpjs bisa diambil di kantor bpjs dengan menunjukan bukti pembayaran iuran pertama.
  7. Kartu bpjs akan langsung aktif dan bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari faskes tingkat 1 yang dipilih peserta.

Jadi untuk anda yang sudah terdaftar dan belum mendapatkan kartu bpjs kesehatan, maka kartu yang  baru bisa anda peroleh jika iuran pertama bpjs sudah dibayarkan, kartu bisa diambil di kantor bpjs dengan menunjukan bukti pembayaran iuran pertama. kartu bpjs akan langsung aktif dan bisa anda gunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari bpjs.

Kartu akan langsung nonaktif / diblokir jika terlambat membayar iuran bpjs minimal 1 bulan

Ini perlu juga diperhatikan terutama untuk peserta bpjs kesehatan yang baru, dengan menjadi peserta bpjs, maka kewajiban peserta adalah membayar iuran bulanan bpjs setiap bulan yang besar kecilnya akan sangat ditentukan oleh kelas bpjs yang diambil.

Jika iuran terlambat dibayarkan minimal menunggak 1 bulan saja, maka kartu bpjs akan diblokir atau dinonaktif, sehingga kartu tidak bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari bpjs.

Kartu bisa diaktifkan kembali dengan cara membayar seluruh tunggakan, dan peserta akan mendapatkan denda jika sebelum 45 hari setelah kartu diaktifkan peserta melakukan rawat iniap dirumah sakit.

Oleh karena itu untuk menghindari matinya kartu atau diblokirnya kartu bpjs, maka iuran bulanan bpjs harus selalu dibayarkan setiap bulannya.

Semoga artikel di atas dapat memberikan informasi tambahan untuk anda mengenai bpjs terutama cara mendapatkan kartu bpjs untuk peserta baru.


loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!