Email e-ID BPJS Tidak Kunjung diterima bagaimana solusinya ?

Untuk mendaftar menjadi peserta kesehatan saat ini dapat ditempuh dengan 2 cara, cara pertama daftar bpjs secara online,  dan yang kedua daftar secara offline.

Daftar bpjs secara online dapat dilakukan melalui situs resmi bpjs, Sedangkan cara daftar bpjs secara offline dapat ditempuh dengan cara datang langsung ke kantor bpjs setempat atau melalui bank yang sudah bekerjasama dengan bpjs yakni bank BNI, BRI, BRI dan BTN.

Jika peserta daftar di kantor bpjs kesehatan, maka peserta bisa mengambil kartu bpjs (KIS) di kantor bpjs tempat melakukan pendaftaran tersebut ketika iuran pertama sudah dibayarkan.

Sedangkan bila peserta daftar melalui bank atau melakukan pendaftaran bpjs secara online, maka peserta akan menerima link untuk mendownload berkas e-ID BPJS yang akan dikirim ke email pendaftaran peserta. e-ID BPJS tersebut dapat dicetak sendiri oleh peserta dan dapat difungsikan sebagaimana kartu Fisik BPJS.

Email e-ID BPJS Kesehatan belum juga diterima


Sama halnya seperti kartu BPJS fisik, Email  e-ID bpjs juga umumnya akan dikirim secara otomatis ke email peserta ketika peserta sudah melakukan pembayaran iuran pertama bpjs sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah ditentukan.

Mengenai e-ID ini ada satu permasalahan yang banyak dialami oleh peserta, e-mail e-id BPJS tidak kunjung diterima  oleh peserta padahal pembayaran iuran pertama sudah dibayarkan, bahkan ketika dicek statusnya tetap dianggap belum membayar.

Dengan adanya permasalahan e-ID tersebut terkadang tidak jarang membuat peserta bingung karena tidak bisa mencetak e-ID bpjs miliknya, bahkan ada yang mengalami tidak menerima email berisi e-ID sampai berminggu-minggu sejak melakukan pembayaran.

Lantas jika terjadi demikian apa sebenarnya yang harus dilakukan ?

Melalui artikel ini saya akan memberka informasi untuk anda yang kebetulan tidak bisa mencetak e-id bpjs dari pendaftaran online maupun pendaftaran melalui bank, sehingga anda tau apa yang harus anda lakukan.

Solusi Jika Email e-ID tidak kunjung diterima setelah melakukan pembayaran

Jika anda mengalami permasalahan belum juga menerima balasan email e-id bpjs dari bpjs, maka anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Pastikan kembali anda membayar iuran pertama bpjs dengan benar, bayar iuran pertama pada tanggal sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan.

Umumnya iuran pertama harus dibayarkan setelah 14 hari sampai 30 hari sejak mendaftar, jika pembayaran dilakukan diluar rentang tanggal tersebut, maka pembayaran tidak akan bisa diproses.

b. Jika anda daftar bpjs keseahatan melalui bank yang sudah bekerjasama dengan bpjs, dan setelah anda melakukan pembayaran iuran pertama anda belum juga menerima balasan email yang berisi e-ID BPJS, maka anda harus melakukan konfirmasi ke petugas BPJS di Bank yang bersangkutan, anda bisa meminta petugas BPJS di Bank untuk mencetak atau mengirim email e-ID BPJS anda.

c. Bila anda melakukan pendaftaran BPJS secara Online, namun setelah iuran pertama dibayarkan anda belum juga menerima email balasan yang berisi e-ID dari BPJS, maka anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Melakukan Aktivasi Ulang di email konfirmasi dari BPJS. (kadang ini kurang membantu namun bisa anda coba)
  • Membuat laporan di situs pemerintah lapor.go.id dengan mencantumkan Nomor Pendaftaran dan juga nomor VA keluarga.
  • Menelepon call center bpjs kesehatan di nomor 1500400
  • Datang ke kantor BPJS setempat untuk melakukan konfirmasi dengan membawa bukti pembayaran, kartu keluarga dan nomor VA keluarga.

Terkadang belum diterimanya email yang berisi e-ID bisa jadi karena anda salah memberikan alamat email ketika anda melakukan pendaftaran, atau bisa juga karena sistem BPJS yang bermasalah yang harus dibenahi (harap bersabar.....)

Cara Terakhir

Apabila cara-cara tidak langsung di atas masih belum juga bisa mengatasi permasalahan anda, maka jalan terakhir yang bisa anda lakukan adalah datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat, dengan membawa persyaratan berikut:
  • Kartu Keluarga
  • Bukti Pembayaran iuran pertama
  • Nomor Registrasi 
  • Nomor VA Keluarga.
Petugas bpjs akan menelusuri data kepesertaan BPJS anda, dan jika iuran pertama sudah dibayarkan maka petugas bpjs akan membantu anda mencetak kartu KIS / PBJS untuk anda.


Demikian artikel sederhana untuk mengatasi email e-id yang tidak kunjung dibalas oleh pihak bpjs, semoga membantu.

loading...

0 Response to "Email e-ID BPJS Tidak Kunjung diterima bagaimana solusinya ?"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel