-->

Data tanggal lahir bpjs kesehatan di kartu KIS salah atau beda segera perbaiki!

Kartu KIS adalah kartu peserta bpjs kesehatan yang digunakan sebagai kartu identitas peserta dan harus selalu dibawa dan ditunjukan ketika peserta ingin berobat gratis menggunakan jaminan bpjs kesehatan.

Di kartu peserta bpjs / KIS tertera data peserta yang meliputi Nomor kartu, nama peserta, alamat, tanggal lahir, nik dan juga faskes tingkat 1 yang dipilih.

Data yang terdapat di kartu peserta bpjs / kis harus dipastikan benar cocok dengan identitas peserta seperti Kartu keluarga dan juga data di KTP, karena jika berbeda kemungkinan di kemudian hari akan menimbulkan permasalahan ketika peserta menjalani pelayanan kesehatan dengan bpjs.

data tanggal lahir di kartu kis beda dengan ktp


Di beberapa fakses tingkat 1 ketika peserta berobat, terkadang ketidak cocokan data ini tidak banyak dipermasalahkan, yang penting nama sama dengan KTP, namun ketika peserta harus menjalani rawat inap di rumah sakit, permasalahan karena beda data antara kartu KIS, KTP dan KK terkadang sering menjadi kendala, sehingga data peserta tidak bisa diproses.

Oleh karena itu silahkan periksa kartu KIS bpjs anda kemudian bandingkan dengan data di kartu identitas anda, KTP dan juga KK, apabila terdapat perbedaan baik itu beda nama, alamat, tanggal lahir, maka segera lakukan perubahan data kepesertaan, agar tidak terjadi masalah dikemudian hari.

Cara merubah data kartu KIS beda Tanggal lahir, nama atau alamat

Untuk anda yang kebetulan data tanggal lahir di kartu bpjs / kis tidak sama dengan data yang tertera di KTP atau KK, maka segeralah lakukan perbaikan dengan prosedur sebagai berikut:

1. Datang ke kantor cabang bpjs setempat
Untuk melakukan perubahan data tanggal lahir saat ini tidak bisa dilakukan secara online, namun harus datang ke kantor bpjs,

Perubahan data kepesertaan yang bisa diubah secara online meliputi:

  • Data Faskes (syarat minimal sudah 3 bulan  menjadi peserta)
  • Data kelas (syarat, minimal sudah 1 tahun menjadi peserta)
  • Data alamat
Anda bisa merubah data tersebut menggunakan aplikasi MobileJKN yang bisa didownload di google play store.

Sedangkan untuk data nama dan juga tanggal lahir yang tidak sesuai, untuk memperbaikinya peserta harus datang ke kantor bpjs setempat dengan membawa persyaratan yang terlah ditetapkan.

2. Siapkan persyaratan perubahan data kepesertaan
Persyaratan untuk perubahan data kepesertaan meliputi:
a. Formulir perubahan data kepesertaan (bisa diisi di kantor bpjs atau didownload disini)
b. Membawa Fotocopy Kartu Keluarga KK
c. Membawa Fotocopy kartu identitas / KTP
d. Membawa asli kartu BPJS Kesehatan  / KIS

3. Menuju loket khusus perubahan data kepsertaan
Di kantor bpjs anda bisa langsung menuju loket khusus untuk perbaikan data kepesertaan.
Serahkan kepada petugas bpjs dan bilang saja ingin memperbaiki perubahan data kepesertaan karena beda tanggal lahir atau beda nama.

Petugas akan membantu anda melakukan perubahan data kepesertaan dan mencetak kartu BPJS / KIS baru untuk peserta sesuai dengan ktp dan kk.

Demikian artikel mengenai cara memperbaik data tanggal lahir bpjs kesehtan di kis yang beda dengan ktp atau KK.
loading...

0 Response to "Data tanggal lahir bpjs kesehatan di kartu KIS salah atau beda segera perbaiki!"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel