Peserta dapat memilih faskes tk1 (FKTP) di wilayah yang tidak sesuai alamat KK atau KTP

Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP)_adalah fasilitas kesehatan seperti puskesmas, poliklinik, atau dokter pribadi yang harus dikunjungi pertama kali oleh peserta bpjs ketika mereka ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari bpjs kesehatan.

Faskes tk 1 harus dipilih ketika peserta melakukan pendaftaran bpjs kesehatan pertama kali, umumnya faskes tingkat 1 yang dipilih adalah faskes tingkat 1 yang letaknya dekat dengan alamat domisili peserta.

Satu masalah yang sering dialami peserta terkait lokasi faskes tingkat 1 adalah peserta banyak yang mengalami kesulitan untuk menjalani pengobatan ketika mereka harus tinggal di luar kota, baik untuk urasan kerja, keluarga maupun urusan lainnya.

pindah faskes di luar wilayah tidak sesuai ktp atau kk


Karena ketika peserta tinggal jauh dari faskes yang dipilih, ketika mereka sakit sangat tidak mungkin jika harus mengunjungi faskes tingkat 1 yang tertera di kartu bpjs miliknya, dikarenakan jaraknya sangat jauh.

Solusi yang ditawarkan adalah peserta membuat surat pernyataan dari kantor bpjs terdekat dengan domisili peserta untuk mengunjungi fakses tingkat 1 di luar kota yang lokasinya dekat dengan domisili peserta atau yang kedua peserta pindah faskes.

Tentu saja yang paling praktis adalah peserta pindah faskes saja mengambil faskes tingkat 1 yang lokasinya dengan dengan domisili peserta,

Permasalahannya adalah apakah bisa memilih faskes sementara lokasinya tidak sesuai dengan alamat Kartu keluarga (KK) atau alamat KTP ?

Tentu saja bisa ?

Peserta dapat memilih faskes tk1 (FTKP) di wilayah yang tidak sesuai alamat KK atau KTP

Umumnya faskes tingkat 1 bpjs  yang harus dipilih adalah faskes tingkat 1 yang lokasinya sesuai dengan alamat KK atau KTP peserta, namun jika peserta sering tinggal di luar kota atau merencanakan ingin tinggal diluar kota dalam waktu yang cukup lama, maka sebaiknya peserta pindah faskses.

Bagaimana aturan memilih faskes ?, apakah boleh memilih faskes yang tidak sesuai dengan alamat KTP atau KK ?


Dalam hal pindah faskes peserta bisa memilih faskes yang letakya dekat dengan domisili peserta (tempat peserta banyak menghabiskan waktu sehari-hari).

Jadi faskes yang dipilih tidak harus sesuai dengan alamat KTP atau KK.

Jika peserta sering menghabiskan waktu diluar kota, baik untuk pekerjaan, persalinan dan urusan lainnya, peserta sebaiknya pindah faskes dengan memilih faskes tingkat 1 yang letaknya dekat dengan dimisili peserta, sehingga peserta bisa lebih mudah menjalani pengobatan dengan bpjs ketika sakit.

Ketentuan Pindah Fasekes tk1 1 di luar alamat KTP atau KK ?

Jika peserta memutuskan untuk pindah atau mengganti faskes tingkat 1 dengan memilih faskes yang lokasinya tidak sesuai alamat ktp atau kk maka ketentuannya adalah sebagai berikut:

1. Perubahan FKTP baru bisa dilakukan setelah minimal 3 bulan peserta terdaftar di faskes sebelumnya.

2. Peserta harus membawa surat keterangan domisili dari RT/RW setempat ketika hendak menganti faskes.

3. Penggantian fasekses tidak bisa dilakukan secara online, namun peserta harus datang ke kantor bpjs sesuai dengan lokasi faskes tk1 yang ingin dipilih peserta.


Sedangkan Prosedur dan syarat pindah faskes di wilayah luar domisili adalah sebagai berikut:

1. Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK)
2. Membawa asli dan focotocopy KTP
3. Membawa kartu BPJS asli
5. Membawa surat keterangan domisili dari RT/RW setempat





loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!