Masa Berlaku Kartu BPJS Kesehatan untuk Anak PNS/TNI Polri ?

Salah satu jenis kepesertaan bpjs adalah  bpjs Non Penerima bantuan iuran untuk pekerja penerima upah, yang bisa dikategorikan peserta bpjs jenis ini diantaranya adalah Pegawai pemerintah seperti PNS, TNI/ POLRI dan pegawai Non pemerintah.

Baik pegawai pemerintah maupun pegawai non pemerintah akan didaftarkan oleh instansinya atau perusahaannya menjadi peserta bpjs kesehatan pekerja penerima upah (BPJS PPU).

Peserta jenis ini iuran bulannya sebagaian akan dibayarkan oleh instansi terkait, sedangkan sebagian lagi akan dipotong dari gaji bulanan pegawai yang bersangkutan,s elain itu kelas BPJS yang bisa dipilih juga akan sangat ditentukan dari gaji pokok bulanan setiap pegawai, mereka hanya berhak atas kelas I bpjs atau kelas II bpjs.

masa berlaku kartu bpjs anak pns


Keuntungan menjadi peserta BPJS PPU ini adalah bisa menanggung sampai 5 anggota keluarga yang meliputi, Peserta yang bersangkutan, Pasangannya (suami / istri) dan 3 orang anaknya anak ke 1 sampai ke 3, sementara untuk andak ke 4 dan seterusnya harus menjadi peserta mandiri.

Masa Berlaku Kartu BPJS untuk Anak PNS/TNI Polri ?

Untuk anak yang menjadi tanggungan peserta BPJS dari orang tua PNS dan atau TNI/ POLRI, ada batasan usia yang harus diperhatikan, Batas usia tersebut menentukan masa berlaku kartu bpjs untuk anak PNS tersebut.

Batas Usia anak PNS atau TNI / Polri adalah 21 tahun, namun jika masih kuliah bisa diperpanjang sampai 25 tahun.

Selama usianya di bawah 21 tahun bagi yang tidak kuliah atau dibawah 25 tahun bagi yang sedang kuliah maka mereka masih bisa menjadi peserta BPJS PPU ikut tanggungan orang tuanya.

Jika usianya sudah melebihi batas ketentuan, maka kartu peserta bpjs akan langsung dinonaktifkan atau diblokir dan si peserta tidak akan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dari bpjs.

Untuk mengaktifkan kembali kartu bpjs anak PNS yang usianya sudah lebih dari 21 tahun atau 25 tahun untuk yang masih kuliah, caranya yaitu dengan beralih menjadi peserta bpjs mandiri atau peserta bpjs perusahaan jika sudah bekerja.

Demikian artikel singkat mengenai  Masa Berlaku Kartu BPJS untuk Anak PNS/TNI Polri ?, semoga bermanfaat.

loading...

0 Response to "Masa Berlaku Kartu BPJS Kesehatan untuk Anak PNS/TNI Polri ?"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel