Mengenal penyakit bell's palsy Lumpuh sebelah pada wajah yang disebabkan oleh hal sepele!

Sebenarnya saya bukan dokter dan bukan pula orang yang berkecimpung di dunia kesehatan, namun untuk edukasi kesehatan pribadi membuat saya banyak membaca referensi mengenai penyakit yang gejalanya tidak saya kenal sebelumnya, salah satunya adalah penyakit yang membuat wajah lumpuh tiba-tiba tanpa ada sebab sebelumnya.

Penyakit lumpuh sebelah pada wajah tersebut, di dunia kesehatan dikenal sebagai Bell's Palsy. Jika diamati dari cirinya sih kayak terkena struk ringan dengan gejala lumpuh sebelah pada wajah dan bagian wajah yang terkena lumpuh agak kelihatan bengkak, sulit digerakan dan mata di bagian wajah yang lumpuh berair karena tidak bisa berkedip, namun gejala tersebut bukan dikarenakan struk akibat darah tinggi.

Saya mengenal penyakit bell palsy ini karena kakak dari ibu saya mengalaminya, tiba-tiba wajahnya lumpuh sebelah  pada saat bangun tidur setelah di malam harinya tiba dari bepergian jauh menggunakan kendaraan bermotor.

Wajah yang terkena penyakit bell's palsy kurang lebih terlihat seperti gambar di bawah ini:



Awalnya sempat menyangka terkena struk ringan, namun berdasarkan riwayat penyakit kakak ibu saya tersebut sama sekali tidak memiliki riwayat darah tinggi ataupun jantung.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs-situs kesehatan terpercaya seperti situs alodokter.com, ternyata lumpuh sebelah pada wajah jika bukan karena struk itu dikenal dengan penyakit bell's palsy.

Bell’s palsy merupakan kelumpuhan atau kelemahan pada salah satu sisi otot di wajah yang yang bersifat sementara. Kondisi ini menyebabkan salah satu sisi dari wajah akan terlihat “melorot”. Meski belum diketahui penyebab pastinya, Bell’s palsy lebih umum terjadi pada wanita hamil, penderita diabetes, dan HIV.

Saraf yang rusak pada bagian wajah akan berdampak kepada indera perasa dan cara tubuh Anda menghasilkan air mata dan ludah. Bell’s palsy datang secara tiba-tiba dan umumnya kondisi ini akan membaik dalam hitungan minggu.

Apa sebenarnya penyebab Bell's Palsy ?

Bells palsy atau lumpuh pada sebagian muka itu disebabkan karena adanya iritasi pada saraf,  beberapa jenis infeksi virus diduga menjadi penyebab kondisi ini, antara lain: virus herpes simpleks (HSV), virus varicella-zoster, virus epstein barr, cytomegalovirus, penyakit sifilis, dan penyakit Lyme.

Namun Penyebab Bell's Palsy yang sering ditemui adalah karena bagian tubuh banyak terkena angin dingin secara langsung, sementara kondisi badan sedang kurang vit atau kelelahan. Seperti misalnya angin dingin dari AC di ruangan atau kendaraan, Angin dingin dari kipas angin atau karena udara dingin di jalanan pada malam hari ketika berkendara.

Bagaimana cara menghindari Bell's Palsy ?

Bell's Palsy bisa terjadi pada siapa saja, baik bayi, tua maupun mudah, walaupun yang bersangkutan bukan perokok atau peminum. Agar terhindar kita harus selalu pandai untuk menjalani gaya hidup sehat.

Karena penyakit Bell's Palsy ini disebabkan oleh UDARA DINGIN, maka untuk menghindari terkena penyakit ini yaitu dengan pandai mengontrol udara dingin yang bisa terkena langsung pada tubuh atau bagian wajah serta leher bagian belakang.

Caranya Pastikan untuk selalu menghindari hembusan udara atau angin dingin yang langsung mengenai wajah atau tubuh serta leher bagian belakang. seperti misalnya:

1. Jika anda adalah pekerja kantoran, selalu hindari untuk berada di posisi dimana Udara dari AC berhembus langsung ke tubuh anda,  wajah anda atau leher anda bagian belakang, baik AC di mobil maupun AC di ruangan.

2. Jika di ruangan anda sering menggunakan kipas angin, hindari untuk mengarahkan angin dari kipas angin langsung ke bagian wajah, tubuh anda atau leher dan telinga bagian belakang. Alternatif yang bisa dilakukan ketika menggunakan kipas angin adalah dengan mengarahkan kipas angin ke arah dinding.

3. Jika anda sering berkendara malam menggunakan kendaraan bermotor, tutup rapat-rapat  bagian tubuh anda, dan pastikan untuk selalu memakai helm yang mampu melindungi muka dan leher anda, dan pastikan juga leher anda terturup dengan baik bisa menggunakan syall, masker atau semacamnya.

Sangat sering sekali terjadi penyekit bells palsy menyerang  pengendara bermotor yang selesai bepergian jauh dan juga orang yang selalu terkena AC atau kipas angin secara langsung.


Tarapi Menyembuhkan Bells Palsy

Untuk anda yang kebetulan terserang Bells Palsy maka agar lebih cepat pulih, anda bisa memeriksakan diri ke dokter saraf. Sedangkan terapi untuk mencegah munculnya masalah pada mata yang tidak bisa menutup, Anda mungkin memerlukan obat tetes mata. Sedangkan untuk menutup mata, Anda membutuhkan isolasi.

Bell’s palsy bisa kembali pulih sepenuhnya pada 70 persen pasien yang mengalaminya. Pada sebagian besar orang yang menderita Bell’s palsy, gejala mulai membaik setelah dua atau tiga minggu.

Tapi untuk bisa pulih sepenuhnya akan membutuhkan sekitar sembilan bulan. Lama masa pemulihan tergantung pada tingkat kerusakan saraf yang diderita


Dengan mengenal Bells Palsy terutama penyebabnya, setidaknya kita bisa menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kita terserang Bell's Palsy, Ingat lebih baik mencegah daripada mengobati.

Jika informasi ini rmanfaat silahkan share ke teman, saudara atau kerabat anda, agar tidak banyak lagi yang menjadi korban.






loading...

0 Response to "Mengenal penyakit bell's palsy Lumpuh sebelah pada wajah yang disebabkan oleh hal sepele!"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel