-->

Syarat daftar menjadi peserta BPJS Kesehatan Mandiri / Keluarga

Syarat menjadi peserta bpjs mandiri sebenarnya sangat mudah, namun walaupun begitu masih banyak calon peserta yang ingin mendaptar menjadi peserta bpjs mandiri masih belum mengetahui persyaratannya dengan jelas.

Oleh karena itu untuk memberikan informasi kepada para calon peserta bpjs mandiri yang ingin mendaftar di artikel kali ini saya akan coba uraikan apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran bpjs kesehatan mandiri.

Bpjs jenis ini diperuntukan untuk warga masyarakat mampu yang berstatus sebagai pekerja bukan penerima upah (PBPU),  dan bukan pekerja seperti pensiunan, peteran atau individu.

Umumnya peserta bpjs jenis ini memiliki kewajiban membayar iuran bulanan yang besar kecilnya disesuaikan dengan kelas bpjs yang diambil, kelas I, kelas II maupun kelas III. setiap kelas akan menentukan besar kecilnya iuran yang diambil, umumnya kelas I lebih mahal diikuti oleh kelas II dan kelas III.

Kelas BPJS yang dipilih selain dapat menentukan besar kecilnya iuran bulanan yang harus dibayar, juga menentukan rung kelas kamar rawat inap yang akan didapat ketika peserta harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

Peserta BPJS yang mengambil kelas I akan mendapatkan ruang perawatan kelas I begitu juga untuk kelas II dan kelas III.


Syarat daftar menjadi peserta BPJS Kesehatan Mandiri

Untuk menjadi peserta bpjs mandiri / perorangan atau keluarga, ada 2 cara yang bisa pilih, bisa secara online atau secara offline dengan datang langsung ke kantor bpjs kesehatan setempat.

#1. Syarat pendaftaran bpjs Kesehatan keluarga secara offline

Pendaftaran BPJS Mandiri secara offline harus datang langsung ke kantor bpjs terdekat atau melalui Bank. Persyaratan yang harsus anda persiapkan untuk pendaftaran bpjs secara offline bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

syarat pendaftaran bpjs mandiri


Persyaratan yang harus dipersiapkan Meliputi:


1.  Asli dan Fotocopy KTP (diutamakan ktp elektronik)

2. Asli dan Fotocopy Kartu Keluarga (KK)

3. Surat keterangan domisili dari RT/RW setempat, jika pendaftaran dilakukan di kantor BPJS keseahatan yang tidak sesuai dengan alamat KTP.

4. Fotocopy Nomor rekening bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS (BNI, BRI, BTN dan Mandiri), Ini Khusus yang ingin mengambil kelas 1 atau kelas 2

5. Asli KITAS/KITAP untuk WNA.

6. Photo berwarna 3x4 1 lembar, kecuali  balita.

7. Mengisi Formulir isian pendaftaran (Formulir bisa diambil di kantor bpjs/ download disini)

8. Menyetujui dan memathui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Prosedur pendaftaran BPJS Mandiri secara offline di kantor bpjs

Berikut adalah prosedur pendaftaran bpjs mandiri secara offline:

1. Semua anggota keluarga yang tercantum di kartu keluarga (KK) harus didaftarkan menjadi peserta BPJS.

2. Menyiapkan berkas persyaratan, untuk semua anggota keluarga yang didaftarkan

3. Datang ke kantor bpjs dengan membawa berkas persyaratan bpjs di atas(disarankan datang pagi dan mengambil nomor antrian agar tidak terlalu lama menunggu, karena hampir semua kantor bpjs memberlakukan antrian untuk melayani calon peserta).

4. Data akan diinput oleh Petugas dan anda akan mendapatkan lembar NomorVirtual Account (VA Keluarga). Nomor VA digunakan sebagai nomor referensi rekening tujuan pembayaran iuran pertama bpjs. (Simpan baik-baik dan jangan sampai hilang)

5. Membayar iuran Pertama BPJS, Iuran baru bisa di bayarkan minimal setelah 14 hari sampai 30 hari sejak menerima virtual account, jika setelah 30 hari iuran pertama belum dibayarkan, maka anda harus melakukan update registrasi kembali untuk mendapatkan VA baru.

6. Mengambil Kartu BPJS,
Kartu bisa diambil di kantor bpjs setelah pembayaran iuran pertama dibayarkan, ketika mengambil kartu bpjs anda harus membawa bukti pembayaran iuran pertama, KTP dan KK. Kartu akan langsung aktif dan bisa anda gunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari bpjs.

7. Iuran BPJS Kesehatan harus anda bayarkan setiap bulan minimal setiap tanggal 14 bulan yang bersangkutan, jika terlambat minimal 1 bulan kartu akan langsung dinonaktifkan sehingga tidak bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan keseahtan

#2 Persyaratan Pendaftaran BPJS Kesehatan Mandiri secara Online

Selain dengan mendaftar secara ofline, peserta juga bisa mendaftarkan diri dan keluarganya secara online, peserta bisa daftar secara online dengan syarat belum ada anggota keluarga yang terdapat di KK sudah menjadi peserta BPJS, jika ada peserta yang sudah terdaftar maka pendaftaran tidak bisa dilakukan secara online namun harus datang langsung ke kantor bpjs kesehatan setempat.

Untuk daftar bpjs secara online Terhitung 1 maret 2017 kini peserta mandiri yang ingin mendaftar menjadi peserta bpjs mandiri tak perlu keluar rumah. tapi cukup menghubungi call center 1500400 maka anda pun sudah bisa melakukan pendaftaran, setelah iuran pertama dibayarkan, kartu bpjs akan dikirimkan kerumah anda.

Langkah-langkahnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Cara daftar bpjs secara online


 Persyaratan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:
-Nomor Kartu Keluarga
-NIK KTP
-Nomor Handphone
-Nomor Rekening Tabungan (BRI, BNI dan Mandiri)
-Alamat Domisili (Untuk pengiriman kartu)
-Email

Sedangkan prosedurnya adalah sebagai berikut:
1. Peserta menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400

2. Siapkan data yang diperlukan

3. Nomor Virtual account akan dikirim ke nomor handphone dan alamat email

4. Iuran harus dibayar minimal 14 hari sampai 30 hari sejak virtual account diterima

5. Kartu BPJS langsung akan dikirim ke alamat peserta.

Selain menggunakan cara pendaftaran bpjs online di atas anda juga bisa melakukan pendaftaran bpjs secara online melalui situs resmi bpjs

Demikian uraian sederhana mengenai Syarat daftar menjadi peserta BPJS Kesehatan Mandiri keluarga atau perorangan, semoga bermanfaat.

loading...

0 Response to "Syarat daftar menjadi peserta BPJS Kesehatan Mandiri / Keluarga"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel